Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jualan Online Yang Mudah Dan Menguntungkan Di Marketplace

Jualan online yang menguntungkan sangat banyak variasinya, namun tidak ada salahnya jika menggunakan marketplace online.

Banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk bisa jualan online di Indonesia. Salah satunya yaitu menggunakan layanan ecommerce atau marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, lazada, dan lainya. Ada beberapa keuntungan jika Anda berjualan di marketplace, diantaranya adalah

bisnis, bisnis online, marketplace, tokopedia, bukalapak, shopee, lazada

1. Tidak perlu membangun website


Untuk jualan online biasanya membutuhkan website toko online yang harganya cukup mahal. Namun dengan adanya marketplace online, Anda tidak perlu membuat website yang rumit dengan biaya yang mahal. Marketplace online menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk berjualan online.

2. Gratis


Marketplace online ini sifatnya gratis bagi siapapun yang ingin berjualan di internet.

Semua marketplace online berkomitmen untuk mengembangkan usaha kecil di Indonesia. Jadi bagi usaha kecil (UKM) atau siapapun yang ingin menjual produknya, bisa menggunakan marketplace online ini secara gratis.

Hanya dengan mendaftarkan diri dan toko Anda maka Anda sudah bisa berjualan online.
Ada beberapa syarat administrasi yang harus dilengkapi. Misalnya data diri Anda, alamat atau loakasi Anda jualan, nomor rekening Anda, dan sebagainya.

3. Tools lengkap


Masing-masing marketplace online menyedikan fasilitas lengkap untuk jualan.

Misalnya untuk mengunggah (upload) produk ke marketplace, Anda diberikan fasilitas upload foto dan video produk Anda, memberikan penjelasan atau deskripsi produk, harga produk, berat produk, dan sebagainya.

Tools ini memudahkan Anda untuk berjualan. Selain itu bagi yang masih kesulitan menggunakan semua failitas gratisnya, terdapat tutorial yang bisa menjadi panduan bagi para penjual.

4. Mudah digunakan


Seperti yang saya jelaskan di poin 3, bahwa semua alat jualan online yang tersedia di marketplace mudah digunakan.

Bagi yang awam teknologi tidak perlu ribet untuk belajar mengoperasikan laptop atau komputer.
Masing-masing marketplace menyediakan aplikasi handphone (mobile apps) yang bisa digunakan di Android atau AppStore.

Dan uniknya ada beberapa yang menyediakan aplikasi khusus untuk para seller atau penjualnya, seperti tokopedia.

Jadi aplikasi untuk penjual ini berbeda dengan aplikasi umum yang digunakan untuk berbelanja. Dan isinya memang fokus untuk memudahkan untuk berjualan menggunakan handphone.

5. Fasilitas promosi


Secara umum masing-masing marketplace menyediakan alat untuk mempromosikan produk secara gratis.

Saya ambil contoh tokopedia, yang menyediakan tools atau alat untuk mempromosikan produk setiap 1 jam sekali.

Tools ini berfungsi agar produk selalu terlihat dan muncul di halaman depan. Sehingga berpotensi dilihat oleh banyak orang.

Namun, cara ini harus dilakukan secara manual dan setiap 1 jam sekali. Coba bayangkan jika Anda memiliki banyak produk? Dengan cara ini akan membuat Anda kesulitan untuk mempromosikan satu per satu produk Anda setiap satu jam sekali.

Jadi, meski gratis tapi hal ini tidak efesien bagi yang memiliki banyak produk dan memiliki waktu sedikit untuk memantau.

Oleh karena itu tokopedia menyediakan tools promosi berbayar yaitu dengan adanya TopAds.
Dengan TopAds ini Anda bisa melakukan promosi secara otomatis dan produk Anda selalu tayang di halaman depan. Sehingga peluangnya lebih besar terbeli karena selalu dilihat orang.

Catatan : Artikel ini bukan bertujuan mempromosikan tokopedia. Saya banyak bercerita tentang tokopedia, karena saya salah satu pengguna tokopedia untuk berjualan online. Jadi apabila Anda ada pengalaman di marketplace lain, silakan Anda berbagi informasi di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Jualan Online Yang Mudah Dan Menguntungkan Di Marketplace"