Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Parabola Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah

Parabola tidak ada sinyal termasuk masalah yang sering terjadi pada seseorang yang memiliki parabola. Padahal dengan adanya parabola ini diharapkan bisa menangkap sinyal yang jauh lebih kuat, namun apa jadinya jika parabola tidak ada sinyal.

parabola, antena, sinyal, satelit,

Bagi teman-teman yang memiliki masalah serupa, berikut cara efektif yang bisa teman-teman gunakan agar parabola yang dimiliki kemabli ada sinyal.

Mengatasi Parabola Tidak Ada Sinyal

1. Melihat Kondisi Cuaca

Hal pertama yang harus Teman-teman lakukan adalah dengan melihat kondisi cuaca yang ada di sekitarmu. Umumnya parabola yang tidak ada sinyal terjadi ketika berada di kondisi mendung atau hujan lebat. Kondisi ini akan mempengaruhi penerimaan sinyal yang berasal dari satelit menuju antena. Namun bagi Teman-teman yang merupakan pengguna C-Band, Teman-teman tidak perlu khawatir mengenai kondisi ini.

Hal ini karena spektrum pada C-Band lebih tahan dari gangguan. Kemungkinan yang terjadi hanya penurunan intensitas sinyal. Jadi, tayangan yang ada pada C-Band masih tetap lancar. Sementara itu, jika Teman-teman pengguna parabola mini, Teman-teman harus mengerti bahwa parabola yang Teman-teman miliki rawan terhadap kondisi cuaca.

Adapun untuk mengatasinya cukup menunggu sampai kondisi kembali seperti semua. Jadi, kondisi ini memang tidak diperlukan penanganan khusus.

2. Melihat Indikator Sinyal

Receiver parabola memiliki beragam fungsi serta pengaturan khusus. Misalnya indikator sinyal. Pada setiap decoder dapat menunjukkan dua buah indikator yaitu bagian bawah dan atas. Meskipun memiliki tampilan yang berbeda, namun keduanya memiliki inti yang sama.

Melalui indikator sinyal inilah Teman-teman bisa mengetahui apa yang menyebabkan sinyal parabola menghilang. Jika indikator bagian atas menunjukkan angka nol, kemungkinan masalah ada pada LNB yang rusak atau lepas atau bisa juga berasal dari provider. Akan tetapi, jika semua perangkat normal namun tidak ada sinyal, kemungkinan masalah berasal dari providernya.

3. Mengatasi Posisi Dash

Perubahan atau pergeseran posisi dish parabola bisa mengakibatkan sinyal parabola hilang. Teman-teman bisa mengecek apakah masalah disebabkan oleh cuaca, kondisi kabel LNB, kerusakan alat, dan lain-lain. Termasuk juga mengecek frekuensi satelit. Jika semua sudah Teman-teman cek dan aman, maka sekarang Teman-teman perlu mengecek posisi dash.

Perubahan posisi dash atau piringan parabola bisa Teman-teman atasi dengan cara melakukan tracking ulang atau pencarian sinyal ulang. Namun kondisi ini termasuk jarang. Biasanya teknisi hanya akan mengencangkan baut pada saat tracking selesai. Bahkan untuk antena parabola mini hampir tidak mengalami perubahan dash.

4. Mengamati Kerusakan Perangkat

Kerusakan pada salah satu perangkat parabola juga bisa mengakibatkan parabola kehilangan sinyal. Akibatnya, sinyal tidak bisa ditampilkan ke layar. Adapun beberapa masalah yang terjadi pada parabola antara lain:

  • Konektor berkarat yang mengakibatkan penyaluran sinyal terhambat
  • LNB lemah atau rusak yang bisa terjadi karena sambaran petir
  • Decoder parabola hang, mode on, maupun rusak total
  • Kabel antena yang terkelupas yang berpotensi mengakibatkan arus pendek


5. Perubahan Frekuensi

Cara mengatasi parabola tidak ada sinyal juga bisa Teman-teman lakukan dengan mengecek perubahan frekuensi. Untuk meningkatkan kualitas tayangan bagi para pelanggan, biasanya ada pembaruan sistem yang dilakukan oleh provider. Hal ini biasanya berhubungan dengan perubahan frekuensi. Akibatnya tayangan yang biasanya Teman-teman tonton pada frekuensi tertentu akan hilang karena sudah berganti ke frekuensi yang lain.

Maka dari itu, Teman-teman perlu mendapatkan informasi terbaru apakah memang ada perubahan frekuensi atau tidak. 

Posting Komentar untuk " 5 Cara Mengatasi Parabola Tidak Ada Sinyal Dengan Mudah"