Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat, Dengan Soda Api Juga

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat ini bisa membantu teman-teman jika mengalaminya. Karena kondisi pipa paralon tersumbat bisa mengganggu aktifitas di rumah. Sebenarnya masalah ini terjadi karena beberapa hal. Bahkan bisa terjadi karena seseorang memiliki kebiasaan yang kurang baik tanpa dia sadari. 

pipa, paralon, saluran air, pdam

Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah sering membuat bungkus makanan ke pipa paralon. Terkadang ada juga yang membiarkan pipa wastafelnya tergenang air tanpa segera memperbaikinya. Kondisi ini hanya akan membuat pipa semakin tersumbat dan bahkan bisa sampai bocor.

Ketika kondisi ini semakin parah, pastinya akan menyita banyak waktu. Teman-teman juga tidak bisa beraktivitas dengan nyaman. Ada beberapa penyebab umum yang mengakibatkan pipa paralon tersumbat. Beberapa penyebab umum tersebut yaitu:

  • Sampah makanan
  • Endapan sabun
  • Endapan kotoran atau lumpur

Ketiga masalah di atas itulah yang kerap membuat pipa menjadi tersumbat. Mungkin di awal Teman-teman tidak menyadarinya karena memang ketiganya perlahan-lahan akan membuat pisa tersumbat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pipa akan semakin lama semakin mampet dan bahkan benar-benar buntu.

Solusi Mengatasi Pipa Paralon Mampet

1. Gunakan Tali

Teman-teman bisa mengatasi pipa paralon tersumbat hanya menggunakan tali. Caranya adalah dengan membuat gulungan plastik dengan ukuran sedang. Ukurannya harus Teman-teman sesuaikan dengan diameter pada paralon dan pastikan bahwa gulungan tersebut bisa masuk ke pipa dengan bebas. Ikat gulungan plastik tersebut dengan tali. Untuk panjang talinya sendiri pastikan bisa menjangkau ujung paralon.

Sebelum Teman-teman mulai memasukkan gulungan tersebut, sebelumnya aliri pipa paralon dengan air kurang lebih 1 menit. Kemudian Teman-teman bisa mulai memasukkan gulungan plastik ke dalam pipa. Ketika gulungan tersebut sudah dirasa mencapai ujung paralon, tarik secara perlahan-lahan sampai keluar. Nanti kotoran akan ikut terangkat. 

Bagi Teman-teman yang ingin menggunakan cara ini, pastikan bahwa tali yang Teman-teman gunakan benar-benar kuat. Selain itu, cara ini bisa Teman-teman terapkan pada pipa paralon dengan struktur yang tegak lurus.

2. Gunakan Garam dan Baking Soda

Ternyata garam bukan hanya bisa Teman-teman gunakan untuk membuat masakan menjadi lebih nikmat. Namun ternyata bisa juga Teman-teman gunakan untuk tetap menjaga kebersihan pipa paralon. Cara yang harus Teman-teman lakukan adalah dengan menuangkan garam dan sedikit baking soda ke pipa. Kemudian Teman-teman siram dengan air panas sebanyak kurang lebih 2 liter.

3. Menggunakan Soda Api

Sudah bukan rahasia lagi jika soda api bermanfaat untuk mengatasi pipa paralon yang tersumbat. Bahkan dalam kemasannya pun terdapat informasi secara jelas mengenai fungsi dari soda api. Dengan kandungan kimia yang ada di dalamnya, soda api mampu menghancurkan kotoran yang menyebabkan pipa mampet.

Soda api juga dikenal dengan Natrium Hidroksida. Adapun cara menggunakan soda api adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air panas. Tujuannya adalah untuk memicu reaksi dari soda api agar lebih efektif
  • Sebelum mulai menuangkan soda api, Saya menyarankan agar Teman-teman memakai sarung tangan serta masker. Tujuannya untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kulit yang terkena soda api bisa iritasi dan bahkan melepuh
  • Sekarang Teman-teman harus menuangkan soda api secara perlahan-lahan ke dalam pipa. Selanjutnya Teman-teman tuangkan air panas tersebut. Tuangkan secara perlahan dalam jumlah sedang
  • Lakukan cara ini secara berulang selama beberapa kali
  • Ketika melakukan cara ini, Saya menyarankan agar wastafel tersebut tidak Teman-teman gunakan selama 5 sampai dengan 6 jam. Ini dilakukan agar soda api benar-benar bisa bekerja secara efektif untuk menghancurkan kotoran

Demikian cara sederhana untuk mengatasi pipa paralon yang tersumbat. Sekarang Teman-teman bisa memulainya dengan cara yang paling sederhana. Semoga cara ini bisa membantu.

Posting Komentar untuk " 3 Cara Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat, Dengan Soda Api Juga"