Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nulis Online Pakai Aplikasi Blogger

Halo teman-teman, dalam tulisan saya kali ini akan sedikit mengulas tentang aplikasi blogger yang resmi dikeluarkan oleh Google.

Pertama, memang ada beberapa platform blog yang banyak digunakan oleh penulis online. Berdasarkan pengalaman saya, yanh paling mudah misalnya wordpress baik gratisan atau menggunakan hosting berbayar.

Saya sendiri untuk andik.my.id menggunakan platform blogger.com yang disediakan oleh Google, dengan custom domain. Jadi tidak pakai domain blogspot tapi kita bisa memilih nama domain yang kita butuhkan.

Yang kedua, selain platform hal yang penting untuk nulis online adalah alat yang digunakan. Komputer atau laptop adalah alat yang banyak digunakan bagi penulis online atau blogger. Saya sendiri pun sampai saat ini masih menggunakan laptop untuk menulis, mengunggah hingga mengatur SEO (Search Engine Optomization) dalam artikel saya. 

Namun, belakangan saya merasa cukup repot jika harus mengeluarkan laptop untuk nulis. Hal ini saya anggap tidak praktis karena butuh tempat, paling tidak butuh meja untuk menaruh laptop saat menulis.

Selain agak ribet menulis menggunakan laptop, yang akhirnya tidak bisa menulis kapanpun dan dimanapun. Kalau misal tiba-tiba ada ide yang ingin di tulis, maka kalau harus menunggu pakai laptop maka idenya bisa hilang duluan.

Jadi karena masalah mobilitas yang cukup tinggi, akhirnya laptop akan saya gunakan untuk menulis saat dalam kondisi waktu luang dan juga ada tempat yang nyaman untuk nulis serta menaruh laptop saya.

Untuk menulis dalam kondisi mobilitas yang tinggi, maka saya coba pakai aplikasi Blogger yang resmi diterbitkan oleh Google. Sehingga saya bisa nulis kapanpun dan dimanapun, asal saya pegang HP dan punya koneksi internet yang lancar.

Apa yang bisa kita lakukan dengan aplikasi blogger untuk android ini?

Dalam aplikasi blogger kita bisa menulis dan mengunggah foto atau gambar. Meski untuk melakukan optimasi dan juga editing agak susah dibandingkan menggunakan versi webnya, namun aplikasi blogger ini cukup membantu dalam hal kecepatan menulis dan upload artikel.

Sama seperti versi webnya, aplikasi blogger ini dapat menyimpan tulisan dalam bentuk draft. Sehingga kalau teman-teman memiliki ide atau catatan penting apapun, bisa menulisnya di aplikasi blogger ini. Nantinya jika sudah tidak repot, maka ide atau catatab tersebut bisa dikembangkan dalam bentuk artikel.

Jadi seperti filosofisnya bahwa blogger sebagai media mencatat. Maka aplikasi blogger ini bisa mempublikasikan secara langsung catatan penting yang bermanfaat bagi orang banyak.  Semoga bermnfaat. 

Post a Comment for "Nulis Online Pakai Aplikasi Blogger"