Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara membuat desain powerpoint agar menarik audiens

Desain powerpoint yang menarik merupakan salah satu faktor penunjangnya Bagi teman-teman yang ingin membuat slide powerpoint yang menarik perhatian audiens. Berikut saya mencoba menjabarkan 6 cara membuat dan menggunakan desain powerpoint yang menarik.

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Desain bawaan


Microsoft powerpoint versi berapapun, selalu dilengkapi dengan desain template atau tema bawaan. Setiap versi microsoft powerpoint memiliki tema atau template yang berbeda-beda.

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Menurut saya, semakin baru versi powerpoint maka semakin bagus juga desainnya.

Dalam artikel ini saya masih menggunakan microsoft powerpoint 2013. Sehingga cukup mudah untuk mengetahui pilihan desain template bawaan powerpoint, yaitu di menu design.

Pada menu design ini teman-teman bisa melihat banyak pilihan yang bisa digunakan. Selain itu teman-teman bisa melakukan pengaturan sesuai kebuthan (customize). Misalnya mengubah warna, background, huruf, dan sebagainya.

Desain microsoft powerpoint online


Untuk mendapatkan desain template powerpoint bawaan dari microsoft mulai dari versi awal hingga versi terbaru, teman-teman bisa mendapatkannya secara gratis. Caranya cukup membuat akun microsoft, yang nantinya digunakan untuk login ke microsoft powerpoint online.

Teman-teman tinggal membuat slide secara online di websitenya microsoft online. Pilih saja tema atau template yang disediakan disana, kemudian tinggal download jika sudah membuat slide. Maka slide taman-teman dan juga templatenya akan bisa digunakan secara offline di microsoft powerpoint di komputer masing-masing.

Template Online di Menu Powerpoint


Selain menggunakan powerpoint online di website microsoft, teman-teman juga bisa mendapatkan desain template menarik di menu powerpoint.

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Pada microsoft office 2013, untuk pertama kali membuat slide powerpoint ada beberapa pilihan desain template. Namun microsoft office memberikan pilihan lain, yaitu teman-teman bisa mengunduh (download) secara online. Teman-teman tinggal mengetikan kata kunci saja, nantinya akan muncul berbagai pilihan desain template yang bisa digunakan.

Cari Desain Gratis / Berbayar


Desain template gratis dan berbaya di poin kedua ini maksudnya yang dibuat oleh pihak ketiga (bukan kita sebagai pengguna dan bukan juga microsoft).

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Desain template siap pakai ini sangat memudahkan teman-teman yang ingin melakukan presentasi. Selain itu desain template dari pihak ketiga ini memberikan alternatif, mungkin terlalu mainstream dan membosakan menggunakan desain template bawaan microsoft.

Karena desain template dari microsoft banyak yang menggunakan (termasuk audiens teman-teman), akhirnya desain template bawaan tersebut kurang atraktif.

Sehingga teman-teman bisa menggunakan desain template powerpoint yang disediakan oleh pihak ketiga. Biasanya kreator template powerpoint ini menyediakan desain untuk masing-masing versi powerpoint.

Di internet, teman-teman bisa mendapatkan desain template powerpoint ini secara gratis dengan mengunduhnya di beberapa situs. Biasanya desain template powerpoint yang gratis ini menyantumkan identitas atau website pembuatnya.

Selain itu desain template gratis banyak yang memiliki (mungkin audiens teman-teman). Sehingga jika kita menggunakan desain template gratis, mungkin juga kurang menarik.

Desain template powerpoint berbayar


Pilihan berikutnya yang bisa teman-teman gunakan adalah dengan membeli desain template powerpoint. Karena ini jenis template powerpoint premium, teman-teman harus menyiapkan sedikit anggaran untuk membelinya.

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Banyak situs lokal atau internasional yang menjual desain template powerpoint premium ini.
Secara desain memang lebih baik dibandingkan template powerpoint gratis. Selain itu karena ini premium dan berbayar, kemungkinan besar sangat sedikit yang memiliki desain template powerpoint premium ini.

Sehingga teman-teman bisa melakukan presntasi menggunakan slideshow powerpoint yang atraktif.

Membuat desain sendiri


Jika memiliki keahlian membuat desain, mungkin teman-teman bisa membuat desain template powerpoint sendiri. Memang pilihan ini akan memerlukan waktu, tenaga, dan fokus tersendiri.

Manfaatnya yaitu teman-teman bisa membuat desain template sesuai dengan kebutuhan sendiri. Selain itu, jika hasilnya bagus mungkin teman-teman juga bisa menjadikan ini sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan.

tutorial, powerpoint, microsoft office, desain powerpoint,

Tapi, jika tidak ada waktu untuk membuat desain template powerpoint sendiri dan juga enggan menggunakan template gratisan. Teman-teman bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan custom desain template powerpoint.

Bedanya apa dengan template powerpoint premium?


Jika desain template powerpoint premium, bisa dimiliki siapapun yang membelinya. Namun jika menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan desain template powerpoint, maka ini bisa menjadi hak milik teman-teman. Jadi tidak semua orang memiliki desainnya. Dan secara harga jelas lebih mahal dari pada desain powerpoint premium.

Banyak situs yang menyediakan layanan pembuatan desain template powerpoint, baik situs lokal ataupun situs luar negeri. Namun, saya lebih menyarankan untuk menggunakan situs lokal yang terpercaya dibandingkan situs luar negeri. Pendasarannya sederhana, yaitu situs lokal terpercaya lebih mudah secara pembayaran.

Post a Comment for "6 Cara membuat desain powerpoint agar menarik audiens"