Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara mengatasi cartridge printer tidak terdeteksi

Cartridge yang tidak terdeteksi atau tidak bisa terbaca pasti membuat siapa pun kesal. Apalagi ketika waktu itu memang harus segera mencetak banyak dokumen karena dikejar deadline. Cartridge merupakan salah satu bagian printer yang berperan mengalirkan tetesan tinta. Tinta tersebut akan membentuk objek dengan menyesuaikan objek yang Teman-teman cetak baik melalui komputer maupun laptop.

printer, epson. canon, hp, brother

Akan tetapi, ketika cartridge tidak tedeteksi maka tentunya Teman-teman tidak bisa mencetak file yang Teman-teman inginkan. Maka dari itu, Teman-teman harus segera memperbaiki masalah ini agar cartridge tersebut bisa kembali terdeteksi oleh printer. Bagaimana caranya? saya akan menjelaskannya di bawah ini.

1. Reset Manual

Cara pertama untuk mengatasi cartridge yang tidak terdeteksi adalah dengan melakukan reset manual. Ini merupakan langkah yang harus Teman-teman lakukan pertama kali ketika mengetahui bahwa cartridge tidak terdeteksi. Jika tidak terjadi kerusakan apa pun, maka cartridge akan terdeteksi kembali. Namun jika ternyata cartridge masih tidak terbaca, kemungkinan ada masalah pada printermu. Jadi, Teman-teman bisa melanjutkan ke cara selanjutnya.

2. Memperbaiki Posisi Cartridge

Cara kedua adalah dengan memperbaiki posisi cartridge. Mungkin sebelumnya Teman-teman tidak menyadari bahwa posisi cartridge berubah dari posisi biasanya. Kondisi ini bisa saja terjadi ketika printer digunakan secara terus-menerus. Akibatnya, posisi cartridge tersebut berubah dan membuatnya tidak bisa terbaca oleh printer.

Jadi, Teman-teman cukup mengubah posisi cartridge tersebut seperti semula. Teman-teman harus melepaskan cartridge terlebih dahulu. Kemudian Teman-teman pasangkan kembali. Jangan lupa untuk memastikan bahwa posisi cartridge memang sudah sesuai. Teman-teman harus melakukan cara ini dengan hati-hati agar posisi cartridge tidak bergeser lagi.

3. Mengecek Chip Head

Cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi juga bisa Teman-teman lakukan dengan melakukan pengecekan terhadap chip head. Sekadar informasi bahwa ini adalah bagian dari head. Letaknya berada di bawah cartridge dan memiliki peran yang sangat penting sehingga jangan sampai chip head mengalami masalah.

Teman-teman harus selalu menjaga kondisi chip head agar tetap bersih. Apalagi jika printer memang sering digunakan untuk mencetak file dalam jumlah banyak setiap hari. Maka dari itu, Teman-teman harus melakukan pengecekan secara rutin dan pastikan bahwa kondisi cartridge selalu bersih. Masalah cartridge yang tidak terdeteksi biasanya karena kondisi chip head yang kotor atau bisa karena terkena tinta pada saat pengisian.

Untuk membersihkannya sangat mudah. Teman-teman bisa menggunakan tisu kering. Teman-teman harus berhati-hati ketika membersihkan. Dengan membersihkannya secara rutin, Teman-teman bisa terhindar dari masalah cartridge yang tidak terdeteksi.

4. Cartridge Rusak Total

Jika ketiga solusi di atas ternyata belum mampu mengembalikan kondisi cartridge, maka kemungkinan cartridge yang ada di printer sekarang ini sudah rusak. Jika hal ini terjadi, tentu saja Teman-teman tidak bisa melakukan apa pun selain menggantinya. Jadi, Teman-teman harus mengganti cartridge dengan cartridge yang baru.

Tentu saja harga cartridge cukup mahal sehingga pastikan Teman-teman sudah menyiapkan dananya. Teman-teman bisa menemukan cartridge di toko-toko komputer yang ada di sekitar tempatmu. Pastikan Teman-teman menggunakan cartridge ori dan baru. Jangan sampai tergiur oleh harga cartridge yang lebih murah dibandingkan harga biasanya.

Seperti yang Teman-teman tahu bahwa memperbaiki masalah cartridge  bukan hal yang terlalu sulit. Teman-teman bisa mulai dari cara yang paling awal sampai nanti melakukan pergantian cartridge. 

Demikian informasi tentang cara mengatasi cartridge tidak terdeteksi. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait cara mengatasi cartridge printer tidak terdeteksi, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang mengatasi cartridge printer yang tidak terdeteksi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 4 Cara mengatasi cartridge printer tidak terdeteksi"