Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kualitas Grafis Laptop Windows 10

Meningkatkan grafis laptop akan membantu teman-teman untuk menghasilkan tampilan gambar pada laptop yang lebih bagus. Pada prinsipnya, semakin tinggi performa grafis pada laptop maka kualitas gambar yang dihasilkan juga akan semakin bagus dan halus. 

grafis laptop, laptop, windows 10,

Kondisi tampilan gambar pada layar laptop yang bagus tentu akan membuat teman-teman semakin nyaman ketika melihat laptop. Baik itu untuk bekerja, bahkan untuk hiburan seperti main game dan juga nonton film. 

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman gunakan untuk meningkatkan kualitas grafis pada laptop. Beberapa telah saya ulas dalam artikel ini, yang bisa teman-teman terapkan juga. 


Memperbarui perangkat lunak dari komponen laptop

Perlu teman-teman ketahui bahwa komponen perangkat keras laptop seperti kartu grafis (VGA) atau juga prosesor dilengkapi dengan software bawaan.

Dimana software ini biasanya memiliki fungsi untuk pengaturan hingga mengetahui kondisi perangkat atau komponen tersebut.

Terutama pada VGA dan juga prosesor, dimana dua komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas gambar pada laptop teman-teman.

Yang perlu teman-teman lakukan adalah melakukan cek kondisi software masing-masing komponen tersebut, apakah tersedia versi terbaru apa tidak. Jika tersedia software versi terbarunya, maka segera lakukan update software komponen ini.

Update software ini termasuk salah satu bentuk dukungan dari penyedia komponen tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan performa dari komponen VGA atau prosesor pada laptop teman-teman. 


Jangan buka aplikasi yang tidak penting

Selain melakukan update software, hal penting lain yang harus teman-teman lakukan adalah dengan membatasi membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Dengan banyak membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan bisa berakibat pada performa laptop. 

Perlu diketahui bahwa setiap aplikasi yang teman-teman jalankan di laptop memerlukan memori (RAM) untuk menjalankannya. Sementara jumlah atau kapasitas RAM pada laptop terbatas.

Sehingga wajar saja jika performa atau kualitas gampar pada laptop menurun saat membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Ini karena kapasitas RAM juga kan berkurang banyak.


Optimasi storage / penyimpanan

Berikutnya yang harus teman-teman perhatikan yaitu pada komponen penyimpanan pada laptop. Hal ini juga akan memberikan pengaruh pada performa tampilan laptop teman-teman.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis komponen penyimpanan pada laptop. Komponen tersebut adalah HDD (Hard Disk) dan SSD (Solid State Drive). Dimana SSD merupakan komponen penyimpanan dengan teknologi terbaru yang memiliki kecepatan hingga 10 kali lipat dari HDD.

Nah, jika laptop teman-teman sudah menggunakan SSD maka bisa jadi performa laptop akan lebih cepat. 

Namun ketika laptop masih menggunakan HDD, teman-teman bisa saja menggantinya dengan SSD. Namun harganya juga lebih mahal dari HDD.

Untuk HDD sendiri teman-teman bisa meningkatkan performanya dengan secara rutin melakukan defrag. Caranya teman-teman tinggal mengetikan "defrag" pada pencarian windows 10.


Pengaturan baterai laptop

Baterai laptop sebenarnya bisa juga mempengaruhi performa tampilan gambar laptop teman-teman. Ini karena pengaturan baterai laptop digunakan untuk mengehemat daya.

Salah satu yang dapat melakukan pemborosan daya listrik laptop yaitu dari tampilan gambar pada laptop. Jadi wajar, jika pengaturan hemat daya baterai laptop ini diaktifkan, maka performa tampilan gambar juga bisa mengalami penurunan.

Solusinya, teman-teman bisa melakukan pengaturan ulang pada baterai laptop sebelum nge-game atau nonton film agar tampilan gambar yang dihasilkan juga bisa lebih baik.


Menggunakan efek standar windows 10

Perlu teman-teman ketahui baik windows 10 atau versi sebelumnya memiliki tampilan standar yang tidak terlalu membebani laptop. 

Misalnya tampilan tema, taksbar, dan sebagainya. Semakin bagus tampilan temanya, maka akan mengurangi performa tampilan gambar pada laptop. Sehingga untuk meningkatkan performa gambar pada laptop, coba untuk melakukan pengaturan ulang agar tampilan tema, warna, dan sebagainya pada windows 10 kembali pada pengaturan standar (default).

Demikian informasi tentang cara meningkatkan tampilan gambar atau layar laptop yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi terkait artikel ini, bisa juga disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan kualitas tampilan gambar pada laptop ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " Cara Meningkatkan Kualitas Grafis Laptop Windows 10"