Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog

Domain dot my dot id (my.id) adalah salah satu jenis domain .id yang resmi dikeluarkan oleh Indonesia. Dimana untuk memiliki domain my.id salah satu syarat yang wajib dipenuhi yaitu penggunaan verifikasi identitas. Kalau pengalaman saya untuk pendaftaran andik.my.id menggunakan scan KTP saya, setelah itu domain my.id aktif dan siap digunakan.

3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog
Ada beberapa keuntungan menggunakan domain my.id, dalam kesempatan kali ini saya hanya membagikan manfaat yang saya dapatkan ketika menggunakan domain my.id untuk blog saya.

Lebih Terpercaya


Karena segala domain id perlu verifikasi baik itu single .id hingga my.id sehingga bisa dipastikan rata-rata domain dot id ini lebih terpercaya dibandingkan dengan domain dot com. Tepercaya dalam artian tidak disalahgunakan karena untuk pendaftaran menggunakan KTP, sehingga jika terjadi pelanggaran hukum pemilik pemilik domain bisa dilacak sesuai dengan KTP yang didaftarkan.

Bedanya apa dengan top level domain lainnya? Jika yang lain tanpa verifikasi KTP, yang didaftarkan hanya whois. Whois adalah sistem untuk mengetahui siapa pemilik website, alamatnya, dan beberapa informasi lain mengenai pemiliki domain. Namun whois ini sifatnya bisa diisi dengan identitas palsu. Atau bahkan diproteksi sehingga tidak bisa diketahui pemilik domain tersebut. Sehingga jika terjadi pelanggaran, akan sulit dicari siapa pemilik websitenya.

Bagaimana jika domain id? Karena domain id untuk personal hanya membutuhkan KTP. Jika terjadi pelanggaran dan penyalagunaan bisa dilacak oleh pemerintah, misalnya PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Harga lebih murah


Domain my.id memiliki harga yang murah, saya membeli andik.my.id di niagahoster cuma 55ribu rupiah (belum ppn). Harga ini menurut saya murah dibandingkan domain dot id selainnya, atau top level domain dot com dan sejenisnya.

Namun sebenarnya banyak domain yang lebih murah dari domain my.id misalnya domain .xyz yang memiliki harga dibawah 20ribu rupiah. Namun untuk harga murah domain .xyz tersebut hanya berlaku untuk pendaftaran awal saja, sedangkan perpanjangannya masih diatas 100ribuan.

Nah untuk domain my.id harga awal dan perpanjangan sama yaitu 55ribuan untuk harga di niagahoster.

Jika teman-teman memiliki budget minim atau tidak ingin keluar biaya lagi untuk beli hosting, teman-teman bisa melakukan custom domain ke blogger.com. Hal ini cukup membantu jika blog digunakan untuk posting artikel, foto, sedangkan untuk video bisa menggabungkan dengan youtube.

Dengan cara ini, hanya 55ribu (belum ppn) teman-teman bisa memiliki blog dengan domain sesuai keinginan.


Bagaimana performa domain my.id dibandingkan dengan domain yang selainnya? 


Kalau berbicara tentang performa top level domain, banyak yang mengaitkan tentang efektif atau tidaknya untuk mendapatkan visitor. Padahal untuk visitor sedikit atau banyak, domain memiliki pengaruh yang kecil. Banyak juga blog gratisan yang menggunakan blogspot.com namun memiliki visitor yang sangat banyak hingga jutaan visitor per bulan.

Jadi untuk visitor, pengaruh domain merupakan sebagian kecil saja. Sedangkan pengaruh terbesarnya adalah bagaimana pengelolah blog atau website membuat konten hingga melakukan optimasi.

Nah, demikian ulasan singkat tentang penggunaan domain .my.id yang bisa saya bagikan kepada teman-teman pembaca. Jika teman-teman ingin memiliki website murah baik untuk publikasi tulisan, portofolio, hingga untuk jualan maka domain dot my dot id dengan custom domain ke blogger.com bisa menjadi solusi yang tepat.

47 comments for "3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog"

  1. Aku juga pake my.id mas menurut saya lebih personal, tapi sepertinya my.id dipandang sebelah mata 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga kali gan. Di isi saja dengan konten yang bermanfaat, pasti nanti dibaca dengan kedua mata :)

      Delete
  2. Bisa di daftarkan adsense gak bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mencoba bos. Sebelum bikin blog dg domain .my.id saya sudah punya akun adsense, jadi tinggal pasang.

      Silakan dicoba, nanti bisa di share disini :)

      Delete
    2. Akun adsense yang hosted (blogspot / youtube) atau yang non-hosted nih min? Kalo admin punya akun GA hosted bisa gak caranya upgrade ke akun GA non-hosted pake TLD (my.id)?

      Delete
    3. Saya pakai adsense non-hosted. Untuk upgrade dari hosted ke non-hosted dengan domain .my.id saya belum pernah.

      Kalau mau upgrade ke non-hosted, coba pakai domain gratisan dari freenom (saya sudah coba dan berhasil).

      Delete
  3. untuk akun adsense dan website my.id juragan ini apakah email yang sama atau berbeda masbro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, saya juga masih nunggu jawabannya. Soalnya saya juga mengalaminya sebagai pengguna blogger (blogspot) yang sudah ada iklan dari Google AdSense. Namun, ketika saya telah mengupgrade domain dengan my.id, akun GA saya tidak bisa dikaitkan dengan TLD tersebut. Kira-kira masalahnya apa dan blog ini kok bisa?

      Delete
    2. Untuk blog ini dan adsense, saya menggunakan email yang sama.

      Namun sebelum saya membuat blog andik.my.id saya sudah punya akun adsense non-hosted dari dulu. Hasil dari pendaftaran dengan blog yang selainnya.

      Delete
  4. Kl boleh tau mas, untuk domain my.id ini bisa didaftarin ke pengiklan apa saja ya? Saya coba ke google adsense ngga bisa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini deh mas, untuk pendaftaran awal adsense coba pakai domain gratisan dari freenom seperti dot tk. Jika sudah full approve, nanti pasang adsense di blog dengan domain .my.id

      Blog .my.id saya ini bukan untuk pendaftaran awal adsense. Saya sudah ada adsese, baru saya pasang di blog dengan domain.my.id.

      semoga berhasil

      Delete
  5. sekarang perpanjangan domain my.id hanya 11 ribuan per tahun, mantap dah

    ReplyDelete
  6. Menurut saya domain.my.id lebih keren dipakai di blog pribadi jadi lebih menggambarkan diri kita sendiri. Seperti halnya saja www.sumedangsharing.my.id yang menggambarkan blog orang Sumedang berbagi informasi :D

    ReplyDelete
  7. saya punya blog datrapedia.my.id saya juga punya akun adsen di blog lain tld nah saya mau addsite tapi gk di acc mulu kenapa ya gan

    ReplyDelete
  8. Mantap gan, apapun domainnya, yang penting kontennya mantap

    ReplyDelete
  9. Saya juga pakai domain my.id mas, selain karena harganya terjangkau dikantong saya, nantinya mau tak daftarkan ke adsense (uji coba).

    Terimakasih sudah berbagi pengalamannya (review domain my.id)

    ReplyDelete
  10. Saya juga pakai domain my.id mas, selain karena harganya terjangkau dikantong saya, nantinya mau tak daftarkan ke adsense (uji coba).

    Terimakasih sudah berbagi pengalamannya (review domain my.id)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ya. Semoga manfaat!

      Delete
  11. Dari blog ini saya belajar bahwa tidak ada yg mustahil kalau domain my.id bisa approve google ads. Saya juga sedang berusaha d terima google adsense tapi domain saya acehmedia.web.id, yang katanya juga sulit tembus google adsense.

    ReplyDelete
  12. apakah my.id untuk blogger bisa lebih mudah tembus adsense yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah kok. Perbanyak aja konten ori yang kualitas, kemudian ajukan ke adsense.

      Delete
    2. Mas ini domain nya add site AdSense atau daftar dari nol?

      Delete
    3. @Adanpedia.com dibaca lagi komentar diatas mas. Jangan malas membaca.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Wah baru tau klo my.id gk bisa di terima adsense, padahal dh kadung pake my.id
    Yasudahlah...
    Tapi sekarang untuk pembelian my.id di niaga gk prlu lg pake ktp kok..

    ReplyDelete
  14. Keren gan emang nih domain my.id.

    Ane juga pengen balik ngeblog nih. Kemarin2 ane keliru pilih niche jadi agak males lanjutin..

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Saya juga punya blog dengan domain my.id tapi saya kesulitan untuk mendaftarkn blog di adsense, gimana tips nya mas? bangekoo.my.id

    ReplyDelete
  17. Berapa lama proses add site adsense blog ini?

    ReplyDelete
  18. saya daftarin di MGID diterima gan.. domain .my.id

    ReplyDelete
  19. kalau domain my.id dibuat untuk spam berarti sangat berbahaya ya gan?

    ReplyDelete
  20. bang...saya pakai domain my.id dari awal..klo misalnya nnti sy dftar adsens bisa yah,, atau hrus pakai yg blogspot dl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung atau blogspot. Kalau pakai blogspot dapatnya adsense hosted, jadi butuh upgrade ke non-hosted kalau pakai domain TLD

      Delete
  21. tertarik sih buat pakai my,id atau web,id soalnya cukup murah buat menunjang beberapa blog. tapi untuk addsite adsense apa gampang ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya bisa pasang adsense di domain .my.id tapi untuk urusan gampang atau tidak, tergantung proses setiap orang yang daftarin .my.id ke adsense

      Delete
  22. Mantap infonya, tertarik pake my.id karena murah dan unik, saya kira itu nanti jadi subdomain, alias gak bisa AdSense, eh ternyata tetep bisa karena country code second level domain ya.

    ReplyDelete