Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian perundungan dan bentuk perilakunya

Perundungan dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan dapat sangat merusak anak-anak baik secara fisik maupun emosional. Perundungan adalah keinginan seorang anak untuk menyakiti, mengancam, mengintimidasi, atau mempermalukan anak lain. 

bullying, perundungan, cyber bullying, penindasan, bullying anak,

Perundungan bisa lebih dari sekadar menyebut atau menjelekan nama,dan bahkan telah berpindah ke komputer dan ponsel. Perundungan dapat bersifat fisik, emosional, tertulis, verbal, dan bahkan seksual. Mengetahui berbagai cara anak-anak dapat menindas satu sama lain akan membantu mengidentifikasi dan menghentikan perundungan.

Perundungan fisik


Perundungan fisik adalah ketika seorang anak secara sengaja melukai anak lain secara fisik dan dengan maksud untuk melecehkan, menakut-nakuti, atau mempermalukan mereka.

Memukul, menendang, dan mendorong serta ancaman kekerasan fisik adalah semua cara yang dilakukan anak-anak dalam perundungan fisik.

Kadang-kadang seorang anak akan menuntut uang atau barang-barang lain sebagai akibat dari perundungan. Anak laki-laki lebih sering menggunakan jenis perundungan ini karena mereka biasanya lebih agresif daripada anak perempuan. Perundungan fisik dapat berdampak buruk pada korban jika tidak segera dihentikan.

Perundungan verbal


Perundungan verbal adalah bentuk perundungan umum lainnya dan anak perempuan lebih rentan untuk melakukan perundungan semacam ini. Perundungan verbal terjadi ketika anak-anak memanggil nama orang lain, menyebarkan rumor atau saling mengkritik tanpa henti.

Meskipun intimidasi verbal tidak membahayakan fisik, hal itu tetap dapat membuat trauma anak-anak dan menyebabkan mereka kehilangan harga diri, menjadi depresi, dan kehilangan minat pada teman dan aktivitas. Efek ini dapat menyebabkan banyak kerusakan pada anak, dan bahkan mempengaruhi mereka dalam jangka panjang.

Perundungan tertulis


Perundungan tertulis terjadi dalam bentuk teks cetak, maupun di internet seperti social media hingga percakapan online (chat).

Dulu menyebarkan catatan dan gambar yang kejam adalah satu-satunya bentuk intimidasi tertulis tetapi saat ini, karena internet membuat penyebaran informasi begitu mudah, intimidasi tertulis menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Anak-anak akan menulis hal-hal yang merendahkan tentang korban mereka secara online agar dapat dilihat oleh seluruh dunia.

Mereka juga akan menggunakan chat dan sosial media untuk menyebarkan rumor dan membuat komentar buruk baik kepada anak-anak lain atau korban itu sendiri.

Perundungan emosional


Perundungan emosional adalah bentuk lain dari perundungan dan juga lebih umum di antara anak perempuan. Perundungan emosional termasuk mengecualikan orang lain dari suatu kelompok, menjadikan orang lain korban, dan mengejek mereka.

Setiap komentar atau tindakan yang dimaksudkan untuk menyakiti perasaan orang lain dianggap intimidasi emosional. Jenis intimidasi ini sama seriusnya dengan yang lain karena korban akhirnya menjadi rusak secara emosional. Para korban perundungan emosional sering menyalahkan diri sendiri atas perundungan tersebut dan menderita efek seumur hidup.

Perundungan seksual


Perundungan seksual lebih sering terjadi pada anak yang lebih besar dan termasuk komentar seksual yang tidak diinginkan, rayuan, dan tampilan materi seksual. Perundungan seksual adalah masalah yang sangat serius dan dapat dianggap sebagai pelecehan seksual. Anak-anak yang melakukan intimidasi jenis ini dapat menghadapi konsekuensi serius, dan bahkan dianggap bertanggung jawab secara hukum.


Perundungan dapat terjadi pada siapa saja dan bahkan anak-anak yang tampaknya bisa menyesuaikan diri untuk menindas orang lain. Setiap jenis perundungan adalah serius, dan harus ditangani sebagaimana mestinya. Memahami berbagai jenis perundungan dapat sangat membantu dalam mencegah perundungan dan menghentikannya jika hal itu benar-benar terjadi.

Posting Komentar untuk "Pengertian perundungan dan bentuk perilakunya"