Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Agar Blog Muncul Di Google

Blog adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk mempublikasikan karya pribadi baik berupa tulisan, gambar hingga video. Tujuan dari publikasi ini agar karya bisa dilihat atau dibaca oleh banyak orang. Menjadi suatu hal yang sia-sia jika karya yang dipublikasikan dalam blog tidak ada yang melihat atau membacanya.

blog, Blogging, artikel, content marketing, search engine optimization, seo,


Salah satu cara agar tulisan banyak dibaca orang adalah dengan memunculkannya di mesin pencari google. Dengan muncul di Google, tulisan akan memiliki peluang yang sangat besar untuk dibaca banyak orang.

Ketika orang mengetikan apa yang mereka ingin ketahui di google, maka google akan menampilkan berbagai pilihan konten artikel. Nah, jika konten blog yang teman-teman buat muncul di halaman satu google maka peluangnya besar dibaca oleh orang yang mencari artikel yang mereka butuhkan. Apalagi yang mencari sangat banyak, maka peluang dibaca orang hingga viral pun sangat besar.

Oleh karena itu tugas penting bagi seorang blogger adalah memunculkan blognya di Google.

Bagaimana cara agar blog muncul di Google?


Jadi Google sendiri telah menyediakan perangkat khusus agar suatu blog atau website bisa muncul di Google. Namanya yaitu Google Search Console atau yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools.

Google Search Console atau Google Webmaster Tools ini merupakan software yang digunakan google untuk merayap atau melakukan pencarian data sesuai dengan yang diketikan seseorang di google. Sehingga jika blog ingin muncul di google, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftarkan blog tersebut di google malalui search console atau webmaster tools.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar di Google webmster tools 

  • 1. Memiliki blog baik yang gratisan atau dengan top level domain
  • 2. Buka google webmaster tools, ketikan saja di google nanti akan muncul alamatnya
  • 3. Add Property, masukan alamat blog misalnya www.andik.my.id intinya sertakan www.
Untuk memasukan property atau domain ini nanti perlu proses verifikasi. Jika menggunakan custom domain blogger.com atau menggunakan blogspot maka akan otomatis terverifikasi. Namun jika menggunakan wordpress maka perlu memasukan kode google webmaster ke hosting atau ke dashboard wordpress.
  • 4. Setelah terverifikasi, masukan sitemap. 
Sitemap ini berisi kumpulkan link artikel di blog untuk di indeks di google webmaster tools. Umumnya sitemap berupa namablog.com/sitemap.xml, nah yang perlu dimasukan yaitu sitemap.xml
  • 5. Setelah proses ini selesai, bisa diatur negara yang ingin ditarget. Untuk fitur ini bisa menggunakan webmaster tools versi lama, untuk versi baru saya belum menemukannya.
  • 6. Jika semua sudah selesai, tinggal menunggu google untuk merayap (crawling) blog yang dimasukan
Dalam proses menunggu ini saran saya jangan pasrah menunggu blog bisa muncul di google. Karena prosesnya tidak menentu, bisa cepat atau lambat tergantung seberapa aktif teman-teman update konten blog.

Jadi tetap menulis, sambil menunggu hasil perayapan mesin pencari google di blog yang teman-teman miliki.

Demikian tulisan saya tentang cara agar blog muncul di google. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca artikel saya ini.

Post a Comment for "Cara Mudah Agar Blog Muncul Di Google"