Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fungsi utama sitemap pada sebuah website

Sitemap adalah bagian yang penting dari sebuah wesbite, namun banyak orang yang mengabaikan untuk membuat sitemap yang baik untuk websitenya. 

website, blog, sitemap, peta situs, google, webmaster tools

Dengen mengatahui seberapa pentingnya sitemap ini, akan bisa membuka pikiran orang-orang bahwa ternyata sitemap memiliki pengaruh yang sangat besar bagi suatu website.

Untuk navigasi

Peta situs atau sitemap secara harfiah berfungsi sebagai navigasi suatu website agar mudah digunakan. Jika pengunjung menjelajahi situs dan tersesat di antara ribuan laman di situs, maka mereka bisa menggunakan sitemap untuk melihat di mana mereka berada, dan menavigasi halamanan website dengan sangat mudah.

Menyampaikan tema website

Saat pengunjung memuat peta situs atau sitemap, mereka akan mendapatkan inti dari situs dalam waktu yang sangat singkat. Tidak perlu mendapatkan "gambaran besar" dari situs dengan membaca setiap halaman, dan dengan melakukan itu akan menghemat waktu pengunjung dalam mengakses konten website.

Optimasi website

Saat membuat sitemap, sebenarnya akan membuat satu halaman yang berisi link ke setiap halaman di website. Bayangkan apa yang terjadi ketika robot mesin pencari membuka halaman ini, maka robot akan mengikuti link di peta situs dan secara alami setiap halaman situs diindeks oleh mesin pencari. Untuk tujuan ini juga link pada sitemap harus ditempatkan secara jelas di halaman depan website.

Kategori dan relevansi konten

Sitemap memungkinkan pemilik website memiliki tampilan menyeluruh dari struktur website, dan kapan pun mereka perlu menambahkan konten baru atau bagian baru, maka dapat mempertimbangkan hierarki yang ada hanya dengan melihat peta situs atau sitemap. Hasilnya, mereka akan memiliki website yang terorganisir dengan sempurna dengan segala sesuatunya diurutkan sesuai dengan relevansinya.

Dari beberapa alasan di atas, maka yang paling penting untuk mengimplementasikan sitemap untuk website dengan baik. Melalui cara ini, akan dapat menjaga agar website agar mudah diakses dan diatur dengan rapi untuk digunakan oleh semua orang.

Demikian informasi tentang sitemap website yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika memiliki informasi tembahan tentang sitemap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang sitemap website ini bisa memberikan manfaat bagi semua orang yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Fungsi utama sitemap pada sebuah website"