Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyimpan File Corel Draw X7 ke JPG | Corel Draw Export

Menyimpan file corel draw menjadi JPEG menjadi suatu yang harus dikuasi bagi seseorang yang membuat desain grafis. Karena biasanya hasil akhir dari desain grafis adalah file JPEG atau gambar. Sehingga penyimpanan ke dalam bentuk JPEG harus dipahami.

Berikut adalah langkah-langkah menyimpan (export) dari file corel draw menjadi JPEG yang mungkin bisa membantu teman-teman yang membutuhkannya.

Dalam contoh ini saya menggunakan corel draw X7, sehingga teman-teman yang menggunakan corel draw versi lain bisa menyesuaikan. Tapi menurut saya dalam corel draw, cara untuk penyimpanan file corel draw ke JPEG hampir sama di masing-masing versi.

1. Buka / buat dokumen corel draw

tutorial, corel draw, tutorial corel draw, corel to jpg,

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan penyimpanan atau export dokumen corel draw menjadi jpeg adalah siapkan dahulu file yang akan diubah menjadi JPEG.

Jika sudah memiliki dokumen atau file corel draw yang akan diubah menjadi jpeg, maka tinggal dibuka saja. Namun jika belum memiliki dokumen atau file corel draw yang akan diubah menjadi JPEG, maka teman-teman bisa membuatnya terlebih dahulu.

2. Buka menu file, lalu pilih sub menu export

tutorial, corel draw, tutorial corel draw, corel to jpg,
klik gambar untuk memperbesar


Setelah ada dokumen atau file corel draw, maka teman-teman tinggal buka menu file (pojok kanan atas). Kemudian buka sub menu export.

Setelah menu kotak dialog sub menu export corel draw terbuka, teman-teman bisa memilih atau membuat folder untuk menyimpan file jpeg.

3. Pilih format JPG-JPEG Bitmaps posisi paling atas, lalu export

tutorial, corel draw, tutorial corel draw, corel to jpg,
klik gambar untuk memperbesar

Setelah membuat atau memilih folder untuk penyimpanan file JPEG, teman-teman bisa memberikan nama dokumen yang akan disimpan.

Setelah diberikan nama, teman-teman bisa mengubah format penyimpanan pada opsi "save as type". Nah disini teman-teman bisa memilih format JPG-JPEG Bitmap, yang posisinya ada dibagian paling atas.

Setelah itu teman-teman tinggal klik tombol export, untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Atur warna dan resolusi

tutorial, corel draw, tutorial corel draw, corel to jpg,
klik gambar untuk memperbesar

 Ketika klik tombol export, maka dokumen corel draw tidak akan tersimpang langsung. Namun akan muncul kotak dialog lagi yang menunjukan pengaturan file JPEG yang akan disimpan.

Disini teman-teman bisa mengubah jenis warna file jpeg yaitu grayscale (hitam putih), RGB, atau CMYK).

Selain itu teman-teman bisa mengatur kualitas gambarnya. Hingga teman-teman juga bisa mengatur resolusi gambar yang akan disimpan.

Jika teman-teman sudah mengatur gambar,  dan merasa sudah cukup. Kemudian klik tombol OK, untuk melanjutkan penyimpanan file corel draw ke JPEG.

5. Buka gambar hasil export

tutorial, corel draw, tutorial corel draw, corel to jpg,
klik gambar untuk memperbesar


Untuk memastikan hasil gambar JPEG hasil penyimpanan dari file corel draw. Teman-teman bisa membuka gambar tersebut di folder penyimpanan. Kemudian mengecek propesties gambarnya (klik kanan pada gambar, lalu pilih properties pada bagian paling bawah)

Demikian informasi singkat tentang cara menyimpan file corel draw menjadi gambar JPEG. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

1 comment for "Cara Menyimpan File Corel Draw X7 ke JPG | Corel Draw Export"