Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek kondisi baterai laptop menggunakan command prompt

Baterai laptop adalah salah satu bagian terpenting dari laptop yang teman-teman miliki. Pada dasarnya laptop memang dibuat untuk keperluan mobile atau bisa dibawa kemana-mana.

Namun apa jadinya jika laptop yang teman-teman miliki ternyata baterainya rusak? teman-teman harus menggunakan charger saat menggunakan laptop, sehingga teman-teman selalu harus berada didekat colokan listrik dan laptop tidak bisa digunakan dimanapun.

Kali ini anugrahpratama.com akan membagikan tips untuk mengecek kesehatan baterai laptop yang teman-teman miliki. Ini akan sangat berguna untuk melakukan perawatan baterai laptop Teman-teman agar tetap awet. Selain itu teman-teman juga melakukan antisipasi jika baterai laptop yang teman-teman gunakan mengalami kerusakan, sehingga mengharuskan teman-teman untuk menggantinya.

Dalam tips ini, laptop yang akan dicek kondisi baterainya adalah laptop dengan OS windows 10. Bagi teman-teman yang menggunakan OS windows 10, bisa mengikuti langkah-langkah ini. Namun jika menggunakan OS windows yang sebelumnya, teman-teman bisa menyesuaikan dengan kondisi laptop masing-masing. Berikut langkah-langkah mengecek kondisi baterai laptop teman-teman.

Buka CMD (Command Prompt)





Untuk membuka Command Prompt ini teman-teman tinggal mangetikan "cmd" pada pencarian windows 10 di laptop teman-teman. Jika sudah muncul kotak dialog command prompt seperti yang ada gambar. Maka lakukan tahap kedua seperti dibawah ini.

laptop, cara cek baterai laptop, baterai laptop, tips trik, teknologi,

Perintah "powercfg /batteryreport"




laptop, cara cek baterai laptop, baterai laptop, tips trik, teknologi,


Teman-teman bisa mengetikan "powercfg /batteryreport" di command prompt seperti yang ada digambar ini. Ini adalah perintah kepada laptop untuk melaporkan kondisi baterai yang digunakan pada laptop tersebut.

Cari hasil laporan kondisi baterai di folder user / nama laptop 





laptop, cara cek baterai laptop, baterai laptop, tips trik, teknologi,

Teman-teman bisa melihat gambar untuk mengetahui posisi tepat hasil laporan kondisi baterai laptop. Jika sudah ketemu, teman-teman bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Buka battery-report.html di browser



laptop, cara cek baterai laptop, baterai laptop, tips trik, teknologi,


Jika sudah mengetahui atau menemukan battery-report.html maka teman-teman bisa langsung membukanya pada browser. Disitu akan menampilkan secara detail kondisi baterai laptop yang teman-teman gunakan.

Demikian informasi cara mengecek kondisi baterai laptop yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman ada masukan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara ini.

Posting Komentar untuk "Cara cek kondisi baterai laptop menggunakan command prompt"