Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan File Powerpoint Menjadi JPG / Gambar

Menyimpan powerpoint ke jpg dilakukan karena berbagai alasan, namun alasan yang paling umum adalah karena akan dicetak untuk dijadikan poster, menghindari plagiasi (copy paste), kemudian juga agar mudah dikirim dan dilihat melalui handphone / smartphone.

microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,

Dijadikan poster


Perlu diketahui bahwa hanya dengan powerpoint, teman-teman bisa membuat poster yang bagus. Poster ini nantinya bisa digunakan dalam bentuk cetak (print), atau bahkan untuk diposting di social media seperti instagram.

Menjadikan powerpoint ke jpg ini bisa berguna bagi yang kesulitan menggunakan software desain seperti corel draw atau adobe photoshop. Hanya dengan menggunakan menu yang disediakan oleh microsoft powerpoint, teman-teman bisa membuat desain poster atau gambar yang menarik. Kemudian nantinya bisa disimpan dari powerpoint menjadi jpg.

Menghindari copy-paste (plagiasi)


Hampir sama dengan alasan orang menyimpan powerpoint menjadi pdf untuk menghindari plagiasi. Menyimpan powerpoint menjadi jpg juga bisa befungsi untuk menghindari plagiasi, atau agar tulisan atau data tidak mudah dicopy-paste orang lain.

Lantas apa bedanya dengan mengubah powerpoint menjadi pdf?


Jika dalam bentuk pdf (yang tidak diproteksi), maka teks (tulisan) masih bisa dicopy. Sehingga sebenarnya pdf ini juga masih rawan plagiasi, meskipun caranya juga cukup merepotkan untuk melakukan copy paste seluruh isi dalam pdf.

Sedangkan menyimpan powerpoint ke jpg, tulisan (teks) yang ada hanya bisa dilihat dan tidak bisa dicopy ke tempat lain. Cara ini akan menyulitkan orang yang berniat untuk menggunakan tulisan atau data yang ada di powerpoint.

JPG adalah jenis file gambar (grafis), yang berbeda dengan PDF yang berbasis tulisan. Sehingga kalau gambar akan susah diambil isinya dengan cara copy-paste, kecuali ditulis / diketik manual. Namun menulis / mengetik ulang adalah pekerjaan yang merepotkan, yang bisa membatalkan niat seseorang untuk melakukan plagiasi.

Mudah dikirim dan dilihat melalui hp


Berkembangkan aplikasi pesan instan seperti whatsapp, LINE, fb messenger, dan sebagainya telah memudahkan kita untuk mengirim pesan baik berupa teks, gambar, video, bahkan dokumen. Aplikasi pesan instan ini secara garis besar memiliki fungsi seperti email dan prosesnya lebih cepat.

Jika teman-teman mengirimkan file powerpoint ke klien, rekan kerja, ataupun dosen menggunakan email maka akan membutuhkan proses yang panjang. Yaitu mencari dulu alamat emailnya, harus login ke akun email dulu, mengunggah file, dan kirim.

Itupun kalau HP teman-teman mendukung fungsi email yang bagus, namun kadang HP sulit untuk mengirimkan file melalui email.  Sehingga hal tersebut terlalu rumit, dan cara ini memang akan lebih mudah jika menggunakan komputer.

Belum lagi jika file berbentuk powerpoint atau pdf, maka ketika dibuka melalui handphone, butuh aplikasi khusus untuk membukanya seperti powerpoint mobile atau pdf, itupun jika di handphone terinstall aplikasi powerpoint atau pdf. Jika tidak terinstall, maka bisa jadi file yang dikirim tidak dibaca oleh klien, rekan kerja, atasan, dosen, bahkan guru kita.

Cara yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengubah powerpoint ke jpg, kemudian mengirimnya melalui Whatsapp, LINE, dan sebagainya. Dengan kontak yang telah tersedia di HP, kemudian mengirimkan file JPG. File akan langsung bisa dibuka dan dibaca tanpa perlu ribet cari komputer, software tambahan, dan sebagainya.

Dengan 3 alasan tersebut, cara mengubah atau menyimpan powerpoint ke JPG berikut ini semoga bisa membantu teman-teman sekalian. (Dalam panduan ini saya menggunakan microsoft powerpoint 2013).

  • Langkah pertama buka file powerpoint yang akan disimpan menjadi JPG
  • Langkah kedua Pilih menu File (posisi pojok kiri)
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,

  • Langkah ketiga Pilih Save As, lalu pilih computer 
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,
  • Tentukan folder yang akan digunakan untuk menyimpan file JPG 
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,

  • Langkah keempat berikan nama pada kotak “file name”
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,

  • Langkah kelima pada bagian “save as type” nantni akan muncul banyak pilihan, dan teman-teman bisa memilih “JPEG File Interchange Format (*.jpg)”
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,
  • Langkah keenam, pilih Save dan nanti akan muncul kotak yang bertuliskan “which slides do you want to export?”. Teman-teman bisa memilih all slides jika ingin menyimpan semua slide menjadi JPG, atau just this one jika ingin menyimpan slide yang barusan dibuka menjadi JPG.
microsoft office, powerpoint, powerpoint ke JPG, tutorial,


Jika ada pertanyaan, silakan disampaikan di kolom komentar. Selamat mencoba !

2 komentar untuk "Cara Menyimpan File Powerpoint Menjadi JPG / Gambar"

  1. klau ada beberapa gambar dan saat export ingin nama file jpgnya berbeda beda bagaimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya sama seperti ini, diakhir penyimpanan pilih "ALL SLIDE" maka akan tersimpan semua slide dalam bentuk gambar.

      Untuk nama, standart microsoft powerpoint yaitu slide 1, slide 2, dn seterusnya. Jadi nanti bisa di rename secara manual.

      Hapus