Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Tepat

Banyak sekali isu isu kesehatan mental yang sering kita dengarkan atau justru kita alami sendiri. Pentingnya kesehatan mental bagi diri kita sangat penting juga bagi kesehatan fisik dan juga kesehatan sosial kita. Semuanya berjalan dengan balance atau seimbang karena akan mempengaruhi satu sama lain.

Hal ini semua saling berkaitan loh, lantas bagaimana  bisa agar kesehatan mental kita tetap terjaga yakni dimulai dari diri kita sendiri. Lalu bagaimana sih caranya lemak berikut ini yaa.


Salah satu yang bisa dijaga dari diri kita sendiri adalah emosi, bisa berupa emosi negatif atau posituf. Diri kita akan merespon ketika apa yang kita pikirkan dan kita rasakan dan dapatkan terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan atau bahkan lebih dari ekspektasi standar kita.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah menerima emulsi kita karena itu manusiawi dan wajar. Ada kata-kata bahwa It's okay to feel your feelings. Yap itu benar sekali ternyata, lalu misalkan bagaimana?

Menerima bentuk emosi negatif misalkan sedih, kecewa, menangis dan sebagainya. Hal ini wajar dan sangat manusiawi, semua orang juga mengalaminya. Namun ingatlah untuk kembali bangkit yaa.

Hal lain yang bisa kamu coba untuk menjaga kewarasan dengan tepat adalah dengan menerapkan batasan yang yang tepat atau boundaries. Hal-hal apa yang bisa kita kontrol dan juga hal-hal apa saja yang kita bisa kontrol harus bisa kita antisipasi.

Miskan saja hal-hal yang bisa kita kontrol adalah diri kita sendiri, seperti menentukan cara bagaimana kita bisa bahagia versi diri kita, apa yang akan kita ucapkan dan apa yang akan kita respon terhadap orang lain atau lingkungan, apa yang akan kita lakukan dengan diri kita sendiri, perasaan kita, healing kita, dan masih banyak lagi. Namun semua ini tujuan akhirnua adalah pada bagaimana kesehatan mental kita tetap terjaga.

Jangan lupa untuk bahagia hari ini yaa, jangan lupa juga untuk bersyukur dengan apa pun yang kita punya dan telah kita terima. Bagaimanapun juga bersyukur dan bahagia adalah kunci dari kesehatan mental diri kita sendiri.

Sekian informasi yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat buat kamu yaa. Apabila ada pengalaman yang sama tentang kesehatan mental kamu bisa membaginya pada kolom komentar dibawah ini terima kasih.

Posting Komentar untuk " Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Tepat "