Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengajarkan Sensorial Pada Anak, Pentingnya Apa Sih?

Sensori yang merupakan bagian dari kurikulum Montessori yang diajarkan selain practical life, math, dan bahasa. Kemampuan sensorial memang tak terpisahkan dari kemampuan panca indra dan juga motorik pada anak. Lalu apa sih itu sensorial sendiri dan bagaimana aktifitasnya?


Sensorial merupakan salah satu kegiatan untuk stimulasi sensori pada anak terutama pada panca indra. Kemampuan yang dibutuhkan untuk kegiatan sensorial ini merupakan koordinasi antara satu panca indra dengan panca indra lainnya. Selain itu kegiatan sensorial ini akan berhubungan dengan perkembangan motorik halus pada anak.

Sebenarnya anak sudah belajar tentang sensorial ini sejak dia lahir yaitu dengan menyentuh kulit ibunya menyentuh halusnya selimutnya mendengarkan suara manusia suara orang tuanya suara anak-anak dan suara disekelilingnya hingga banyak lagi.

Lalu gunanya apa sih pada anak dan kehidupannya? Aktivitas sensorial ini akan berlangsung selama kita hidup dan perlu kita latih ketika sejak kecil misalkan saja bisa membedakan antara tekstur satu dengan yang lainnya, juga membedakan antara rasa-rasa hingga membedakan jenis suara-suara tertentu dan melabelinya.

Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan dalam berbahasa juga dan kosakata pada anak. Wah sekeren itu yaa ternyata dan fungsinya bagi keseharian kita. Sehingga perlunya dikenalkan sedini mungkin.

Belajar sensorial ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Misalkan saja ketika di rumah anak bisa diajarkan mengenai tekstur pada spons pencuci yang memiliki dua sisi yaitu kasar dan halus, teksture rumput, pohon, daun.

Kemudian mengecap berbagai jenis rasa misalkan saja rasa pahit manis asin gurih juga tawar melalui bahan-bahan di dapur. Dan banyak hal lainnya yang bisa diajarkan dan dikenalkan pada anak.

Aktivitas sosial ini semakin bertumbuhnya dengan usia dan perkembangan anak juga akan meningkatkan kepekaan sensoriknya lagi. Dan biasanya akan selaras dengan kemampuan motorik anak karena selain dengan adanya salah satu panca indra yaitu Indra peraba yang akan berhubungan dengan ototnya fungsi dan fungsi sensorik lainnya.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat untuk kamu yaa. Apabila ada pertanyaan lain seputar sensorial atau pengalaman yang sama boleh tinggalkan komentar di bawah ini terima kasih.

Posting Komentar untuk " Mengajarkan Sensorial Pada Anak, Pentingnya Apa Sih?"