Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjual Barang Di Tokopedia Hingga Laku

Menjual barang di tokopedia bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang ingin memulai usaha. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan berjualan di tokopedia. Misalnya pengunjung website dan aplikasi tokopedia yang sangat besar, fitur jualan dn promosi bisa digunakan secara gratis, mampu menjangkau konsumen yang lebih luas yaitu diseluruh Indonesia, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjual barang di tokopedia.

tokopedia, ecommerce, marketplace, jualan, jualan online, bukalapak, bisnis online


Perlu diketahui bahwa jual barang di tokopedia tidak semudah yang kita bayangkan. Butuh proses panjang mulai dari menyiapkan barang yang akan dijual hingga barang tersebut laku. Berikut tahapan untuk menjual barang di tokopedia

1. Siapkan barang yang akan dijual


Abaikan langkah nomor satu ini jika teman-teman telah memiliki barang untuk dijual di tokopedia. Namun jika belum ada produk yang akan dijual, lebih baik teman-teman menyiapkan barang yang akan dijual di tokopedia.

Yang perlu disiapkan ini termasuk foto barang yang akan dijual, deskripsi barang, stok barang, harga, dan sebagainya.

Teman-teman bisa menjual barang hasil produksi sendiri atau juga barang hasil kulakan untuk dijual lagi.

2. Buat akun tokopedia dan masukan biodata


Setelah barang yang akan dijual telah siap, maka yang perlu dilakukan adalah membuat akun tokopedia. Untuk membuat akun ini teman-teman cukup menyiapkan alamat email dan juga nomor handphone untuk verifikasi.

Kemudian isikan idenstitas yang diminta oleh pihak tokopedia. Jika teman-teman telah memiliki akun tokopedia, maka abaikan langkah nomor dua ini.

3. Buka toko di tokopedia dan setting toko


Tidak semua akun tokopedia memiliki toko di tokopedia. Hanya mereka yang ingin jualan online di tokopedia yang membuka toko di tokopedia.

Untuk mengaktifkan fitur toko di tokopedia, teman-teman harus membuka menu buka toko. Kemudian mengisikan segala yang diminta oleh pihak tokopedia. Misalnya lokasi toko, nomor rekening, ekspedisi pengiriman barang, setting logo, dan sebagainya.

Jika teman-teman sudah memiliki atau mengaktifkan fitur toko di tokopedia maka abaikan tahap tiga ini.

4. Masukan barang atau produk ke tokopedia


Setelah fitur toko di tokopedia telah aktif dan siap digunakan. Maka langkah berikutnya tinggal memposting barang yang ingin dijual di tokopedia.

Untuk memposting barang yang dijual di tokopedia, teman-teman harus menyiapkan foto paling tidak ada 3 hingga 5 foto yang dipajang di tokopedia untuk satu kategori produk.

Selain foto, masukan deskripsi produk yang menarik. Usahakan membuat tulisan yang dapat menarik calon pembeli agar mau membeli produk yang dijual.

Lakukan pengaturan harga, stok, kondisi barang, dan sebagainya.

Jika teman-teman sudah bisa memposting produk yang dijual di tokopedia. Maka sebenarnya teman-teman tidak perlu repot untuk membaca artikel ini, karena pada dasarnya teman-teman sudah bisa berjualan di tokopedia.

5. Promosikan barang yang dijual


Setelah barang yang dijual telah tayang ditokopedia. Tugas yang berikutnya yang harus teman-teman lakukan adalah mempromosikan barang yang dijual tersebut.

Bagaimana cara promosinya? Banyak langkah yang bisa teman-teman lakukan diantaranya dengan iklan berbayar dari tokopedia, agar barang yang dijual muncul di posisi teratas dalam pencarian produk tokopedia. Selain itu tokopedia menyediakan fitur promosi gratis, yaitu dengan mempromosikan produk secara manual setiap satu jam sekali.

Teman-teman bisa menggunakan media diluar tokopedia misalnya sosial media instagram, facebook, blog, dan sebagainya. Intinya yaitu mengarahkan pengguna sosial media, blog, dan sebagainya agar membeli barang yang teman-teman jual di tokopedia.

6. Terima order


Setelah melakukan serangkaian promosi, maka tunggu hingga ada orang yang membeli barang yang teman-teman jual di tokopedia. Namun jika belum ada yang membeli, maka harap bersabar dan terus lakukan promosi.

Jika ada order barang, maka teman-teman bisa menerima orderan tersebut. Dan melakukan pengemasan sebelum barang akan dikirim ke ekspedisi pengiriman yang dipilih oleh pembeli.

Untuk pengemasan barang termasuk membungkus barang yang rapi dan aman. Selain itu juga jangan lupa untuk menulis atau mencetak alamat yang dituju.

7. Kirim order dan masukan kode tracking


Setelah barang siap dikirim, teman-teman tinggal pergi ke ekpedisi pengiriman yang dipilih oleh konsumen. Untuk biaya pengiriman sementara menggunakan uang teman-teman sendiri, nanti jika barang telah sampai maka uang pengiriman ini akan diganti dari uang konsumen.

Setelah menerima bukti pengiriman barang, masukan nomor tracking (no.resi) ke kolom yang disediakan oleh tokopedia. Nomor tracking ini akan sangat membantu teman-teman dan konsumen tokopedia untuk melacak barang yang dipesan telah sampai mana.

8. Terima pembayaran 


Setelah barang telah berhasil dikirim oleh pihak ekspedisi pengiriman, maka akan ada notifikasi bahwa barang telah sampai tujuan. Jadi tinggal menunggu pembeli memberikan konfirmasi dan review produk yang teman-teman jual.

Jika konfirmasi berhasil serta tidak ada komplain dari konsumen, maka uang hasil penjualan dan pengganti biaya kirim akan masuk ke saldo tokopedia teman-teman.

Teman-teman bisa mencairkan saldo yang ada di tokopedia ke rekening teman-teman.


Demikian langkah-langkah menjual barang di tokopedia. Semoga artikel ini bisa bermanfat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada yang kurang, silakan diberikan masukan saran ke di email saya atau kolom komentar.

Post a Comment for "Cara Menjual Barang Di Tokopedia Hingga Laku"