Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alhamdulillah, Iklan / Monetize Youtube Aktif Kembali

Youtube mungkin menjadi penghasilan utama bagi sebagian orang, salah satu pendapatan youtube yang reguler yaitu adanya iklan otomatis youtube yang berasal dari Google Adsense. Namun bagaimana jika iklan reguler dari youtube ini di non-aktifkan oleh youtube? Pasti pendapatan youtuber juga akan macet, kecuali youtuber mendapatkan iklan non-adsense misalnya iklan langsung dari advertiser seperti endorse dan sebagainya.

artikel, Youtube Partner, youtube, iklan youtube, youtuber,


Dismonetize atau iklan youtube di non-aktifkan ini saya juga mengalami juga. Sehingga pendapatan dari salah satu channel youtube saya juga berhenti seketika. Meski jumlah view dan juga subcriber belum sampai jutaan seperti para artis, namun hasilnya lumayan lah buat beli pulsa dan bensin.

Channel saya kena penalti dengan dinonaktifkan iklannya sejak bulan Agustus 2019. Penyebabnya sederhana, yaitu saya upload 5 video sekaligus dalam waktu yang hampir bersamaan.

Saat channel youtube dinonaktifkan iklannya, saya sudah tidak berharap lagi mendapatkan recehan dari youtube. Karena saya sendiri ada pengalaman kena banned, atau channel dihapus di tahun2017. Sehingga saya fokus pada hal lain yang juga bisa menghasilkan rupiah.

Kabar baiknya, pada awal November 2019 iklan channel youtube saya telah di aktifkan kembali. Jadi tim youtube melakukan review manual ke channel youtube saya, dan tim yang mereview menyimpulkan bahwa channel youtube saya tidak melakukan pelanggaran apapun. Sehingga mereka mengaktifkan kembali iklan pada channel youtube saya.

Apa yang saya lakukan agar iklan channel youtube saya aktif kembali? Saya sama sekali tidak melakukan apa-apa sejak iklan youtube dinonaktifkan bulan Agustus 2019. Saya membiarkan begitu saja channel saya tumbuh.

Saat saya biarkan, channel saya tumbuh pesat yaitu subcriber yang secara bertahap menjadi banyak. Demikian juga jumlah view atau penayangan video di channel saya.

Saya upload video sekali, saat iklan youtube saya non-aktif yaitu video hasil rekaman handphone yang berdurasi sekitar 1 menitan.

Dari pengalaman ini ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dalam membangun channel youtube. Salah satunya tetap membuat video original, bukan hasil upload ulang video orang lain. Selain itu video yang diproduksi juga diusahakan tidak melanggar aturan youtube, karena kita sebagai pemilik channel hanya numpang dan youtube adalah tuan rumahnya. Jadi ikuti aturan tuan rumah, biar tidak di usir.

Karena tuan rumah atau pihak youtube akan fair dalam menilai mana channel yang layak dan tidak melanggar aturan. Yang kadang membuat jengkel adalah mereka melakukan penilaian menggunakan robot (algoritma) yang susah membedakan mana yang layak dan tidak.

Namun penggunaan robot (algoritma) ini logis digunakan youtube untuk mengontrol jutaan penggunanya. Yang akan susah dilakukan oleh pegawai youtube yang jumlahnya tidak sebanyak penggunanya.

Jadi asal tidak melanggar aturan, maka tidak akan kena penalti dari robotnya youtube atau juga pegawai youtube yang bertugas mengawasi channel yang kita miliki. Sekalipun kena penalti oleh robotnya youtube, namun cukup fair karena mereka akan melakukan review ulang yang dilakukan oleh manusia untuk menilai akun kita melanggar atau tidak.

Meski review manual ini agak lama, namun harap sabar karena mungkin yang kena penalti juga sangat banyak. Jadi kita dilatih sabar dalam antri untuk diperiksa manual oleh youtube.

Demikian pengalaman tentang iklan channel youtube yang telah aktif kembali. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Post a Comment for "Alhamdulillah, Iklan / Monetize Youtube Aktif Kembali"