Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat GOLDENSEAL Untuk Kesehatan Manusia

Goldenseal adalah tanaman herbal keluarga Butterfly Ranunculaceae, dan merupakan salah satu tanaman herbal yang paling populer. Tanaman ini dijual di Amerika dan baru-baru ini digunakan sebagai penambah antibiotik dan sistem kekebalan tubuh.


goldenseal, akar goldenseal, manfaat goldenseahl, khasiat goldenseal

Indian Amerika menggunakan goldenseal sebagai pengobatan untuk kondisi internal inflamasi seperti peradangan saluran pernapasan, pencernaan dan infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.

Mereka menggunakan akar goldenseal untuk peradangan lokal, herbal untuk kelemahan umum, dispepsia, dan untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu goldenseal dapat digunakan sebagai herbal untuk batuk rejan, diare, penyakit hati, demam, perut asam, perut kembung, radang paru-paru, dan untuk masalah jantung. Mereka juga menyiapkan air dengan akar lainnya untuk digunakan sebagai tetes dalam pengobatan sakit telinga dan sebagai pencuci untuk sakit mata.


Baru pada tahun 1798, manfaat goldenseal mulai menarik perhatian. Sejak saat itu reputasi goldenseal sebagai tanaman herbal penyembuhan yang kuat menyebar, baik di Inggris dan Amerika, dan sekitar tahun 1850 goldenseal telah menjadi hal penting dalam perdagangan.

Goldenseal umumnya digunakan untuk membantu masalah pencernaan perut (untuk  merangsang pencernaan dan meningkatkan nafsu makan), untuk mengobati peradangan kulit, dan mata seperti konjungtivitas. Ini juga digunakan untuk pembengkakan selaput lendir tenggorokan dan sistem pencernaan.

Penggunaannya secara tradisional juga mencakup pengobatan tukak lambung, gastritis, dispepsia dan kolitis. Dikatakan untuk merangsang nafsu makan dan umumnya memiliki efek mengencangkan pada seluruh tubuh juga telah digunakan untuk anoreksia nervosa. Hal ini juga dikatakan efektif untuk pengobatan kondisi catarrhal pada saluran pernapasan bagian atas dan pembengkakan saluran kemih.

Goldenseal memiliki banyak kegunaan yang dikaitkan dengan sifat antibiotik, anti-inflamasi dan astringentnya. Ini menenangkan selaput lendir yang mengganggu membantu mata, telinga, hidung dan tenggorokan. Digunakan pada tanda-tanda pertama masalah pernafasan, pilek atau flu, Goldenseal membantu dapat membantu mencegah gejala lebih lanjut dari perkembangan. Ini juga telah digunakan untuk membantu mengurangi demam,  dan kelebihan lendir di hidung.

Goldenseal membersihkan dan membantu fungsi kelenjar yang sehat dengan meningkatkan aliran empedu dan enzim pencernaan, sehingga mengatur fungsi hati dan limpa yang sehat. Hal ini dapat meredakan sembelit dan juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kandung kemih dan juga usus.

Goldenseal mengandung kalsium, zat besi, mangan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, B-kompleks, dan nutrisi dan mineral lainnya. Akar dan rimpang dari goldenseal mengandung banyak alkaloid isoquinolin, termasuk hidrastin, berberin, canadine, canadaline, dan l-hydrastine serta jejak minyak atsiri, minyak berlemak dan resin. Dipercaya bahwa kandungan alkaloid yang tinggi ini memberi antibiotik, antiinfeksi dan kekebalan yang merangsang kualitas.


Kandungan berberin alkaloid pada Goldenseal berfungsi mengatasai masalah kesehatan akibat bakteri, protozoa, jamur, Streptococci dan juga mendorong untuk pembersihan bakteri dengan lebih mudah dengan menghambat kemampuan mereka untuk mematuhi permukaan jaringan.

Berberine juga anti jamur dan sangat anti-diare. Ini membantu melawan infeksi selaput lendir seperti lapisan rongga mulut, tenggorokan, sinus, bronkial, saluran genito-saluran kemih dan saluran cerna. Studi klinis menunjukkan bahwa pengobatan ini efektif dalam pengobatan diare yang disebabkan oleh E. coli, Shigella dysenteriae (shigellosis), salmonella paratyphi (keracunan makanan), giardia lamblia (giardiasis), dan vibrio cholerae (kolera).

Goldenseal juga dapat membantu rinitis alergi, demam, radang tenggorokan, hepatitis, sistitis, dan penyakit hati alkoholik.

Goldenseal telah membuktikan khasiatnya pada kasus diare dan wasir. Sifat astringentnya juga telah digunakan pada kasus haid yang berlebihan dan pendarahan internal. Secara eksternal, goldenseal dapat membantu dalam mengobati kondisi kulit seperti eksim dan kurap, serta luka dan luka penyembuhan yang parah, atau digunakan sebagai tetes pada kasus sakit telinga dan konjungtivitis.

Rebusan goldenseal juga dikatakan efektif sebagai douche untuk mengobati trikomonas dan sariawan. Sebagai obat kumur itu bisa digunakan pada kasus infeksi gusi dan sakit tenggorokan. Penerapan pasta yang mengandung akar goldenseal terkadang direkomendasikan untuk bisul, abses dan karbentin karena Goldenseal membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Catatan dan Efek Samping Goldenseal


Goldenseal menstimulasi kontraksi rahim dan karenanya harus dihindari selama kehamilan.

Jangan menggunakan goldenseal tanpa berkonsultasi dengan dokter jika Anda menderita penyakit jantung, diabetes, glaukoma, stroke, atau tekanan darah tinggi.

Perhatian disarankan untuk dosis tinggi yang terkadang dapat mengganggu metabolisme vitamin B.

Posting Komentar untuk "Manfaat GOLDENSEAL Untuk Kesehatan Manusia"