Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Google Webmaster Tools / Search Console Bagi Blogger

Google webmaster tools atau search console adalah salah satu alat yang disediakan secara gratis oleh google untuk para publiser. Khususnya publisher website atau blog, dan juga pemiliki game atau aplikasi di google playstore.

seo, search engine optimization, search console, ranking satu google,


Jadi sebenarnya apa fungsi dari google search console atau webmaster tools ini? Baik, saya akan jelaskan sekilas berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki. Berikit penjelasannya.

Memantau performa website / blog


Jadi ketika teman-teman mendaftarkan website atau blog ke google webmaster tools / search console, maka setelah satu atau dua hari teman-temana kan mendapatkan report bagaimana performa website / blog yang teman-teman miliki.

Performa ini misalnya keyword atau kata kunci apa saja yang masuk ke google. Berapa jumlah pencariannya, posisi kata kunci tersebut, landing page atau artikel yang kata kuncinya masuk google, total klik yang didapatkan dari tiap artikel, dan masih banyak lagi.

Nah google sebenarnya membuka banyak data hasil performa website atau blog, ini berfungsi sebagai inside bagi pemilik blog.

Sehingga teman-teman bisa melakukan optimasi pada website yang teman-teman miliki. Misalnya mengetahui kata kunci potensial dan artikel untuk kata kunci tersebut. Potensial maksudnya berpeluang untuk mendapatkan visitor banyak dari artikel tersebut, karena memiliki jumlah tayang (impression) tinggi tapi kliknya kecil karena posisinya rendah.

Dari situ teman-teman bisa melakukan teknik bagaimana agar artikel dari kata kunci tersebut bisa naik rankingnya ke posisi teratas. Jadi kalau poisisinya naik keatas dengan jumlah tayang yang besar, maka secara otomatis jumlah kliknya akan meningkat.

Mempercepat pengindeksan dan perayapan


Selain mengetahui performa website / blog, google webmaster tools atau search console akan memudahkan teman-teman untuk memasukan konten artikel ke google.

Fungsinya apa? Jadi mesin pencari google memiliki software untuk merayap konten yang ada di internet. Nah perayapan google tersebut hanya akan merayap data yang sudah masuk google, jika belum masuk database google maka tidaka kan muncul di mesin pencari google.

Sehingga dengan webmaster tools atau search console teman-teman akan dengan mudah dan cepat untuk mamasukan konten artikel ke data base google. Sehingga akan terayap secara otomatis oleh mesin pencari google.

Bisa menentukan negara yang ingin ditarget


Jika teman-teman jago dalam menulis konten artikel dalam bahasa Inggris, maka teman-teman bisa menarget orang bule sebagai pembaca konten teman-teman.

Apa mungkin? kan posisi kita ada di Indonesia. Jawabnya sangat memungkinkan sekali, karena meski posisi teman-teman di Indonesia namun dengan google search console atau webmaster tools akan bisa mengarahkan perayapan hanya dari negara tertentu yang teman-teman pilih.

Namun, teman-teman juga perlu tahu bahwa menarget negara luar juga tidak boleh asal. Hal ini dipengaruhi konten artikel yang teman-teman pilih, jika artikelnya berbahasa Inggris maka akan sesuai jika ditargetkan di Amerika Serikat atau United Kingdom.

Namun jika artikel bahasa Indonesia, ditargetkan di Amerika serikat maka peluangnya akan kecil muncul di mesin pencari google.

Mengetahui masalah dalam perayapan google


Google search console atau webmaster tools selain memberikan informasi tentang performa website atau blog, juga memberikan informasi tentang masalah yang ada dalam suatu blog atau website.

Misalnya jika ada link yang rusak, sehingga google tidak bisa merayap link tersebut. Link rusak misalnya karena ada perubahan alamat url suatu artikel, atau artikel yang sudah dihapus. Sehingga harus cepat diperbaiki.

Selain itu google webmaster tools atau search console juga banyak memberikan informasi apa saja yang perlu diperbaiki. Misalnya teman-teman menggunakan template AMP (Acelerated Mobile Page), biasanya akan sering muncul error jika tidak sesuai. Maka search console atau webmaster tools akan selalu memberikan warning melalui email.

Demikian penjelasan singkat tentang google webmater tools atau search console. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca artikel ini.

Post a Comment for "Fungsi Google Webmaster Tools / Search Console Bagi Blogger"