Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat huruf besar (drop cap) di awal paragraf microsoft word 2013

Huruf besar diawal paragraf dikenal dengan istilah drop cap. Huruf besar yang dimaksud tidak sekedar huruf kapital diawal, namun ukurannya juga jauh lebih besar dibandingkan dengan huruf yang selainnya.

drop cap, membuat huruf besar di awal paragraf, tutorial, microsoft word, microsoft office
Jika teman-teman membaca koran, pasti tidak asing dengan drop cap ini. Biasanya huruf pertama dengan ukuran besar diawal paragraf ini digunakan dalam media koran, majalah, brosur, pamflet, dan media cetak lainnya.

Untuk membuat huruf besar diawal paragrah ini tidak terlalu rumit, cukup dengan menggunakan microsoft word maka pekerjaan ini bisa dilakukan dengan baik. Teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah yang saya tuliskan dibawah ini.

1. Siapkan teks atau paragraf


drop cap, membuat huruf besar di awal paragraf, tutorial, microsoft word, microsoft office

Langkah pertama sebelum melakukan drop cap huruf pertama dalam paragraf, yaitu siapkan dulu paragraf atau teks yang akan diubah dalam bentuk drop cap. Dalam hal ini teman-teman bisa menggunakan paragraf minimal dua kalimat.

2. Blok paragraf yang akan digunakan sebagai DROP CAP

drop cap, membuat huruf besar di awal paragraf, tutorial, microsoft word, microsoft office

Sebelum melangkah ke teknis drop cap, teman-teman harus melakukan bloking paragraf yang akan dijadikan drop cap. Jika hanya ada satu paragraf, maka cukup paragrah ini saja yang perlu di bloking.

Namun jika ada banyak paragraf dalam dakumen microsoft word, maka cukup hanya paragraf pertama saja yang perlu teman-teman blok.

3. Buka Menu Insert, Lalu pilih sub menu drop cap (seperti pada gambar)


Setelah memilih dan mengeblok paragraf yang akan dijadikan drop cap, teman-teman bisa membuka menu insert pada microsoft word. Dalam tutorial ini saya menggunakan microfost word 2013.

Setelah menu insert terbuka, teman-teman bisa memilih sub menu drop cap seperti pada lampiran gambar dalam artikel ini.

Kemudian pilih dropped, jika ingin huruf besar masuk dalam paragraf. Pilih In Margin jika ingin  huruf besar berada dalam diluar (samping kiri) dari paragraf.

4. Atur ukuran huruf hasil drop cap sesuai dengan kebutuhan

drop cap, membuat huruf besar di awal paragraf, tutorial, microsoft word, microsoft office

Hasil drop cap otomatis adalah ukuran standar, namun teman-teman bisa mengubah ukuran huruf besar diawal paragraf ini sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Caranya dengan melakukan klik pada huruf besarnya, kemudian di tepi akan muncul titik. Nah untuk memperbesar atau memperkecil ukurannya, teman-teman bisa menarik keluar atau kedalam titik tersebut.

Demikian cara singkat membuat huruf besar di awal paragrah dengan microsoft word 2013. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah.

Post a Comment for "Membuat huruf besar (drop cap) di awal paragraf microsoft word 2013"