Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat buah belimbing mulai kulit cantik hingga pernapasan

Manfaat kesehatan dari belimbing termasuk mendukung perawatan kulit, menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, menyeimbangkan tekanan darah, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan metabolisme, mengendalikan diabetes, menurunkan kolesterol, detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan pernapasan.

buah belimbing, belimbing, khasiat belimbing, manfaat belimbing, gizi belimbing

Nutrisi belimbing


Belimbing adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang menjadi populer di seluruh dunia karena dampaknya yang baik terhadap kesehatan manusia.

Buah belimbing mengandung sangat sedikit kalori (hanya 31 kalori per 100 gram), tetapi kaya akan serat, vitamin C dan vitamin B serta fosfor, seng, kalsium, magnesium, dan kalium. Selain itu, buah ini juga mengandung konsentrasi antioksidan seperti senyawa polifenol seperti quercetin dan asam galat.

Belimbing memiliki banyak keunggulan. Beberapa di antaranya termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi tekanan pernapasan, melindungi kulit, membantu menurunkan berat badan, mempercepat metabolisme Anda, mengoptimalkan pencernaan dan membangun tulang yang kuat.

Perawatan kulit


Buah belimbing dilengkapi dengan quercetin, asam galat dan flavonoid polifenol lainnya, yang merupakan antioksidan untuk melawan efek stres oksidatif dan menetralisir radikal bebas sebelum dapat merusak kulit. Manfaat antioksidan buah belimbing ini termasuk mencegah atau meminimalkan munculnya keriput dan menjaga kulit agar tetap lembab dan bebas dari keriput di usia tua.

Menurunkan berat badan


Buah belimbing hanya memiliki sedikit kalori per buah (rata-rata 31 kalori), yang membuatnya tidak tidak aman dikonsumsi tanpa membuat berat badan naik. Bahkan buah belimbing ini cocok dimakan jika melakukan program menurunkan berat badan. 

Selain itu, belimbing penuh serat dan nutrisi lain yang dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan peradangan. Semua ini dapat mendukung upaya penurunan berat badan. Serat makanan juga membantu merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan atau mengemil di antara waktu makan.

Meningkatkan kekebalan


Buah belimbing berukuran sedang mengandung sekitar 50% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan, yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Dengan mendapatkan asupan vitamin C dalam jus buah belimbing di pagi hari, sistem kekebalan tubuh akan bekerja pada tingkat tinggi, dengan jumlah optimal sel darah putih dan vitamin C sebagai antioksidan di seluruh tubuh.

Mencegah kanker


Penelitian tentang buah belimbing menunjukkan bahwa belimbing dapat menjadi buah kanker yang efektif berkat kandungan antioksidan dan seratnya yang kaya. 

Flavonoid polifenolik pada belimbing dapat melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan membersihkannya dari tubuh sebelum dapat merusak dan menyebabkan penyakit kronis. 

Selain itu, serat dalam belimbing membersihkan usus besar dan mengurangi toksisitas, mengurangi risiko kanker usus besar.

Tekanan darah


Dengan jumlah potasium yang cukup, belimbing dapat mengurangi risiko arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Dengan menurunkan tekanan darah tinggi, jantung dapat bekerja normal, sirkulasi darah dapat lebih efektif dilakukan, dan keseimbangan cairan dalam tubuh terjaga dengan baik.

Sistem pencernaan


Serat makanan adalah elemen kunci dalam pencernaan karena merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan dan dapat meringankan gejala sembelit, gas, kram dan diare. 

Selain itu, buah belimbing juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas mineral dan vitamin penting lainnya. Baik buah dalam maupun kulit buah belimbing menghasilkan jumlah serat yang signifikan.

Kesehatan tulang


Ada berbagai mineral dalam belimbing, seperti zat besi, magnesium, fosfor, seng dan kalsium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia. mengurangi.

Mengendalikan diabetes


Penelitian telah menunjukkan bahwa buah belimbing tinggi serat dan tidak larut ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan dan dapat dengan mudah mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Ini menjadikannya camilan yang ideal bagi orang yang ingin menghindari diabetes atau penderita diabetes untuk mengatasi gejalanya.

Menurunkan kolesterol


Dengan jumlah lemak alami dan serat yang tinggi, buah belimbing sangat ideal untuk mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol. Serat makanan membantu mengatur kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, yang mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung, dan arteriosklerosis.

Kesehatan pernapasan


Buah belimbing dikenal karena kandungan zat antiinflamasi dan pendingin yang dapat meningkatkan air liur dan mengurangi lendir. Ini membuatnya menjadi makanan yang tepat untuk mengatasi infeksi pernapasan dan kesehatan umum, mengurangi sakit tenggorokan dan mengatasi infeksi pernapasan.

Demikian informasi tentang buah belimbing yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang buah belimbing, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah belimbing ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "10 Manfaat buah belimbing mulai kulit cantik hingga pernapasan"