Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di OS Windows

Flashdisk adalah media penyimpanan yang masih sangat dibutuhkan. Alasannya karena flashdisk memiliki ukuran yang kecil sehingga kita bisa membawanya ke mana saja. Flashdisk juga terkadang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menyimpan file-file yang kita butuhkan atau bisa juga sebagai tempat untuk backup file.

flashdisk, windows, flashdisk error,

Akan tetapi, ada masa di mana flashdisk mengalami masalah. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Jika hal ini terjadi, maka teman-teman perlu memperbaikinya melalui beberapa cara yang akan saya berikan di bawah ini.


1. Cek Port USB

Cara pertama untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca adalah dengan mengecek port USB yang ada di laptop maupun komputer. Kemungkinan port USB yang akan teman-teman gunakan untuk menancapkan flashdisk mengalami kerusakan. Ini membuat flashdisk tidak bisa dibaca. 

Solusinya pun sangat mudah. Sekarang teman-teman coba colokkan flashdisk ke port USB lainnya. Sudah tentu laptop dan komputer memiliki beberapa port USB. Jika ternyata berhasil, maka permasalahannya ada pada port USB tersebut. 


2. Cek Flashdisk

Selain mengecek port USB, teman-teman juga perlu melakukan pengecekan terhadap flashdisk. teman-teman bisa mengecek apakah flashdisk kondisinya bagus atau malah rusak. Jika flashdisk rusak, maka sudah tentu tidak bisa teman-teman gunakan karena tidak bisa dibaca. Caranya pun masih memanfaatkan port USB.

Gunakan flashdisk lain dan coba masukkan ke port USB yang sama. Jika ternyata flashdisk tersebut berfungsi dan flashdisk tidak, maka masalah bisa terjadi pada flashdisk. 


3. Scan dan Repair Drive

Bagi yang belum tahu, sistem operasi Windows memiliki fitur yang bisa teman-teman gunakan untuk mengecek kondisi sebuah Drive. Pemindaian yang dilakukan oleh flashdisk tersebut untuk mengtahui masalah yang terjadi pada flashdisk sekaligus akan memperbaikinya. Jadi, ketika Windows menemukan bahwa flashdisk bermasalah, sistrem Windows akan langsung mengatasinya.

Biasanya yang menyebabkan kerusakan pada flashdisk adalah virus. Untuk memanfaatkan fitur Windows tersebut, caranya yaitu:

• Hubungkan flashdisk ke port USB

• Kemudian klik kana di simbol Windows lalu teman-teman pilih Disk Manajement

• Silakan memilih Disk Flash yang teman-teman gunakan. Jika flashdisk berada di Drive E, maka kmau harus memilih Drive E

• Langkah selanjutnya adalah silakan klik kanan, kemudian pilih Properties

• Teman-teman akan diarahkan ke jendela baru. Di sini teman-teman tinggal mengklik Tools dan pilihlah Check

• Langkah terakhir, teman-teman bisa langsung melakukan Scan and Repair Drive

• Tunggu beberapa saat sampai proses selesai


4. Format Flashdisk

Jika sudah menggunakan cara di atas namun masih belum berhasil, maka flashdisk mungkin perlu diformat. Tentunya cara ini akan menghilangkan berbagai file yang ada di dalam flashdisk. Namun cara ini dinilai lebih efektif karena mungkin saja flashdisk saat ini sudah penuh dengan virus.

Untuk format flashdisk sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa teman-teman pilih. teman-teman bisa memformatnya melalui CMD, Disk Management, atau bahkan bisa langsung klik kanan pada flashdisk tersebut.


Bagi teman-teman yang ingin memformat flashdisk melalui CMD, caranya yaitu:

• Buka CMD

• Pastikan teman-teman mengetahui letak flashdisk. Kita asumsikan flashdisk ada di E

• Langkah selanjutnya, masukkan perintah FORMAT E: /FS:FAT dan tekan Enter

• Proses format flashdisk sedang berlangsung dan tunggu sampai selesai


Sementara untuk format flashdisk melalui Disk Management yaitu:

• Tekan Windows + X

• Akan muncul beberapa pilihan, silakan pilih Disk Management

• Kita asumsikan bahwa flashdisk berada di Drive F. Pastikan teman-teman memilih Drive yang benar. Klik kanan pada Drive flashdisk tersebut dan pilih Format

• Klik Yes

Demikian informasi seputar cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Semoga artikel ini mampu menjadi solusi dan membuat flashdisk bisa terbaca kembali.

Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih efektif untuk mengatasi flashdisk yan tidak terbaca, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini. 

 

Posting Komentar untuk "4 Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di OS Windows"