Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat curriculum vitae (CV) menarik dengan Microsoft Word

Cara mambuat CV yang menarik ini bisa membantu teman-teman dalam pembuatan curriculum vitae dengan mudah dan menarik, hanya dengan menggunakan microsoft word.

Disini saya menggunakan microsoft word 2013, jadi bagi yang menggunakan versi yang selainnya bisa menyesuaikan. Kemudin teman-teman juga perlu menggunakan koneksi internet yang lancar untuk mengakses microsoft word, karena tutorial ini akan mengarahkan ke koleksi template cv yang disediakan oleh microsoft word.


1. Buka microsoft word dan buka menu file

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka CV menarik dengan microsoft word yaitu buka dulu software microsoft word.

Jika microsoft word sudah terbuka, maka buka menu file yang posisinya berada di pojok kiri atas. Setelah menu file dibuka, maka akan terbuka berbagai sub-menu file ini dalam satu halaman khusus.


2. Klik sub menu "new"


Jika halaman menu file sudah terbuka, teman-teman pilih new untuk membuka dan mencari berbagai template curriculum vitae (cv) menarik yang siap untuk teman-teman gunakan.


3. Ketik "resume" pada mencarian new

Setelah halaman "new" terbuka, teman-teman ketik "resume" dikolom pencarian seperti yang ada pada gambar diatas.

Perlu diketahui, CV atau curriculum vitae ini banyak digunakan di Indonesia namun untuk penggunaan desain template, istilahnya adalah resume. Jadi jika mencari template CV online dari luar negeri, coba gunakan kata "resume". 


4. Pilih salah satu template cv

Setelah berbagai pilihan template cv muncul, teman-teman bisa memilih salah satu yang menarik untuk digunakan. 

Disini micirosoft word menyediakan berbagai template cv online yang bisa teman-teman gunakan, tanpa perlu ribet untuk menggunakan software desain grafis.

Jadi yang perlu dilakukan hanya mengedit teks pada template cv microsoft word tersebut.


5. Klik "create" untuk download template cv


Setelah menentukan salah satu pilihan template resume yang akan digunakan, maka teman-teman klik template tersebut. Kemudian akan muncul preview template yang teman-teman pilih.

Untuk download template cv microsoft word ini, teman-teman klik "create" maka otomatis template cv akan dii download dan terbuka dalam halaman microsoft word.


6. Edit template cv sesuai biodata 


Setelah template cv telah di download, maka teman-teman bisa menyunting (edit) template tersebut sesuai dengan biodata masing-masing.

Jadi di template cv tersebut sudah ada teks berbahasa Inggris, jadi teman-teman tinggal menghpaus dan menggantinya dengan biodata teman-teman sendiri.


7. Simpan CV /  Curriculum vitate


Setelah file curriculum vita telah selesai di edit dan siap digunakan, maka teman-teman bisa menyimpannya dalam bentuk pdf atau juga format microsoft word (.docx)

Caranya tinggal masuk menu file, lalu setelah muncul halaman menu file, teman-teman pilih sub menu "save as" dan muncul kotak dialog seperti pada gambar.

Untuk CV versi file, biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan online baik melalui email atau website lowongan pekerjaan.


8. Print CV / Curriculum vitate


Selain itu, teman-teman juga bisa langsung print cv yang telah dibuat. Biasanya cv versi cetak ini digunakan atau dibawa saat wawancara pekerjaan.

Demikian tutorial tentang cara membuat curriculum vitae (cv) yang menarik melalui microsoft word yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman ada yang perlu ditanyakan bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya buat ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Selamat mencoba teman!

1 komentar untuk " Cara membuat curriculum vitae (CV) menarik dengan Microsoft Word"