Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ibu Mudah Marah Pada Anak?

Hai moms, memang ya panggilan “ibu” itu menuntut kita untuk siap dalam segala hal baik secara fisik juga psikologis. Loh kok bisa? Iya karena label sakti yang sudah memiliki panggilan ibu ini akan memikiki tanggungjawab lebih apalagi dengan anak.

Mengasuh anak tidak semudah yang dilihat loh ya pak. Mungkin yang terlihat oleh orang lain, tetangga, saudara, atau netizen hanya bungkus luarnya saja misalkan wah rapi sekali, wah pandai berbicara ya anaknya.. padahaaal proses mendidiknya itu yang banyak orang tidak tau kan, benar nggak moms?



Nah terkadang dalam prosesnya ini seorang ibu seringkali mudah emosi baik secara langsung maupun tidak. Apa sih benyebabnya? Coba yuk moms lihat beberapa penyebab dibawah ini yang mungkin menjadi faktor kenapa moms mudah emosi.

 

1.      Tidak ada waktu untuk diri sendiri atau Me Time

Biasanya yang mengalami hal ini adalah ibu muda. Merasakan shock karena memiliki peran baru dan memiliki dukungan yang rendah dari orang terdekat bisa saja membuat ibu emosi bukan. Apalagi ditambah jika dianggap sering melakukan kesalahan dan diremehkan dalam merawat si kecil padahal juga baru belajar kan.

Waspadai ini ya moms, jika moms ingin meluapkan emosi maka komunikasikan dengan pasangan yaa.. siapa tau dengan me time maka semangat membara untuk belajar dengan anak dan juga lebih mencintai diri akan tumbuh.

 

2.      Terlalu lelah

Coba bayangkan nih merawat anak saja dengan fokus yang tinggi seharian sudah sangat melelahkan dan hanya bisa istirahat sejenak ketika anak tidur. Apalagi tidak dibantu dengan asisten rumah tangga. Maka automatis memasak dan seluruh kerapian rumah pun tanggungjawab si ibu bukan.

Hal ini juga memicu emosi apabila ibu terlalu lelah. Maka moms jika sudah merasa lelah me time lah sejenak dan komunikasikan solusinya pada pasangan yaa.. Siapa tau moms diajak untuk berlibur sejenak.

 

3.      Tidak ada apresiasi

Wahai bapak-bapak sebagai para suami. Jangan lupa bahagiakan istri setiap saat yaa seperti memberi kejutan, membawakan makanan kesukaan saat pulang kerja tentunya tanpa diminta yaa..

Juga seringlah berinisiatif membantu pekerjaan rumah tangga karena semua hal itu sangat dihargai oleh istri. Jangan lupa juga untuk menyampaikan kalimat positif dan cinta kasih pada istri yaa.. sebagai apresiasi karena telah mengurus anak kamu juga.

 

Banyak hal lain juga yang membuat ibu emosi  seperti terlalu cemas terhadap masalah keluarga dan anak, mengalami kesepian karena tidak ada teman bercerita, terlalu cepat mengalami perubahan dari awalnya mengurus diri sendiri hingga mengurus anak dan suami dan masih banyak hal lainnya.

Moms, dengan moms merasa bahagia maka si kecil juga bahagia loh, ayah dan si kecil selalu membutuhkan ibu. Sehingga sampai ada perumpamaan jika ibu tidak boleh sakit. Maka lakukan hal yang membuat mom bahagia, sedikit meluangkan waktu untuk diri sendiri dan kembali positif.

Posting Komentar untuk "Kenapa Ibu Mudah Marah Pada Anak?"