Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat memelihara hewan untuk anak kecil

Memelihara binatang peliharaan adalah salah satu cara yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua untuk anak. Ini karena memelihara binatang memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan anak.

binatang peliharaan, anak, psikologi, perkembangan anak,

Namun tidak semua orang tua paham akan hal ini, karena banyak yang masih mengkhawatirkan tentang bahaya atau dampak negatif dari memelihara binatang bagi anak itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa dengan adanya binatang peliharaan seperti kucing, kelinci, anjing atau binatang peliharaan lainnya memang bisa menjadi masalah bagi orang tua. Apalagi ketika memiliki anak yang masih kecil, tentu mereka akan khawatir dengan dampak terhadap kesehatan anak.

Memang sikap orang tua untuk melindungi anak dari binatang ini tidak salah, apalagi berhubungan dengan masalah kesehatan anak atau bahkan bahaya jika diserang oleh binatang peliharaan tersebut.

Perlu diketahui bahwa anak di usia balita merupakan masak keemasan, dimana seorang anak akan banyak mempelajari hal-hal baru. Mereka akan mulai belajar mengenali apa yang ada di sekililingnya. 

Hal ini termasuk benda apa yang ada disekitar, belajar tentang jenis warna, hingga binatang apa saja yang ada disekitarnya. Tentu dengan menghadirkan berbagai hal untuk dikenali oleh anak penting bagi perkembangan mereka. Termasuk juga mengenalkan binatang kepada anak.

Jika anak tidak dibantu untuk mengenali banyak hal tentang sekitarnya, maka bisa mengakibatkan anak akan sulit untuk mengenalinya. Bahkan bisa saja dampak terburuk terjadi yaitu mereka tidak mengetahui apa fungsi dari sekelilingnya. Ini akan memberikan dampak pada masa depan anak.

Pada prinsipnya ada 2 poin yang bisa dikenalkan kepada anak yaitu benda mati atau benda hidup. Bennda mati seperti boneka, mainan, air, bintang, matahari, dan sebagainya. Sedangkan benda hidup bisa termasuk tanaman, hewan, hingga orang-orang disekitarnya.

Untuk binatang peliharaan sendiri, ada dampak positif yang bisa didapatkan oleh anak. Misalnya mereka akan belajar tidak hanya mengenal nama binatang saja, namun mereka akan belajar banyak hal. 

Misalnya belajar untuk menyayangi makhluk hidup, belajar merawat binatang, hingga belajar bertanggungjawab atas binatang yang dipelihara. 

Untuk masalah kekhawatiran akan kesehatan binatang peliharaan, teman-teman bisa menggunakan layanan perawatan kesehatan hewan di klinik atau tempat praktek dokter hewan. Jadi lakukan perawatan kesehatan secara berkala untuk menjaga agar binatang peliharaan tetap sehat.

Selain itu untuk kekhawatiran akan diserang binatang peliharaan, tentu jangan pelihara hewan buas karena berpotensi membahayakan anak.

Ada banyak pilihan binatang peliharaan yang bisa dipelihara dirumah, namun tetap aman dan tentunya lebih sehat.

Demikian informasi tentang manfaat memeliharan binatang peliharaan untuk anak yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Semoga artikel tentang manfaat memeliharaan binatang ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat memelihara hewan untuk anak kecil"