Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Fungsi Google Search Mulai Jadwal Sholat Hingga Skor Bola

Fungsi Google yang utama memang sebagai mesin pencarian online, namun ada lima belas fungsi google yang selainnya mulai dari jadwal sholat, statistik covid-19 hingga update skor sepak bola.

Berikut saya telah mengulas fungsi google selain mesin pencari. Sebenarnya ada sangat banyak, namun dalam kesempatan ini saya mengulas 15 fungsi Google. Jadi kedepan akan saya coba untuk melakukan update untuk fungsi google yang selainnya.


Jadwal Sholat

Jika teman-teman bingung untuk menentukan waktu sholat, karena berada di daerah atau lokasi baru maka bisa menggunakan google untuk menentukan kapan waktu sholat yang akurat.

Caranya cukup mengetikan jadwal sholat di kotak pencarian google, disitu nanti akan muncul jadwal sholat yang akurat untuk hari ini. Selain itu Google juga akan menampilkan jadwal sholat selama tiga puluh hari kedepan untuk sholat lima waktu.

Dalam hal ini Google menggunakan data yang bersumber dari Kementrian Agama Republi Indonesia, sehingga bisa dipastikan bahwa jadwal sholat lima waktu yang ditampilkan akurat.


Statistik Covid 19

Google juga membantu masyarakat untuk memantau perkembangan pandemi covid-19.  Teman-teman cukup mengetikan kata kunci "statistik covid 19" di kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan statitistic covid 19 terbaru.

Disini teman-teman bisa memantau perkembangan covid-19 terbaru baik secara global, di Indonesia, atau masing-masing daerah di Indonesia.


Skor Sepak Bola

Bagi penggembar sepak bola, jika tidak sempat menyaksikan tim kesayangannya bertanding pasti juga ingin memantau bagaimana skor yang didapatkan tim yang bertanding.

Untuk keperluan ini, Google juga memiliki fungsi untuk menampilkan skor pertandingan sepak bola baik untuk tingkat lokal, nasional, bahkan global. Jadi tidak perlu khawatir tidak update skor, bahkan teman-teman bisa melakukan update langsung saat pertandingan sedang berlangsung.


MotoGP

Tidak hanya untuk melakukan update skor sepak bola, fungsi google juga termasuk update balapan MotoGP. Jadi bagi  penggemar MotoGP bisa melakukan update balapan di Google dengan memasukan kata kunci "MotoGP Winner", kemudian Google akan menampilkan hasil balapan terbaru.

Disini tidak hanya menampilkan hasil balapan MotoGP terbaru, tapi juga menampilkan hasil balapan sebelumnya di sirkuit yang lain.  Disini Google menampilkan urutan mulai dari yang terdepan hingga yang paling belakang dengan catatan waktu yang dicapai serta poin masing-masing peserta balapan.


Pergerakan Harga Saham

Para investor saham juga perlu melakukan pemantauan saham perusahaan yang tergabung di Bursa Efek Indonesia. Caranya cukup mengetikan kode perusahaan yang terdaftar di BEI pada kotak pencari Google, maka google akan menampilkan harga saham terbaru untuk saat ini hingga grafik saham beberapa tahun sebelumnya.

Jadi bagi teman-teman yang sedang bermain saham, bisa memantau saham yang dibeli atau yang aka dibeli melalu Google.


Nilai Tukar  Mata Uang Global


Di bidang ekonomi fungsi Google tidak hanya untuk memantau pergerakan harga saham, tapi juga untuk memantau pergerakan nilai tukar mata uang global.

Jika teman-teman ingin mengetahui berapa nilai tukar mata uang suatu negara dengan negara lain pada saat ini, bisa langsung mengetikan dua mata uang yang ingin dibandingkan. Disitu nanti akan muncul berapa nilai mata uang saat ini dan bagaimana pergerakan nilai tukarnya baik untuk saat ini hingga waktu sebelumnya.

Nutrisi makanan  (buah dan sayuran)


Fungsi Google yang selainnya termasuk untuk mengetahui kandungan gizi bahan pangan  seperti buah-buahan hingga berbagai jenis sayur.

Teman-teman cukup memasukan nama bahan makanan di kotak pencarian google. Disini bisa menggunakan nama bahan makanan dengan bahasa Indonesia atau juga bahasa Inggris. Maka Google akan menampilkan fakta nutrisi dari bahan makanan tersebut. 

Nutrisi yang dihitung oleh google yaitu yang terkandung dalam 100 gram bahan pangan tersebut. Ini juga termasuk akurat, karena sumber data yang disampilkan oleh Google berasal dari Kementarian Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Rekomendasi Fim Terbaru



Buat teman-teman yang sedang bosen dirumah dan ingin hiburan seperti nonton film. Fungsi Google yang satu ini juga perlu dicoba, yaitu rekomendasi film terbaru yang bisa teman-teman saksikan di bioskop. Film rekomendasi google ini termasuk film luar negeri dan juga film produksi Indonesia.

Meski ada beberapa yang mungkin sudah tidak tayang dibioskop, google juga merekomendasikannya karena waktu tayangnya belum satu tahun. Teman-teman bisa menyaksikan film ini di layanan streaming film online dan juga bisa menyewa film di Google Play Store.

Rekomendasi Lagu Terbaru


Selain film, Google juga bisa menampilkan rekomendasi lagu-lagu yang baru dirilis oleh penyanyinya. Seperti saat artikel ini ditulis, lagu terbaru yang direkomendasikan google seperti Penipu Cinta yang dinyanyikan oleh Jaz, hingga lagu teristimewa oleh Raisa.

Jadi tidak perlu bosan karena tidak ada hiburan, coba mengetikan kata kunci "lagu terbaru" di kotak pencarian Google maka akan muncul rekomendasi lagu terbaru yang teman-teman inginkan.

Cuaca Terkini dan Prediksi


Teman-teman juga bisa mengetahui cuaca didaerah teman-teman berada saat ini. Tidak hanya mengetahui cuaca, teman-teman juga bisa melihat berapa suhu udara yang terjadi saat ini. 

Caranya teman-teman tinggal mengethikan kata kunci "cuaca" atau "weather" di kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan kondisi cuaca dan suhu udara yang terjadi pada saat ini.
Tidak hanya itu, teman-teman juga bisa mengetahui prediksi cuaca yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang.

Pengertian sesuatu



Fungsi Google yang satu ini bisa menjadi solusi jika teman-teman tidak mengetahui arti sesuatu baik itu barang, istilah, tempat, dan sebagainya.

Jadi cukup mengetikan istilah atau kata yang tidak diketahui kemudian ditambahkan dengan kata "adalah" maka google akan menampilkan pengertian dari istilah atau kata yang tidak teman-teman pahami.

Konversi ukuran suhu


Ada beberapa satuan suhu misalnya celcius, fhrenheit, reamur, kelvin. Ini cukup membingungkan untuk menghitung perbandingannya. Untuk membantu teman-teman agar tidak bingung dalam menghitung perbandingan antar satuan suhu, yaitu dengan memberikan fitur atau fungsi perbandingan suhu.

Teman-teman tinggal mengetikan kata kunci dua satuan suhu yang akan dibandingkan, maka google akan menampilkan kalkulator untuk menghitung suhu otomatis. 

Konversi Ukuran Panjang


Selain satuan suhu, Google juga bisa digunakan untuk menghitung perbandingan satuan panjang seperti mengubah ukuran centimeter menjadi ukuran meter.

Caranya cukup memasukan dua satuan yang ingin dibandingkan di kotak pencarian Google, kemudian Google akan menampilkan kalkulator untuk perbandingan satuan panjang ini. Teman-teman bisa mengganti angka yang ditampilkan di kalkulator satuan panjang ini, tentu angkanya disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman.

Kalkulator Online


Jika teman-teman tidak memiliki alat kalkulator analog atau jug tidak memiliki software kalkulator, jangan bingung karena Google telah menyediaka kalkulator online untuk teman-teman gunakan secara gratis.

Cukup mengetikan kata kunci "kalkulator" maka Google akan menampilkan kalkulator online yang siap untuk digunakan untuk menghitung angka.

Rekomendasi Berita (Nasional dan Global


Jika membuka aplikasi Google melalui smartphone, tentunya teman-teman akan menemukan rekomendasi berita terbaru dibawah kotak pencarian Google. 

Berita yang direkomendasikn oleh Google ini berasal dari situs berita online ternama dan terpercaya baik itu situs berita online lokal Indonesia atau juga global. Jadi teman-teman tidak perlu merasa kurang update terhadap apa yang terjadi di Indonesia atau di Dunia, karena google menyediakan bacaan aktual dari situs berita terpercaya.

Nah itu adalah 15 fungsi Google selain untuk pencarian online yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan atau jika ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Seperti yang saya tuliskan diawal artikel ini, bahwa masih banyak fungsi google yang selainnya yang bisa di eksploari namun disini saya hanya menuliskan 15 saja. Jadi kedepan saya akan melakukan update fungsi Google yang selainnya untuk teman-teman ketahui.

Semoga artikel tentang fungsi google ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "15 Fungsi Google Search Mulai Jadwal Sholat Hingga Skor Bola"