Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Jengkol Yang Akan Dimasak

Menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak merupakan tahapan penting yang harus dilakukan agar semua orang bisa makan jengkol dengan nikmat tanpa takut bau mulut. Bau jengkol bagi sebagian orang dianggap sangat mengganggu. 

jengkol, semur jengkol, foto jengkol, gambar jengkol,

Namun sebagian orang yang selainnya tidak pernah mempermasalahkan bau jengkol yang tidak sedap. Bahkan jengkol juga dianggap sebagai makanan tak tergantikan karena memiliki tekstur dan rasa yang khas.

Meski jengkol memiliki bau yang tak sedap, bukan berarti karena bau ini membuat orang tidak berminat untuk mengkonsumsinya. Karena ada cara untuk memasak jengkol agar tidak bau, sehingga jengkol bisa dinikmati siapapun tanpa harus khawatir akan bau setelah memakannya. 


Merendam Jengkol dengan air kapur 


Salah satu cara yang paling banyak digunakan orang untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan merendam jengkol dengan air kapur sirih. Proses perendaman jengkol dengan air kapur sirih ini tidak sebentar, karena membutuhkan waktu sekitar semalaman untuk menghilangkan bau jengkol yang menjengkelkan. 

Setelah proses perendaman jengkol dengan air kapur sirih, kemudian cuci jengkol yang telah direndam dengan air bersih. Setelah itu jengkol bisa dimasak dan hasilnya tidak bau seperti jengkol pada umumnya. 


Menambahkan daun salam saat merebus


Daun salam memang memiliki riwayat sebagai daun yang digunakan sebagai bumbu dapur sejak dulu. Ini termasuk penggunaan daun salam dalam menghilangkan bau jengkol.

Jadi saat merebus jengkol, bisa menambahkan daun salam selama proses merebus ini. Jumlah daun salam yang direbus bersamaa dengan jengkol juga disesuaikan dengan jumlah jengkol yang direbus. 

Cara ini dianggap sangat efektif dalam menghilangkan bau jengkol. Sehingga orang yang awalnya tidak suka jengkol akan bisa memakannya karena tanpa memiliki efek samping bau mulit.

Tambahkan abu gosok saat merebus jengkol

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol yang tidak sedap adalah dengan merebusnya dengan air. Saat proses merebus jengkol ini bisa ditambahkan abu gosok untuk menghilangkan bau jengkol.

Abu gosok dipercaya bisa membantu dalam proses menghilangkan bau jengkol yang tidak sedap. Namun setelah proses merebus jengkol dengan air dan abu gosok ini, pastikan untuk mencuci kembali jengkol karena jengkol akan kotor terkena abu gosok.


Menambahkan jeruk purut saat merebus jengkol


Perlu diketahui bahwa daun jeruk purut memiliki aroma sedap yang khas dan sangat kuat. Aroma jeruk purut ini biasa digunakan untuk penyedap masakan. 

Karena ampuh untuk mempengaruhi aroma masakan, jeruk purut juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau jengkol yang tidak sedap. 

Untuk menghilangkan bau jengkol dengan jeruk purut ini cukup mudah yaitu rebus jengkol dengan air bersih. Kemudian saat proses merebus jengkol ini bisa ditambahkan dengan irisan atau tumbukan daun jeruk purut. 


Menambahkan daun jambu biji saat merebus jengkol


Daun jambu biji ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk menghentikan diare. Daun jambu biji ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau jengkol yang tidak sedap. Sama seperti cara sebelumnya, yang perlu dilakukan adalah dengan merebus jengkol dengan air bersih. Kemudian saat air telah mendidih, maka tambahkan daun jambu biji yang telah di iris atau ditumbuk sebelumnya. 

Demikian cara memasak jengkol agar tidak bau yang bisa dibagikan dalam artikel. Jika teman-teman pembaca memiliki cara lain yang lebih ampuh, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang jengkol ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Jengkol Yang Akan Dimasak"