Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Artikel Blog

Menulis memang bukan pekerjaan yang mudah bagi mereka yang jarang atau tidak pernah menulis sama sekali. Apalagi menulis artikel yang nantinya untuk dibaca oleh banyak orang. Ada saja masalah yang terjadi saat menulis, salah satunya "pikiran buntu" atau tidak ada ide untuk ditulis.

ide menulis, menulis, menulis artikel, blog, blogging

Nah, berikut ada beberapa pengalaman pribadi saya saat menulis. Jadi saya menulis berdasarkan pengalaman pribadi, kemudian banyak membaca, dan juga mencoba hal baru. Tiga poin ini bisa membantu mendapatkan ide untuk ditulis.

Menulis pengalaman pribadi


Apa yang kita alami bisa menjadi inspirasi dan ide segar dalam menulis artikel. Baik saya atau teman-teman pasti setiap hari memiliki pengalaman pribadi baik itu yang enak atau juga tidak enak. Nah hal semacam ini bisa menjadi ide dalam menulis artikel.

Biasanya orang sulit mendapatkan ide untuk menulis artikel, karena memiliki target membuat artikel yang kualitas tinggi. Karena keinginan ini akhirnya membuat mereka akhirnya bingung sendiri, hanya mikir dan tidak ada aksi untuk menulis artikel.

Dari pada bingung, teman-teman bisa langsung menulis apa yang dialami. Dan yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga privasi, agar tidak seakan-akan menjadi artikel curhat pribadi.

Gaya penulisan artikel untuk blog perlu diperhatikan, apalagi berbagi pengalaman pribadi. Meski berbagi pengalaman pribadi, usahakan bahasa tetap elegan agar enak dibaca orang banyak. Jangan sampai menyudutkan pihak tertentu dan usahakan dalam posisi netral, layaknya orang yang mereview suatu barang yang berusaha netral memberikan penilaian sisi positif dan negatif dari barang yang direview.

Dengan demikian, meski menulis pengalaman pribadi bisa menjadi kesan positif bagi pembaca artikel yang kita tulis. Pembaca merasa mendapatkan informasi yang positif, bukan informasi yang provokatif atau yang berisi curhatan pribadi.

Banyak membaca 


Ide menulis artikel blog juga bisa didapatkan dengan banyak membaca. Membaca dalam hal ini yaitu membaca apapun seperti buku, berita atau artikel online. Bahkan nonton video di youtube pun bisa dianggap sebagai membaca karena bisa mendapatkan informasi baru.

Ibaratnya kita seorang pedagang, maka perlu untuk mendapatkan supply barang atau "kulakan". Nah jika teman-teman adalah seorang penulis artikel blog, maka harus punya supply informasi untuk dibagikan di blog. Salah satu sumber informasi dengan membaca buku, artikel, berita, dan sebagainya.

Dengan membaca akhirnya bisa membuat kita mengetahui hal-hal baru dan menarik yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Nah, hal baru serta menarik ini bisa menjadi ide untuk menulis artikel blog.

Kita cukup mengembangkan saja dari poin penting yang kita baca, dalam bentuk artikel panjang.

Banyak mencoba hal baru


Mencoba hal baru ini memang ada hubungan dengan pengalaman pribadi. Namun bedanya jika pengalaman pribadi cenderung mengalir tanpa di rencanakan, kemudian pengalaman tersebut ditulis dalam bentuk artikel.

Jika mencoba hal baru ini memang kita melakukan hal baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Dan nantinya dari percobaan tersebut bisa kita tulis hasilnya.

Contoh sederhana, misalnya kita tidak pernah mencangkok tanaman mangga. Maka dengan kita mencoba mencangkok tanaman mangga, bisa menjadi pengalaman yang berharga. Kemudian dengan seperti itu kita bisa memiliki pengetahuan dan pengalaman baru dalam mencangkok mangga.

Sehingga dengan pengalaman mencangkok mangga ini bisa kita tulis dalam sebuah artikel. Bahkan dengan percobaan ini tidak hanya bisa menjadi tulisan atau artikel, namun juga bisa direkam dengan kamera untuk menghasilkan video. Konten video ini bisa diunggah di situs berbagi video youtube.

Biar lebih terencana, teman-teman bisa membuat list percobaan apa saja yang bisa dilakukan. Sehingga ini bisa menjadi konten artikel yang berkualitas.

Nah, demikian tiga hal untuk mendapatkan ide dan inspirasi dalam menulis artikel untuk blog. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Jika ada pertanyaan atau masukan, bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Atau bisa langsung melalui email dan nomor handphone saya yang tertera di halaman kontak.

Post a Comment for "3 Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis Artikel Blog"