Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Kegunaan Barcode Scanner

Barcode scanner biasanya digunakan di kasir toko retail untuk mengecek harga barang yang akan dibeli. Biasanya kasir akan melakukan scan barcode yang tertera dalam kemasan produk, nantinya akan terhubung ke komputer kasir dan muncul nama barang beserta harganya.

barcode, scanner, barcode scanner

Dengan barcode scanner ini akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan kasir dibandingkan dengan melakukan input barang yang dibeli konsumen secara manual.

Dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang fungsi atau kegunaan barcode scanner untuk bisnis retail.

Memberikan Informasi produk secara cepat dan akurat


Dengan menggunakan barcode scanner bisa membantu pekerjaan dalam toko retail, khususnya bagian kasir. Perlu teman-teman ketahui bahwa pekerjaan input informasi produk baik itu nama produk dan harganya bisa memakan waktu yang cukup lama.

Namun dengan menggunakan barcode scanner pekerjaan input informasi produk ini bisa dilakukan dengan sangat cepat. Bahkan cukup 1 detik saja semua informasi produk bisa dinput ke komputer secara otomatis dengan alat yang disebut barcode scanner.

Proses imput atau memasukan informasi produk  dengan cara manual sangat berpotensi terjadi kesalahan saat mengetik. Berbeda dengan barcode scanner, dimana tingkat kesalahannya bisa dipastikan sangat kecil. Hal ini karena barcode scanner melakukan input data secara otomatis ke dalam komputer, informasi yang dimasukan juga sesuai dengan info yang tertera pada produk.

Penggunaannya yang mudah


Untuk menggunakan barcode scanner ini tidak perlu menjadi seorang yang expert dalam bidang IT. Bagi orang yang awam pun bisa menggunakan barcode scanner ini, asal dilatih dulu sebelum menggunakannya. Dan akan lebih mudah lagi jika sudah terbiasa menggunakan barcode scanner ini.

Cara kerja barcode scanner ini cukup mudah yaitu dengan mengarahkan barcode pada sinar laser yang keluar dari scannernya. Dengan demikian maka informasi produk akan otomatis masuk ke dalam sistem komputer. Biasanya dalam toko retail yang masuk adalah nama barang dan harga akan masuk ke mesin atau komputer kasir.

Proses bisnis semakin mudah


Dalam toko retail biasanya banyak orang yang antri di kasir untuk melakukan pembayaran. Jika antrian banyak mungkin membuat pelanggan tidak nyaman, karena harus menghabiskan banyak waktu mereka untuk antri di kasir.

Hal ini bisa diatasi dengan barcode scanner, dimana kasir bisa melakukan pengecekan harga barang dengan cepat tanpa harus melakukan input manual. Sehingga konsumen atau pelanggan tidak perlu antri lama untuk membayar dikasir toko.

Selain itu tingkat akurat barcode scanner ini sangat tinggi, maka sangat kecil terjadi kesalahan input informasi data misalnya penjualan barang. Hal ini bisa memudahkan pemilik toko untuk menghitung pemasukan dan keuntungan yang didapatkan.

Demikian informasi tentang barcode scanner dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika ada masukan atau pertanyaan, bisa disampaikan dalam kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Fungsi dan Kegunaan Barcode Scanner"