Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Pengertian Digital marketing Dan Advertising?

Digital marketing saat ini menjadi trend, dimana metode digital marketing mampu memberikan solusi pemasaran yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan media tradisional. Digital marketing ini tumbuh dan berkembang karena adanya perkembangan teknologi internet yang sangat cepat. Selain itu juga pengguna internet juga semakin besar dan tiap tahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan.

digital marketing, digital advertising

Namun bagaimana sebenarnya digital marketing ini?


Jadi Pemasaran digital atau digital marketing adalah metode pemasaran produk ataupun layanan yang menggunakan teknologi digital khususnya internet. Teknologi digital yang dimaksud termasuk penggunaan ponsel, iklan bergambar, serta media digital yang selainnya.

Perbedaan yang sangat mencolok antara digital marketing dan juga periklanan tradisional yaitu digital marketing konsentrasinya fokus untuk memberikan suatu nilai kepada audiens dengan menggunakan konten-konten digital serta solusi yang dibutuhkan audiens. Cara ini dianggap efektif untuk membangun hubungan bisnis ke konsumen dimana hal ini tidak bisa dilakukan dengan periklanan tradisional misalnya media cetak dan radio.

Digital Marketing Gratis


Digital marketing bisa dilakukan oleh setiap orang yang ingin memasarkan produk atau layanannya menggunakan internet. Banyak platform media digital seperti blog, instagram, facebook, twitter, dan sebagainya yang bisa digunakan secara gratis untuk melakukan digital marketing.

Digital marketing gratis menggunakan plaform blog dan sosial media ini biasanya disebut dengan cara organik. Dimana orang yang melakukan digital marketing fokus menyampaikan nilai atau manfaat produk mereka melalui konten blog dan juga sosial media.

Semakin bagus dan menarik kontennya, maka peluangnya semakin besar untuk menjaring pasar. Disamping itu juga semakin sering memperbaruhi konten juga bisa memperbesar peluang untuk menjaring pasar yang ditarget.

Digital Marketing Berbayar / Digital Advertising


Dibagian awal artikel ini saya menuliskan bahwa digital marketing lebih efektif, karena bisa membangun hubungan bisnis dengan konsumen yang tidak bisa dilakukan melalui iklan di media tradisional seperti media cetak atau radio.

Sebenarnya dalam digital marketing sendiri juga ada yang berbayar, jadi sistemnya berupa iklan digital.

Iklan digital di internet ini sistemnya sepert yang saya jelaskan di poin digital marketing gratis. Bedanya kalau gratis, kita harus membangun konten untuk mendapatkan audiens secara organik.

Sedangkan dengan melalui iklan digital, maka untuk mendapatkan audiens cukup dengan membayar biaya iklan yang disediakan oleh berbagai platform iklan seperti sosial media, blog, dan sebagainya.

Post a Comment for "Apa Itu Pengertian Digital marketing Dan Advertising?"