Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Mengatasi Motor Matic Kehabisan Oli Mesin

Motor matic kehabisan oli mesin ini bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Ini karena oli adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah kendaraan bermotor. Oli berperan untuk mendinginkan mesin sehingga mesin tidak sampai mengalami panas yang berlebihan ketika digunakan dalam waktu yang lama.  Oli juga berfungsi untuk melindungi komponen mesin agar tidak sampai mengalami keausan.

motor, matic, suzuki mio, honda beat, honda vario, nmax, pcx,

Maka dari itu, ketika oli pada kendaraan bermotor kotor atau bahkan hasil maka hal ini bisa menyebabkan masalah pada kendaraan tersebut, salah satunya adalah motor matic. Jika kondisi ini tetap dibiarkan malah bisa berakibat fatal dan pastinya memerlukan biaya yang mahal untuk memperbaiki masalah tersebut.

Solusi Mengatasi Motor Matic Kehabisan Oli Mesin

Lalu apa yang harus Teman-teman lakukan ketika motor matic kehabisan oli mesin? Untuk mengatasi hal tersebut, Teman-teman perlu menyimak beberapa solusi yang akan Saya jelaskan berikut ini. 



1. Perhatikan Bagian Seal Klep

Tempat seal ada di sambungan mesin motor. Jangan sampai seal tersebut rusak sehingga Teman-teman perlu membawa motor pelan-pelan. Jika sampai terjadi, bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran oli mesin. Bahkan seiring berjalannya waktu pun mengakibatkan oli akan cepat habis. Maka dari itu, Teman-teman perlu mengecek seal. Jika Teman-teman melihat seal tersebut basah atau seperti rembesan, kemungkinan seal mengalami kebocoran.

Solusinya adalah Teman-teman harus mengganti seal tersebut. Namun jika Teman-teman tidak tahu bagaimana cara menggantinya, Teman-teman bisa membawa motor ke bengkel.


2. Ganti Secara Rutin

Cara yang kedua dan bisa dikatakan bahwa cara ini yang paling mudah adalah pastikan Teman-teman mengganti oli mesin secara rutin. Tujuannya sudah jelas yaitu agar motor matic tidak sampai kehabisan oli mesin. Lalu kapan waktu terbaik untuk mengganti oli? Secara umum, Teman-teman disarankan untuk mengganti oli ketika sudah mencapai 2500 sampai dengan 3000 KM. Namun tentunya angka tersebut menyesuaikan dengan seberapa sering Teman-teman mengendarai motor matic dan berapa jauh jarak yang ditempuh setiap hari.


3. Pilih Oli Sesuai Kualitas Mesin

Cara mengatasi motor matic kehabisan oli mesin juga bisa dengan mengganti oli tersebut sesuai dengan kualitas mesin. Maksudnya, Teman-teman harus memilih oli yang benar-benar sesuai dengan mesin motormu. Jangan asal memilih oli mesin tanpa mengecek apakah oli tersebut sesuai atau tidak. Ketika memilih oli yang sesuai, maka motor akan lebih nyaman tanpa perlu khawatir mesin mengalami masalah karena oli yang tidak cocok.

Saya sarankan agar Teman-teman tidak memilih oli yang terlalu kental maupun terlalu encer. Saya bisa bertanya kepada bengkel terdekat untuk memberikan saran mana oli yang terbaik untuk motormu.


4. Memperhatikan Ring Piston

Bagian yang juga harus Teman-teman perhatikan adalah ring piston. Teman-teman harus mengecek apakah ring piston aus atau rusak. Pada saat ring piston aus, kondisi ini mengakibatkan pelumas tidak dapat tersapu dengan sempurna. Akan tetapi, kondisi ini bisa Teman-teman hindari ketika Teman-teman rutin mengganti oli mesin. Maka dari itu, Teman-teman perlu mengecek ring piston dan pastikan tidak rusak.


5. Jangan Sampai Oli Mesin Menguap

Kita tahu bahwa oli berbentuk cairan dan akan mudah menguap ketika terkena panas. Terjadinya oli yang menguap ini bisa karena kondisi jalan yang macet selama di perjalanan. Bisa juga karena mungkin Teman-teman menempuh perjalanan yang jauh tanpa beristirahat. Ketika suhu pada mesin terlalu tinggi bisa berakibat oli menguap dan bahkan bisa terjadi kebocoran.

motor, matic, suzuki mio, honda beat, honda vario, nmax, pcx,

Demikian beberapa cara mengatasi motor matic kehabisan oli mesin yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang cara mengatasi motor matic yang kehabisan oili mesin, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi motor matic yang kehabisan oli mesin ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Mengatasi Motor Matic Kehabisan Oli Mesin"