Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara memilih box motor belakang yang benar

Memilih box motor yang tepat bisa membantu teman-teman untuk memberikan aksesoris terbaik untuk motor yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa box motor ini biasa digunakan untuk menyimpan helm, barang belanjaan, hingga jas hujan. 

box motor, motorcylcle, motor

Dengan demikian ketika teman-teman memiliki box motor yang tepat maka teman-teman akan merasa nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan.

Ada banyak hal yang perlu teman-teman pertimbangkan ketika memilih box motor. Sebab jika teman-teman sembarangan memilih box motor, maka bisa berpengaruh pada kenyamanan saat bepergian menggunakan motor.

Cara memilih box motor

Nah dalam artikel ini teman-teman akan mendapatkan informasi tentang cara memilih box motor yang tepat.

Pada prinsipnya penggunaan box motor ini bukan dilihat dari seberapa besar kapasitasnya untuk menampung barang. Namun lebih kepada mudah untuk digunakan dan tidak mengganggu saat mengendarai motor.

1. Faktor kapasitas box motor.

Hal pertama yang harus teman-teman perhatikan dalam memilih box motor adalah dari ukuran dan juga kapasitas untuk menyimpan barang. 

Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi teman-teman masing-masing. Misalnya teman-teman yang biasa menggunakan motor dengan membawa barang banyak, maka pertimbangkan untuk menggunakan box motor dengan kapasitas yang besar.

Namun jika teman-teman sering bepergian tanpa membawa banyak barang, maka box motor dengan ukuran dan kapasitas yang kecil bisa menjadi pertimbangan untuk dibeli.

Tak hanya itu, teman-teman juga harus memperhatikan kondisi motor yang dimiliki. Jika motor nya kecil maka usahakan untuk membeli box motor yang ukurannya kecil juga sesuai dengan motor yang teman-teman miliki. Namun jika motor yang teman-teman memiliki ukurannya besar, maka bisa menggunakan pos motor dengan ukuran yang besar juga.

2. Sesuaikan aturan.

Penggunaan box motor ini ternyata diatur, seperti lebarnya yang tidak boleh melebihi dari batas dari motor. Kemudian panjangnya juga harus sesuai dengan struktur motor yang digunakan.

Aturan ini tentunya berdasarkan keamanan dalam berkendara. Contohnya seperti motor agar mudah dikendalikan bisa menyalin dan juga bisa melewati jalan yang sempit.

Dengan demikian teman-teman bisa memilih box motor sesuai dengan kebutuhan. Baik itu barang yang teman-teman bawah hingga ukuran motor yang teman-teman miliki.

3. Berdasarkan ukuran mesin.

Hal berikutnya yang harus teman-teman perhatikan saat membeli boks motor, yaitu sesuai dengan ukuran mesin motor yang teman-teman miliki.

Misalnya jika teman-teman pembeli box motor yang besar padahal motor yang teman-teman miliki ukurannya lebih kecil. Maka hal ini tentu akan membebani motor, karena membawa barang yang berat. Dengan demikian maka kecepatan motor juga akan menurun.

Jika motornya teman-teman miliki yaitu 125 cc maka idealnya box motor yang teman-teman pun akan memiliki kapasitas maksimal 30 liter. Sedangkan jika motor yang teman-teman memiliki memiliki mesin 250 hingga 400 cc maka teman-teman bisa menggunakan box motor dengan ukuran 35 liter.

Ada juga box motor yang memiliki kapasitas hingga 50 liter. Namun biasanya ukuran ini digunakan untuk motor memiliki mesin 400 cc.

4. Kebutuha penggunaan

Memilih box motor juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya, seperti misalnya jika teman-teman hanya ingin mengangkut atau membawa barang belanjaan, untuk menyimpan helm, dan jaket jaket mungkin box motor dengan ukuran 25 liter saja sudah cukup untuk melakukannya.

Namun jika teman-teman membeli box motor untuk keperluan touring atau perjalanan jauh,  maka bisa menggunakan pos motor dengan ukuran atau kapasitas 30 liter. Hal ini karena aktivitas turing atau perjalanan jauh membutuhkan barang bawaan yang lebih banyak. Sehingga box motor dengan ukuran 30 liter mungkin bisa membantu untuk menyimpan barang-barang yang dibawa saat melakukan perjalanan atau touring. 

5. Faktor kestabilan motor

Keamanan berkendara di jalan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sehingga hal-hal yang bisa mempengaruhi keamanan berkendara ini harus dihindari. Termasuk juga penggunaan box motor harus aman dan tidak mengganggu saat berkendara.

Jadi berat dari box motor bisa mempengaruhi kestabilan motor yang digunakan. Ini karena semakin berat beban dari box motor, maka motor yang digunakan juga akan sulit untuk stabil. Namun jika box motornya lebih ringan maka motor yang digunakan lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Oleh karena itu pastikan depan dari box motor yang digunakan ini untuk benar-benar diperhatikan agar tidak mengganggu keamanan saat berkendara menggunakan sepeda motor.

5. Bracket box motor

Biasanya box motor dijual terpisah dengan bracketnya. Jadi teman-teman harus memahami betul produk box motor yang dibeli apakah sudah termasuk bracket atau tidak.

Perlu diketahui bahwa bracket box motor digunakan untuk menyangga box motor saat dipasang pada motor.

Tanpa adanya bracket, maka box motor akan sulit untuk dipasang pada motor. Dengan demikian maka teman-teman harus memastikan bahwa box motor yang dibeli sudah termasuk bracket.

6. Faktor keamanan

Sesuai dengan fungsinya bahwa box motor digunakan untuk menyimpan barang seperti helm, jas hujan, bahkan dompet serta hp juga di bisa disimpan dalam box motor. Nah karena barang barang yang di simpan di box motor adalah barang penting, maka pastikan bahwa box motor yang teman-teman gunakan ini tidak mudah untuk dilepas oleh orang lain atau pencuri. Sehingga teman-teman bisa kehilangan barang yang ada di dalamnya.

Pastikan teman-teman beli box motor yang memiliki standar keamanan yang baik.

Demikian informasi tentang cara memilih box motor yang bisa saya bagikan dalam artikel. Ini jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang cara memilih box motor bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara memilih box motor ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

1 komentar untuk "6 Cara memilih box motor belakang yang benar"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus