Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips mengembangkan website bagi pemula

Website saat ini menjadi aspek penting yang dapat mempengaruhi kemajuan bisnis, media pembelajaran, hingga karir seseorang. Jika teman-teman ingin mengembangkan website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar website bisa sesuai yang teman-teman harapkan.

5 Tips mengembangkan website bagi pemula

Tujuan membuat website


Hal pertama yang perlu teman-teman lakukan saat membuat atau mengembangkan website adalah menentujan tujuan atau sasarannya. Jika teman-teman tidak mengetahui apa yang akan dicapai, kemungkinan besar akan sulit website tersebut bisa berkembang.

Alasan mengapa tujuan ini penting, yang pertama pastinya sebagai tolak ukur telah mencapai tahap mana website yang teman-teman bangun. Kemudian teman-teman bisa menentukan langkah atau tahapan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan membangun website tersebut.

Target pengunjung


Target pengunjung atau visitor website ini adalah hal kedua yang perlu dipertimbangkan saat membangun website.  Pada dasarnya saat teman-teman mengembangkan website, itu artinya teman-teman akan menjaring pengunjung.

Pengunjung website yang teman-teman kembangkan akan membantu tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga perlu penyesuaian antara tujuan dan target pengunjung website ini, untuk menentukan karakter pengunjung seperti apa yang ingin didatangkan.

Konten untuk pengunjung


Ketika karakter pengunjung website telah ditentukan, maka yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah konten website ini. Mayoritas pengunjung website datang untuk melihat konten yang ada di website tersebut.

Jika telah mengetahui karakter pengunjung yang ditarget, maka perlu dibuat konten yang sesuai dengan karakter pengunjung website yang ingin ditargetkan. Disini karakter pengunjung yang akan ditarget memang akan sangat mempengaruhi konten yang dihasilkan.

Update konten


Jika sudah menentukan bagaimana konten yang sesuai dengan karakter pengunjung yang ditarget, maka teman-teman tinggal membuat kontennya dan mempublikasikannya secara berkala.

Untuk melakukan update konten di website, teman-teman  bisa melakukan sesuai dengan jam harian pengunjung website. Jika mereka aktif menggunakan internet di malam hari, maka coba untuk publikasi konten di jam mereka aktif  di internet.

Desain dan Optimasi


Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan format website yang teman-teman kembangkan. Format yang dimaksud bisa bentuk dari website, tata letak, warna, dan sebagainya.

Selain itu teman-teman juga harus memikirkan bagaimana agar website yang dibangun tersebut bisa mendapatkan pengunjung yang besar dengan syarat sesuai dengan target pengunjung yang telah ditetapkan. Banyak cara yang bisa dicoba seperti membangikan postikan di sosial media, menggunakan iklan, dan sebagainya.

Demikian informasi tentang tips mengembangkan website yang bisa saya tuliskan dalam artikel ini. Jika teman-teman ada informasi yang lebih baik, bisa disampaikan di komentar. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "5 Tips mengembangkan website bagi pemula"