Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian identitas merek dan cara membangunnya

Identitas merek adalah sesuatu janji, yang diberikan suatu bisnis kepada pelanggannya untuk mengharapkan hal-hal tertentu. Baik janji itu berupa kualitas produk, layanan, harga, atau berbagai hal lain dari suatu merek. 

branding, identitas merek, strategi branding

Mengapa merek begitu penting?

Merek yang kuat mampu memposisikan atau memenangkan suatu perusahaan dalam persaingan tertentu. Namun menjadi merek yang kuat juga membutuhkan waktu, uang, dan kerja keras untuk berkembang. 

Ini tidak sesederhana membuat desain logo atau membuat tagline. Identitas merek adalah apa yang ditawarkan bisnis kepada pelanggannya, untuk memilih produk atau layanannya serta pelanggan tidak memilih pesaing bisnisnya.

Pentingnya re-branding dalam bisnis

Re-branding yang berhasil dilakukan dengan evolusi bukan revolusi, intinya melalui proses yang panjang, bukan cara instan. Ini diperlukan untuk membangun kesan yang kuat pada pelanggan lama dan baru. Namun ada juga efek negatif jika gagal mengubah merek, yang dapat merusak ikatan emosional atau loyalitas pelanggan.

Membangun merek dalam pemasaran

Memiliki merek yang menyesuaikan dengan target pasar sangat penting, tetapi juga tidak harus mengorbankan orang-orang internal perusahaan atau bisnis. Orang-orang perusahaan dapat menjadi duta merek untuk bisnis. 

Apakah karyawan mempercayai perusahaan? Apakah mereka merasa menjadi bagian penting dari kesuksesan perusahaan? Perusahaan yang memiliki merek kuat dapat dikatakan mampu menjawab "ya" untuk pertanyaan tersebut.

Membangun merek di internal perusahaan

  • Tahap 1

Letakkan semua elemen perusahaan di tempat yang sama. Ini tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Biarkan semua departemen atau bagian dari perusahaan berbicara dan memahami satu sama lain.

  • Tahap 2 

Jadikan setiap orang sebagai duta merek. Beri setiap orang pemahaman umum tentang perusahaan, tentang misinya dan di mana mereka penting dalam mencapai misi itu. Buat mereka seperti memiliki atau bekerja di perusahaan mereka sendiri.

  • Tahap 3

Memperkuat nilai dan perilaku merek. Untuk melakukan ini, gunakan alat seperti komunikasi internal. Melakukan hal-hal seperti membangun tim yang kuat, sehingga orang-orang di perusahaan memiliki kebanggaan dan ikut berpromosi secara alami.

Karyawan Anda pada akhirnya akan menentukan keberhasilan atau kegagalan. Itulah alasan mengapa sangat penting memiliki karyawan yang menginternalisasi merek perusahaan. 

Namun, tidak harus menggunakan kekerasan. Sebagai pemimpin harus bisa melakukannya tanpa harus memaksa. Bila melakukannya dengan baik dan tanpa memaksa, maka akan memiliki perusahaan dengan suasana yang menyenangkan, dan memiliki brand ambassador yang termotivasi.

Posting Komentar untuk " Pengertian identitas merek dan cara membangunnya "