Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Model Bisnis Online Yang Populer Sebelum 2010

Bisnis online adalah istilah yang masih sangat umum, karena didalam bisnis online itu ada banyak model bisnis yang dijalankan secara online. Yang pasti bisnis online yang sudah ada sejak awal yaitu jualan barang dan jasa secara langsung dengan menggunakan internet.

bisnis online, affiliate marketing, ebook, blog, jaringan online


Namun disamping itu untuk pemasaran barang dan jasa di internet ada sistem affiliate, publisher, serta jaringan bisnis di internet.Ketiga hal ini banyak dilakukan orang sebelum tahun 2010 dan mungkin masih ada hingga saat ini. Ketiganya dianggap efektif untuk melakukan bisnis online tanpa modal.

Affilate Marketing


Perlu teman-teman ketahui bahwa affiliate marketing ini sifatnya seperti makelar yang menjualkan produk atau jasa orang lain. Saat berhasil menjual, maka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan barang atau jasa tersebut.

Namun affiliate marketing umumnya dilakukan di internet dengan cara pemasaran yang berbeda. Umumnya pemilik produk atau jasa menyediakan link (url) khusus bagi member affilate marketing mereka. Jika ada penjualan melalui link (url) tersebut, maka affiliate marketeernya akan mendapatkan komisi penjualan seperti yang telah disepakati.
Dulu link ini biasanya ditaruh di blog atau website baik itu di letakan di dalam artikel atau juga ads banner di blog atau website.

Hingga saat ini affiliate marketing masih berjalan, namun sistemnya sudah canggih dan juga channel untuk mempromosikan tidak terbatas dari website atau blog. Misalnya amazon yang menyediakan tools khusus untuk affiliate marketing, kemudian juga bisa memasang link di social media seperti facebook.

Online Publisher (blog dan ebook)


Online publising yang ada jaman dulu mungkin sebatas website dan blog, kemudian juga ada ebook. Online publisher ini dianggap sebagai bisnis dengan biaya yang rendah karena bisa hanya bermodalkan website/blog atau membuat ebook tanpa biaya cetak.


Baik publisher blog dan ebook masing-masing memiliki keuntungan pada jaman dulu. Misalnya ebook yang bisa menghasilkan uang dari hasil penjualannya. Selain itu pembuat ebook juga bisa memasang iklan di ebooknya yaitu dengan mencari pengiklan yang mau memasang iklan di ebook tersebut, atau juga bisa memasang link affiliate marketing pada ebook tersebut.

Sedangkan blog juga demikian, dulu ada konten yang sifatnya berbayar. Jadi untuk bisa membaca artikel atau konten blog tersebut harus mendaftar dulu untuk menjadi member. Untuk mendaftar ini dikenakan biaya membership, misalnya berlangganan satu tahun diminta membayar
50 USD.

Selain itu blog juga bisa mendapatkan pendapatan lain tanpa harus mencari member berbayar. Yaitu dengan membuka akses blog tersebut untuk dibaca oleh siapa saja. Kemudian memberikan iklan di blog baik iklan langsung dan tidak langsung seperti Google Adsense.

Selain itu juga blog juga bisa digunakan untuk melakukan affiliate marketing, karena rata-rata pelaku affiliate marketing pada jaman dulu menggunakan blog sebagai media pemasaran mereka.

Online publisher saat ini tidak terbatas pada blog atau ebook, bahkan ebook pun sudah jarang diminati. Karena saat ini berkembang dengan adanya instagram, youtube, dan sebagainya yang bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin menjadi online publisher.

Bisnis Jaringan online


Jaringan dalam hal ini bukan jaringan internet seperti jual wifi dan sebagainya. Tapi lebih ke arah membangun relasi secara online. Seperti multi level marketing, namun disini dilakukan secara online.

Jaman dulu ini yang banyak dikatakan sebagai bisnis dengan menghasilkan passive income, karena dengan kita tidur pun uang akan datang dengan sendirinya.

Cara kerjanya yaitu mencari relasi secara online untuk dijadikan sebagai member (berbayar), kemudian member tersebut akan mendapatkan produk atau layanan. Kemudian dia bisa menjual dan mencari member lagi. Dari hasil tiap kali dia mendapatkan member baru atau berhasil menjual barang / jasa kita akan mendapatkan prosentasi dari penjualannya tersebut.

Saya sendiri agak pusing jika membahas sistem yang berjalan seperti multi level marketing seperti ini. Jika teman-teman bisa menjelaskan dengan bahasa yang lebih ringan, bisa menambahkan di kolom komentar dibawah ini.

Demikian tiga model bisnis online jadul yang banyak dilakukan orang sebelum 2010. Dimana saat ini fasilitas online masih sedikit dan terbatas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

1 comment for "Model Bisnis Online Yang Populer Sebelum 2010"