Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Iklan Google Untuk Publisher Dan Advertiser

Google Ads dan Google Adsense merupakan 2 program periklanan google yang diperuntukan bagi advertiser dan publisher. Bagaimana kedua program ini berjalan? Berikut saya jabarkan bagaimana kedua program ini bekerja.

google adsense, google adword, youtube, publihser, content creator, playstore, android apps, android game, website, blog

Adsense Untuk Publisher


Google Adsense adalah sebuah konsep iklan yang menarik yang dimiliki oleh Google. Google Adsense ini ditujukan kepada para publisher untuk mengatur iklan yang tayang di website, youtube, dan juga aplikasi.

Melalui Google Adsense memungkinkan para publisher dapat mengatur bagaimana mereka mendapatkan pembayaran atas hasil iklan yang ditayangkan di media para publisher.

Fungsi Google Adsense


Google Adsense ini memberikan kesempatan para publisher baik pemilik website, aplikasi, dan video youtube untuk memperoleh penghasilan dengan memasukan iklan Google Adsense ke dalam media yang dimiliki.

Bentuk iklan  Adsense berupa iklan teks, gambar, namun akhir-akhir ini iklan berkembang dalam bentuk video.

Bagi pemilik website (publisher) yang tertarik dengan program iklan Google ini, harus mendaftarkan diri ke Google Adsense melalui websitenya yaitu www.google.com/adsense.

Cara kerja Google Adsense


Google Adsense mengharuskan pemilik website untuk memasang kode atau script pemrograman pada website mereka. Kode tersebut bisa ditempatkan di posisi mana saja di website, tergantung si pemilik website ingin menampilkan iklan di posisi mana.

Berbeda dengan youtube, agar iklan adsense tayang di video tidak perlu memasukan kode iklan adsense ke dalam video / channel youtube. Content creator youtube cukup menghubungkan channel youtube dengan akun adsense agar video yang dihasilkan bisa di monetize (dipasangi iklan adsense).

Untuk pemiliki aplikasi atau game di Playstore, cukup dengan memiliki akun adsense dan admob agar aplikasi atau game bisa di monetize dengan google adsense.

Iklan yang tayang di website, video, dan juga aplikasi akan berubah ubah. Namun iklan yang tayang umumnya akan menyesuaikan dengan jenis konten yang dihasilkan.Misalnya konten tentang kuliner, maka biasanya akan sering muncul iklan tentang kuliner juga.

Perhitungan Earning Google Adsense


Penghasilan atau earning dari Google Adsense berdasarkan berapa banyak iklan yang ditampilkan di website dan juga berdasarkan berapa kali pengunjung website mengklik iklan yang ditampilkan.

Sistem Google Adsense akan menghitung otomatis pendapatan CPC (Cost Per Click) atau berdasarkan klik iklan dan juga per seribu iklan yang tayang atau CPM (Cost Per Million).

Baik CPC atau CPM dari Google Adsense ini memiliki harga yang variatif, tergantung pada jenis konten dan juga negara. Berdasarkan pengalaman saya, apapun jenis konten yang dihasilkan di Indonesia harga iklannya secara umum murah.

Meski harga iklan adsense di Indonesia murah, bukan berarti harus menghasilkan konten berbahasa asing (bahasa Inggris misalnya). Apalagi yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris, maka sangat kesulitan.

Sehingga saran saya tetap menggunakan konten lokal (berbahasa Indonesia), kemudian untuk meningkatkan earning adsense maka harus meningkatkan visitor website (bagi publisher website) atau meningkatkan view video youtube.

Program iklan untuk Advertiser

Untuk pengiklan (advertiser), google menyediakan program pemasangan iklan online yaitu Google Adword.  Saat ini Google sudah tidak menggunakan istilah adword, karena sudah berganti dengan Google Ads.

Google Ads atau Adword akan memudahkan pengiklan untuk mengatur iklan mereka baik pengaturan anggaran, jenis iklan, target wilayah dimana iklan akan tayang, dan sebagainya.

Selain itu melalui Google Ads atau Adwords nantinya akan bisa mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan agar iklan bisa tayang di jaringan Google Ads dan juga seberapa banyak orang yang akan mengklik iklan.

Secara umum melalui google adword akan memberikan kesempatan tayang 3 tiga tempat yaitu mesin pencari google, website (iklan display), iklan youtube, dan aplikasi / game android.

Penutup

Tulisan ini hanya bersifat wawasan bagi teman-teman yang ingin mengetahui program periklanan google baik sebagai publisher ataupun advertiser. Kalau hanya ingin mendapatkan wawasan, teman-teman cukup hanya dengan membaca. 

Tapi jika teman-teman ingin lebih paham dan bisa menggunakan baik adsense ataupun adword, maka coba untuk mempraktekan.

Post a Comment for "Program Iklan Google Untuk Publisher Dan Advertiser"