Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemendek link atau URL shortener S.ID gratis asli Indonesia

Pemendek link atau URL shortener banyak dicari orang karena dapat memberikan nilai efesien ketika harus mencantumkan link atau URL namun URL tersebut terlalu panjang. Link atau URL yang panjang ini biasanya membuat tidak nyaman untuk ditampilkan,selain itu juga tidak mudah untuk diingat.

pemendek url, pemendek link, url shortener, s.id, bit.ly, tinny url


Ada banyak pilihan pemendek link atau URL shortener yang tersedia dan bisa digunakan secara gratis. Termasuk hadirnya pemendek link s.id  yaitu salah satu platform pemendek link yang asli dari Indonesia. 

Mengapa saya mengatakan s.id adalah asli dari Indonesia? Bukan rahasia umum bahwa domain yang digunakan adalah domain asli Indonesia yaitu dot id, dimana untuk mendaftarkan domain itu memerlukan kartu identitas sebagai warga negara Indonesia. 

Ada banyak alasan mengapa seseorang menggunakan platform pemendek link s.id termasuk saya juga yang menggunakan platform ini. Berikut adalah beberpa keuntungan dengan menggunakan platform pemendek link asli dari Indonesia ini.

Link panjang jadi pendek


Sama seperti fungsi awalnya yang digunakan untuk membuat link yang panjang agar tampil lebih pendek, s.id juga demikian dapat teman-teman gunakan untuk memperpendek link agar bisa tampil lebih enak dilihat jika link atau URL lebih pendek.

s.id hanya menggunakan satu huruf saja didepan yaitu huruf s dan diikuti oleh domain id sehingga jika ditotal platform ini hanya menggunakan empat karakter di domain utamanya.

Lebih pendek dari bit.ly


Hanya dengan empat karakter pada domain utama, s.id tentu lebih pendek dibandingkan dengan pemendek link yang sudah terkenal seperti bit.ly atau juga tinny url yang mayoritas adalah platform yang berasal dari luar negeri.

Fitur analytic


Selain fitur utama untuk memendekan link atau URL, platform s.id juga memberikan fitur analytic. Dengan hadirnya fitur analytic pada s.id ini, teman-teman bisa melacak seberapa efektif link tersebut digunakan.

Teman-teman bisa mengetahui seberapa banyak jumlah orang yang berkunjung atau melakukan klik pada link yang dibuat menggunakan platform s.id tersebut. 

Fitur analytic ini biasa digunakan oleh orang-orang yang melakukan digital marketing, untuk melakukan tracking efektifitas link. Biasanya ini dilakukan dalam program afiliasi, untuk mengetahui seberapa efektif suatu channel digital tertentu.

Custom name


Fitur lain yang bisa teman-teman gunakan dari platform pemendek link atau URL adalah teman-teman bisa membuat nama link sesuai dengan yang diinginkan. Jadi di platform s.id ini memberikan kebebasan bagi teman-teman untuk mengatur link, namun jika custom link yang diinginkan tidak tersedia maka harus diubah dengan nama lain yang masih tersedia. Tersedia dalam hal ini maksudnya adalah telah digunakan oleh pengguna platform s.id yang selainnya.

Meski bisa mengatur nama link sesuai yang diinginkan, teman-teman juga bisa menggunakan link bawaan dari platform s.id tersebut. Karena custom url pada platform s.id merupakan opsional saja, yang bisa digunakan dan bisa juga tidak digunakan.

Bisa untuk whatsapp


Biasanya para online shop menggunakan pemendek link dan melakukan custom name untuk nomor whatsapp mereka. Jika teman-teman melihat instagramnya online shop, pada bio ada link yang jika di klik akan mengarah ke nomor whatsapp adminnya.

Nah, disini s.id juga bisa kok untuk digunakan sebagai memperpendek link nomor whatsapp yang nantinya jika diklik akan otomatis melakukan chat pada nomor whatsapp yang dituju.

Demikian informasi tentang platform pemendek link atau URL shortener asli Indonesia. Jika teman-teman memiliki pengalaman menggunakan platform pemendek link ini, bisa juga dibagikan pengalamannya di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

2 komentar untuk "Pemendek link atau URL shortener S.ID gratis asli Indonesia"

  1. Ada lagi mas, Alternatifnya Bitly dengan fitur yang lebih banyak dan tentunya gratis. Made In Indonesia, Namanya Dik.si

    BalasHapus