Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Fungsi Penggunaan Hardisk Eksternal Pada Laptop / Komputer

Hardisk eksternal mungkin bukan hal baru bagi teman-teman pembaca sekalian. Namun bagi yang belum tahu, mungkin perlu menyimak sedikit informasi berikut ini.

hardisk, hardisk eksternal, hardisk laptop, hardisk external, hardisk ps2, hardisk tidak terbaca, hardisk 1 tera, hardisk adalah, hardisk ssd, hardisk seagate, hardisk komputer, hardisk eksternal, hardisk eksternal tidak terbaca, hardisk eksternal 1 tera, hardisk eksternal 500gb, hardisk eksternal 1tb, hardisk eksternal seagate, hardisk eksternal 2tb, hardisk eksternal murah, hardisk eksternal wd, hardisk eksternal toshiba, hardisk eksternal ps2,

Jadi hardisk eskternal sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti hardisk yang terpasang pada komputer atau laptop yang teman-teman miliki. Yang membedakan adalah hardisk eksternal sesuai namanya, yaitu hardisk yang ada diluar komputer atau laptop.

Sifatnya juga beda, kalau hardisk eksternal bersifat portable. Artinya hardisk eksternal ini bisa dipindah-pindah dari laptop satu ke laptop yang lain dengan cepat.

Ada beberapa alasan mengapa orang menggunakan hardisk eskternal, padahal mereka juga memiliki laptop atau komputer dengan hardisk yang mumpuni juga. 3 Alasan tersebut akan saya coba uraikan seperti berikut.


Hardisk laptop penuh


Sebesar apapun kapasitas hardisk komputer atau laptop yang teman-teman miliki, pasti juga akan penuh.

Karena hardisk laptop atau komputer memiliki batasan kapasitas, bukan unlimited. Sementara data yang disimpan dalam komputer atau laptop terus bertambah.

Ini yang menjadi alasan mengapa hardisk laptop atau komputer bisa penuh. Sehingga banyak orang memerlukan hardisk tambahan untuk menyimpan file mereka, seperti salah satunya solusi penggunaan hardisk eksternal.

Penyimpanan file bersama


Alasan kedua orang menggunakan hardisk eksternal yaitu digunakan secara bersama-sama. Misalnya dalam lingkungan keluarga yang membutuhkan data film, musik, dan sebagainya untuk diakses bergantian.

Karena dianggap file seperti film, video, musik, gambar, dan sebagainya ini sebagai file yang memiliki ukuran yang besar. Sehingga bisa membuat hardisk laptop atau komputer anggota keluarga cepat penuh.

Akhirnya salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu penggunaan hardisk eksternal untuk menyimpan file film, video, foto, dan sebagainya untuk bisa diakses bersama dengan anggota keluarga.

Dokumen penting


Selain itu pemisahan dokumen yang penting perlu dilakukan agar tidak tercampur dengan data-data yang selainnya.

Hal ini akan memudahkan pencarian data penting. Saat tidak tercampur, maka data penting akan mudah didapatkan saat membutuhkan.

Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan hardisk eksternal khusus untuk menyimpan data-data yang bersifat penting.


Saat ini ukuran hardisk eksternal juga sangat besar. Rata-rata hardisk eksternal yang banyak dijual saat ini memiliki ukuran 1 TB (terabyte), yang ukurannya setara dengan 1000 GB (Gigabite).

Sementara ukuran 500 GB masih ada, tapi selisih harganya tidak jauh dengan hardisk eksternal 1 TB. Sehingga banyak yang memilih hardisk eksternal 1 TB dibandingkan 500 GB.

Selain itu juga ada pilihan hardisk eksternal 2 TB hingga 3 TB juga. Tinggal teman-teman tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. 

Post a Comment for "3 Fungsi Penggunaan Hardisk Eksternal Pada Laptop / Komputer"