Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kelemahan Windows Movie Maker 6.0

Windows movie maker bisa menjadi solusi buat teman-teman yang ingin mengembangkan channel youtube, namun skill edit video masih pas-pasan. Karena menurut saya windows movie maker, terutama yang versi 6.0 ini sangat mudah digunakan. Selain itu juga tidak membuat laptop menjadi lemot serta kompatibel pada windows 7 atau sebelumnya.

software, windows movie maker, review, video editor, software review, movie maker, wmv

Jika teman-teman ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan windows movie maker 6.0 ini, maka simak penjelasan singkat berikut ini.

Timeline video dan audio / musik 

Dalam windows movie maker 6.0 teman-teman akan disuguhkan fitur untuk melakukan editing video dan musik. Meski bentuknya sederhana, tapi menurut saya juga cukup kalau hanya untuk melakukan editing video hasil rekaman handphone.

Jadi untuk video timeline video, teman-teman bisa melakukan pemotongan bagian video yang dianggap tidak penting.

Selain itu teman-teman juga menghilangkan suara pada video, kemudian mengganti dengan musik atau suara yang selainnya. Atau bahkan mengkombinasikan suara asli pada video, kemudian disisipkan efek musik tertentu.

Jadi dengan windows movie maker 6.0 ini cukup bagi pemula yang ingin bermain youtube, namun memiliki skill video editing yang pas-pasan. Intinya cocok untuk belajar video editing sederhana.

Memberikan tulisan


Pada timeline windows movie maker 6.0 juga ada fitu tittle overlay, yang artinya teman-teman bisa menambahkan tulisan atau teks tertentu pada video yang teman-teman buat.

software, windows movie maker, review, video editor, software review, movie maker, wmv

Tulisan ini bisa berupa judul di awal video saat mau mulai. Memberikan keterangan pada video saat posisi sudah ditengah. Atau memberikan ucapan terima kasih saat video berakhir. Bahkan bisa digunakan untuk menambahkan kredit pada video, misalnya dilarang menggunakan video ini tanpa ijin dari pembuatnya.

Membuat slideshow


Jika teman-teman mengetahui, bahwa banyak video di youtube yang berupa gambar-gambar bergerak kemudian diberikan suara atau background musik. Maka teman-teman juga bisa membuat video seperti itu hanya dengan windows movie maker 6.0 ini.

Teman-teman bisa juga membuat foto-foto hasil jepretan kamera handphone yang teman-teman miliki menjadi sebuah video yang menarik.

Caranya cukup sederhana, yaitu teman-teman tinggal memasukan file gambar ke windows movie maker 6.0 kemudian menata gambar pada timeline. Teman-teman bisa mengatur waktu tampil per gambar.

Kemudian teman-teman juga bisa menambahkan efek bergerak pada masing-masing gambar yang akan dibuat menjadi video.

Yang pasti, teman-teman bisa menambahkan musik atau efek suara pada timeline windows movie maker 6.0 sehingga video yang dihasilkan tidak garing hanya tampilan foto-foto saja.

Efek video dan foto

software, windows movie maker, review, video editor, software review, movie maker, wmv

Pada poin diatas (membuat slideshow), saya menyebutkan bahwa dengan windows movie maker 6.0 bisa membuat efek gambar bergerak dan juga banyak efek lainnya yang bisa diterapkan pada video atau foto untuk membuat video slideshow.

software, windows movie maker, review, video editor, software review, movie maker, wmv

Efek ini bisa berupa efek untuk masing-masing gambar atau video. Selain itu juga ada efek transisi yang bisa digunakan untuk memperhalus saat pergantian gambar atau video.

Membuat video kualitas HD


Untuk kualitas video yang dihasilkan windows movie maker ini seperti apa? Tentunya kualitas video yang dihasilkan tidak akan membuat teman-teman kecewa, karena output dari windows movie maker ini bisa berupa video HD (high definition).

software, windows movie maker, review, video editor, software review, movie maker, wmv

Format HD video yang dihasilkan juga ada beberapa pilihan diantaranya ukuran. Misalnya 1280 x 720, 1440 x 1080, 1920 x 1080, dan juga 960 x 720.

Format output windows movie maker


Selain menghasilkan video dengan kualitas HD, windows movie maker 6.0 ini hanya bisa menghasilkan output video dengan format .wmv sehingga kadang tidak semua device bisa membaca format .wmv ini.

Namun jika tujuannya adalah mengunggah video di youtube, maka teman-teman tidak perlu mengubah format .wmv ini ke dalam bentuk format yang selainnya. Karena youtube mendukung video dengan format .wmv juga.

Input harus .wmv atau .avi


Selain itu juga tidak semua format video bisa dimasukan ke dalam windows movie maker 6.0 ini. Yang bisa masuk ke windows movie maker 6.0 hanya video dengan format .wmv dan juga .avi sehingga jika teman-teman memiliki video dengan format .mp4 misalnya, maka teman-teman melakukan convert atau mengubah video tersebut ke dalam bentuk .wmv atau .avi sesuai dengan format video yang diterima oleh windows movie maker 6.0 ini.

Demikian penjelasan singkat tentang penggunaan windows movie maker 6.0, jika teman-teman ada informasi yang lebih lengkap bisa dijelaskan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. 

Post a Comment for "Kelebihan Dan Kelemahan Windows Movie Maker 6.0 "