Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Alasan Menggunakan Google My Business

Manfaat Google My Business saat ini berkembang dengan berbagai fitur yang bisa memberikan dampak positif bagi suatu bisnis. Disamping itu untuk pendaftaran google my business juga cukup mudah, sehingga jika teman-teman memiliki bisnis yang berbasis lokal. Maka teman-teman juga bisa mendapatkan manfaat dari Google My Business ini. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing sedikit wawasan tentang manfaat menggunakan Google My Business.

bisnis, bisnis online, google my business, google bisnisku, digital marketing, internet marketing,

Menginformasikan lokasi usaha


Google My Business memang terintegerasi dengan Google Map dan Google Search, namun yang menjadi poin penting dalam Google My Business ini yaitu memberikan informasi yang jelas dimana lokasi suatu bisnis.

Sehingga hal ini akan memudahkan seseorang yang mencari informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan pada suatu bisnis.


Terindeks di pencarian google map


Menurut pengalaman saya ketika mendaftarkan alamat dalam Google My Business, maka alamat bisnis yang saya daftarkan akan otomatis terindeks di pencarian lokal Google Map.

Misalnya saya menjual undangan nikah dan mendaftarkan ini ke Google My Business, maka ketika seseorang mencari vendor undangan nikah di Google Map maka akan muncul dalam list Google Map.

Biasanya pencarian di Google Map ini adalah memunculkan hasil pencarian lokal. Sehingga hal ini akan sangat membantu untuk mempromosikan usaha lokalan secara online.

Pengalaman saya juga, ketika mencari informasi lokasi vendor lokal ini maka saya akan langsung mengubungi kontak yang ada di Google My Business seseorang. Saya bisa berkomunikasi dengan kontak yang disediakan oleh pemilik bisnis, kemudian saya bisa langsung survey ke lokasi karena memang lokasinya dekat, hasil dari pencarian lokal di Google Map.

Muncul di Google Search


Karena Google My Business memang milik Google, maka ini juga akan terintegerasi dengan mesin pencari Google. Misalnya mengetik nama bisnis di mesin pencarian Google maka secara otomatis akan muncul informasi bisnis yang dicari dengan mesin pencari Google.

Biasanya akan muncul nama bisnisnya apa, alamat, kontak yang bisa dihubungi, petunjuk arah yang akan terhubung ke Google Map.

Serta jika pemilik akun Google My Business menambahkan daftar produk yang dijual, maka akan muncul juga produk yang dijual di mesin pencari Google. Tampilannya mirip dengan toko online.


Memberikan Informasi Penawaran, promosi dan sebagaiya


Jika Google My Business ini telah terverifikasi, maka Google akan mengaktifkan semua fitur yang ada dalam Google My Business. Salah satu fitur yang menarik dalam Google My Business ini adalah pemilik bisnis bisa membuat postingan yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen.

Postingan ini bisa apapun misalnya berupa promo diskon, produk baru, dan bahkan hanya sekedar konten yang bermanfaat sekalipun bisa diposting disini. Sifatnya mirip dengan social media yang selainnya untuk berinteraksi dengan konsumen.

Insight pencarian Bisnis


Sebagai pemilik bisnis yang memasukan informasi bisnisnya dalam Google My Business, kita akan dimanjakan dengan data untuk meningkatkan performa bisnis kita di internet.

Jika teman-teman memahami Google Analytic atau Google Search Console, Insight Pada Google My Business ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Google Analytic dan Google Search Console.

Dimana kita akan diberikan informasi yang jelas, misalnya kata kunci apa saja yang membawa seseorang menlihat Google My Business yang kita miliki. Selain itu juga ada report yang menunjukan performa bisnis kita pada Google My Business selama sebulan.

Review dari pelanggan


Pelanggan baik itu yang berkunjung saja ke lokasi bisnis atau mereka yang membeli produk/layanan yang kita miliki, mereka bisa memberikan review atau ulasan tentang bisnis kita.

Ini biasanya pelanggan yang datang ke lokasi bisnis dengan menggunakan petunjuk arah dari Google Map. Ketika berhasil menemukan lokasi berdasarkan Google Map, maka nanti akan pelanggan akan diminta memberikan review berupa bintang dan juga penjelasan.

Interaksi dengan pelanggan melalui pesan / chat


Google My Business memberikan fitur yang memungkinkan antara pemilik bisnis dan pelanggan berinteraksi dengan pesan singkat seperti chat. Sehingga pelanggan bisa bertanya secara langsung melalui sistem pesan di Google My Business.

Namun untuk fitur ini hanya tersedia jika menginstall Google My Business di smartphone. Jadi harus mengunduh dulu aplikasi Google My Business di Play Store jika menggunakan smartphone Android.

Foto-foto lokasi usaha


Baik pemilik bisnis dan juga pelanggan yang datang ke lokasi, bisa memposting foto di Google My Business.

Foto-foto ini bisa menjadi rekomendasi atau meyakinkan kepada calon pelanggan untuk datang ke lokasi bisnis kita. Dibandingkan tanpa foto, seseorang juga akan kurang yakin dengan kejelasan bisnis yang kita miliki.

Display produk / toko online


Fitur baru yang cukup menarik dari Google My Business adalah display produk atau semacam toko online. Fitur ini berlaku untuk akun Google My Business yang telah terverifikasi.

Jadi kita sebagai pemilik bisnis bisa memposting produk atau layanan yang dijual. Saat posting produk meliputi foto produk, deskripsi, dan juga harga.

Nah pada setiap produk ini, jika ada yang membeli bisa dihubungkan ke halaman produk di website, atau toko online yang kita miliki. Selain itu pemesanan juga bisa melelui telepon yang kita cantumkan.

Produk ini secara otomatis juga akan terindeks di Google, yang dapat membantu seseorang untuk mendapatkan produk atau layanan yang mereka butuhkan.


Membuat website


Google My Business ini terhubung dengan Google Site. Dimana teman-teman bisa membuat website sendiri untuk bisnis yang teman-teman miliki. Kemudian jika ingin gratisan maka alamatnya akan tetap berbentuk Google site. Namun jika ingin terlihat lebih menarik dan terpercaya, bisa menggunakan top level domain yang disediakan oleh Google.


Demikian informasi tentang Google My Business yang bisa saya bagikan. Teman-teman bisa menambahkan informasi di kolom komentar jika teman-teman merasa ada yang kurang dalam informasi yang saya bagikan ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "10 Alasan Menggunakan Google My Business"