Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog

Domain dot my dot id (my.id) adalah salah satu jenis domain .id yang resmi dikeluarkan oleh Indonesia. Dimana untuk memiliki domain my.id salah satu syarat yang wajib dipenuhi yaitu penggunaan verifikasi identitas. Kalau pengalaman saya untuk pendaftaran andik.my.id menggunakan scan KTP saya, setelah itu domain my.id aktif dan siap digunakan.

3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog
Ada beberapa keuntungan menggunakan domain my.id, dalam kesempatan kali ini saya hanya membagikan manfaat yang saya dapatkan ketika menggunakan domain my.id untuk blog saya.

Lebih Terpercaya


Karena segala domain id perlu verifikasi baik itu single .id hingga my.id sehingga bisa dipastikan rata-rata domain dot id ini lebih terpercaya dibandingkan dengan domain dot com. Tepercaya dalam artian tidak disalahgunakan karena untuk pendaftaran menggunakan KTP, sehingga jika terjadi pelanggaran hukum pemilik pemilik domain bisa dilacak sesuai dengan KTP yang didaftarkan.

Bedanya apa dengan top level domain lainnya? Jika yang lain tanpa verifikasi KTP, yang didaftarkan hanya whois. Whois adalah sistem untuk mengetahui siapa pemilik website, alamatnya, dan beberapa informasi lain mengenai pemiliki domain. Namun whois ini sifatnya bisa diisi dengan identitas palsu. Atau bahkan diproteksi sehingga tidak bisa diketahui pemilik domain tersebut. Sehingga jika terjadi pelanggaran, akan sulit dicari siapa pemilik websitenya.

Bagaimana jika domain id? Karena domain id untuk personal hanya membutuhkan KTP. Jika terjadi pelanggaran dan penyalagunaan bisa dilacak oleh pemerintah, misalnya PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Harga lebih murah


Domain my.id memiliki harga yang murah, saya membeli andik.my.id di niagahoster cuma 55ribu rupiah (belum ppn). Harga ini menurut saya murah dibandingkan domain dot id selainnya, atau top level domain dot com dan sejenisnya.

Namun sebenarnya banyak domain yang lebih murah dari domain my.id misalnya domain .xyz yang memiliki harga dibawah 20ribu rupiah. Namun untuk harga murah domain .xyz tersebut hanya berlaku untuk pendaftaran awal saja, sedangkan perpanjangannya masih diatas 100ribuan.

Nah untuk domain my.id harga awal dan perpanjangan sama yaitu 55ribuan untuk harga di niagahoster.

Jika teman-teman memiliki budget minim atau tidak ingin keluar biaya lagi untuk beli hosting, teman-teman bisa melakukan custom domain ke blogger.com. Hal ini cukup membantu jika blog digunakan untuk posting artikel, foto, sedangkan untuk video bisa menggabungkan dengan youtube.

Dengan cara ini, hanya 55ribu (belum ppn) teman-teman bisa memiliki blog dengan domain sesuai keinginan.


Bagaimana performa domain my.id dibandingkan dengan domain yang selainnya? 


Kalau berbicara tentang performa top level domain, banyak yang mengaitkan tentang efektif atau tidaknya untuk mendapatkan visitor. Padahal untuk visitor sedikit atau banyak, domain memiliki pengaruh yang kecil. Banyak juga blog gratisan yang menggunakan blogspot.com namun memiliki visitor yang sangat banyak hingga jutaan visitor per bulan.

Jadi untuk visitor, pengaruh domain merupakan sebagian kecil saja. Sedangkan pengaruh terbesarnya adalah bagaimana pengelolah blog atau website membuat konten hingga melakukan optimasi.

Nah, demikian ulasan singkat tentang penggunaan domain .my.id yang bisa saya bagikan kepada teman-teman pembaca. Jika teman-teman ingin memiliki website murah baik untuk publikasi tulisan, portofolio, hingga untuk jualan maka domain dot my dot id dengan custom domain ke blogger.com bisa menjadi solusi yang tepat.

77 komentar untuk "3 Alasan Menggunakan Domain My.Id Untuk Blog"

  1. Aku juga pake my.id mas menurut saya lebih personal, tapi sepertinya my.id dipandang sebelah mata 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak juga kali gan. Di isi saja dengan konten yang bermanfaat, pasti nanti dibaca dengan kedua mata :)

      Hapus
  2. Bisa di daftarkan adsense gak bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum mencoba bos. Sebelum bikin blog dg domain .my.id saya sudah punya akun adsense, jadi tinggal pasang.

      Silakan dicoba, nanti bisa di share disini :)

      Hapus
    2. Akun adsense yang hosted (blogspot / youtube) atau yang non-hosted nih min? Kalo admin punya akun GA hosted bisa gak caranya upgrade ke akun GA non-hosted pake TLD (my.id)?

      Hapus
    3. Saya pakai adsense non-hosted. Untuk upgrade dari hosted ke non-hosted dengan domain .my.id saya belum pernah.

      Kalau mau upgrade ke non-hosted, coba pakai domain gratisan dari freenom (saya sudah coba dan berhasil).

      Hapus
  3. untuk akun adsense dan website my.id juragan ini apakah email yang sama atau berbeda masbro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, saya juga masih nunggu jawabannya. Soalnya saya juga mengalaminya sebagai pengguna blogger (blogspot) yang sudah ada iklan dari Google AdSense. Namun, ketika saya telah mengupgrade domain dengan my.id, akun GA saya tidak bisa dikaitkan dengan TLD tersebut. Kira-kira masalahnya apa dan blog ini kok bisa?

      Hapus
    2. Untuk blog ini dan adsense, saya menggunakan email yang sama.

      Namun sebelum saya membuat blog andik.my.id saya sudah punya akun adsense non-hosted dari dulu. Hasil dari pendaftaran dengan blog yang selainnya.

      Hapus
  4. Kl boleh tau mas, untuk domain my.id ini bisa didaftarin ke pengiklan apa saja ya? Saya coba ke google adsense ngga bisa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini deh mas, untuk pendaftaran awal adsense coba pakai domain gratisan dari freenom seperti dot tk. Jika sudah full approve, nanti pasang adsense di blog dengan domain .my.id

      Blog .my.id saya ini bukan untuk pendaftaran awal adsense. Saya sudah ada adsese, baru saya pasang di blog dengan domain.my.id.

      semoga berhasil

      Hapus
  5. sekarang perpanjangan domain my.id hanya 11 ribuan per tahun, mantap dah

    BalasHapus
  6. Menurut saya domain.my.id lebih keren dipakai di blog pribadi jadi lebih menggambarkan diri kita sendiri. Seperti halnya saja www.sumedangsharing.my.id yang menggambarkan blog orang Sumedang berbagi informasi :D

    BalasHapus
  7. saya punya blog datrapedia.my.id saya juga punya akun adsen di blog lain tld nah saya mau addsite tapi gk di acc mulu kenapa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. datrapedia.my.id ga bisa di akses tuh gan.

      Hapus
  8. Mantap gan, apapun domainnya, yang penting kontennya mantap

    BalasHapus
  9. Saya juga pakai domain my.id mas, selain karena harganya terjangkau dikantong saya, nantinya mau tak daftarkan ke adsense (uji coba).

    Terimakasih sudah berbagi pengalamannya (review domain my.id)

    BalasHapus
  10. Saya juga pakai domain my.id mas, selain karena harganya terjangkau dikantong saya, nantinya mau tak daftarkan ke adsense (uji coba).

    Terimakasih sudah berbagi pengalamannya (review domain my.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ya. Semoga manfaat!

      Hapus
  11. Dari blog ini saya belajar bahwa tidak ada yg mustahil kalau domain my.id bisa approve google ads. Saya juga sedang berusaha d terima google adsense tapi domain saya acehmedia.web.id, yang katanya juga sulit tembus google adsense.

    BalasHapus
  12. apakah my.id untuk blogger bisa lebih mudah tembus adsense yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah kok. Perbanyak aja konten ori yang kualitas, kemudian ajukan ke adsense.

      Hapus
    2. Mas ini domain nya add site AdSense atau daftar dari nol?

      Hapus
    3. @Adanpedia.com dibaca lagi komentar diatas mas. Jangan malas membaca.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Wah baru tau klo my.id gk bisa di terima adsense, padahal dh kadung pake my.id
    Yasudahlah...
    Tapi sekarang untuk pembelian my.id di niaga gk prlu lg pake ktp kok..

    BalasHapus
  14. Keren gan emang nih domain my.id.

    Ane juga pengen balik ngeblog nih. Kemarin2 ane keliru pilih niche jadi agak males lanjutin..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Saya juga punya blog dengan domain my.id tapi saya kesulitan untuk mendaftarkn blog di adsense, gimana tips nya mas? bangekoo.my.id

    BalasHapus
  17. Berapa lama proses add site adsense blog ini?

    BalasHapus
  18. saya daftarin di MGID diterima gan.. domain .my.id

    BalasHapus
  19. kalau domain my.id dibuat untuk spam berarti sangat berbahaya ya gan?

    BalasHapus
  20. bang...saya pakai domain my.id dari awal..klo misalnya nnti sy dftar adsens bisa yah,, atau hrus pakai yg blogspot dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung atau blogspot. Kalau pakai blogspot dapatnya adsense hosted, jadi butuh upgrade ke non-hosted kalau pakai domain TLD

      Hapus
  21. tertarik sih buat pakai my,id atau web,id soalnya cukup murah buat menunjang beberapa blog. tapi untuk addsite adsense apa gampang ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya bisa pasang adsense di domain .my.id tapi untuk urusan gampang atau tidak, tergantung proses setiap orang yang daftarin .my.id ke adsense

      Hapus
  22. Mantap infonya, tertarik pake my.id karena murah dan unik, saya kira itu nanti jadi subdomain, alias gak bisa AdSense, eh ternyata tetep bisa karena country code second level domain ya.

    BalasHapus
  23. Admin pakai template apa ya? kok bagus

    BalasHapus
  24. Berarti domain .my.id bisa daftar adsense ya? Jadi pengen uji coba.....

    BalasHapus
  25. Bang kenapa domain saya tidak bisa di akses atau otomatis redirect dari http://namadomain.my.id ke https://namadomain.my.id padahal d blogger sudah saya ceklis alihkan tolong bantuannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SSL (https) sdh di aktifkan blm?

      Kl sdh lakuin check & uncheck aja..tunggu sampe bisa akses.

      Mgkn sekitar satu atau dua jam ..

      Hapus
  26. Mas...my.id bisa dibuat subdomian nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. monggo dicoba, kalau pakai blogspot tinggal setup custom domain (caranya googling saja)

      Hapus
  27. Mas sy coba buat subdomian my.id diblogger tapi ko ga keluar code cname'nya ya...jadi subdomian langsung ke save, ada solusi ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bikin subdomain dot domainmu dot com misalnya. Ini setting sub-domainnya ada di dashboard penyedia domainnya.

      Kalau sudah lakukan custom domain. Itu pakai blog baru

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. Setelah baca artikel ini dan komen² jadi lebih semangat dan yakin.. tadinya agak putus asa pakai .my.id thanks mas..

    BalasHapus
  30. Aku juga pakai caraservis.my.id yang saya tanyakan bagaimana cara upgrade adsen hosted ke non hosted.

    BalasHapus
  31. Gw juga make domain my.id bor, karena murah si perpanjangnya 🤣, btw template yg lu pake apa si dik?

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  33. Makasih mas, setelah baca postingan ini makin yakin untuk pakai domain my id.

    BalasHapus
  34. Ada rencana untuk menggunakan myi.d...

    BalasHapus
  35. Saya juga menggunakan my.id, semoga bermanfaat www.akses.my.id

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Bang mau nanya, pernah gak buat komentar aktif diblog orang lain? Yang pake "a href" itu...

    Maaf ya bang kalo gak nyambung, tapi jawabannya bakal bantu saya. Bahkan lebih dari itu:')

    Jawab: ya atau tidak

    BalasHapus
  38. Like this yow, pake my(dot)id aja pengunjung udah lebih dari seribuan ka.

    BalasHapus
  39. Salam kenal.... sesama pengguna my.id
    https://agussalim.my.id

    BalasHapus
  40. Terima kasih infonya gan, baru mau nyoba jadi blogger jadi perlu banyak referensi mengenai domain my id ini. Tadinya mau sekalian tanya2 tentang adsense nya juga. TP ternyata tinggal baca2 di kolom komentar.

    BalasHapus
  41. Banyak juga yang menggunakan domain my.id ya, harganya memang paling murah dan cukup pendek juga.

    BalasHapus