Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan memilih laptop dari pada komputer desktop

Laptop saat ini banyak digunakan orang, namun masih banyak orang juga yang masih menggunakan komputer desktop untuk bekerja atau yang selainnya. Mungkin teman-teman pembaca salah satu yang masih menggunakan komputer desktop. Padahal saat ini, laptop menawarkan sejumlah keunggulan lebih dibandingkan komputer desktop.

5 Alasan untuk memilih laptop dari komputer desktop

Dalam kesempatan ini saya menuliskan lima alasan mengapa teman-teman harus menggunakan notebook atau laptop dari pada menggunakan komputer desktop.

1. Mobilitas


Jika menggunakan komputer desktop maka teman-teman tidak bisa berpindah kemana-mana. Namun teman-teman dapat menggunakan laptop, selain dapat digunakan di meja kerja, teman-teman juga dapat menggunakannya di tempat yang menurut teman-teman paling nyaman.

Dengan laptop, teman-teman dapat menjelajahi web pada malam hari di ruang tamu, atau membaca blog favorit sebelum tidur. Laptop dapat dibawa kemana-mana sehingga, teman-teman dapat memeriksa email, berbelanja online, mengerjakan pekerjaan di mana saja.

Contoh lain manfaat penggunaan laptop, misalnya siswa dapat membawa laptop ke kelas dan ke perpustakaan, sementara pebisnis dapat membawa laptop saat bepergian. Karena WiFi begitu luas, bahkan masuk akal untuk membawa laptop saat berlibur.

Dengan laptop yang tepat, maka teman-teman dapat dengan mudah mengambil foto dengan kamera digital, lalu mengunggahnya ke internet, atau juga mengirimnya melalui email ke teman dan keluarga yang berbeda lokasi.

Jika teman-teman adalah seorang blogger, maka teman-teman dapat menggunakannya untuk menulis blog dengan konten liburan dan menyisipkan gambar dari kamera digital.

2. Layar lebih baik


Ukuran dan kualitas tampilan layar laptop telah meningkat secara dramatis, sehingga ada sedikit perbedaan antara laptop dan komputer desktop.

Misalnya, teman-teman mungkin menggunakan Apple MacBook dengan LCD dengan lebar layar 13,3 inci (1280 x 800 piksel), LCD dengan lebar layar 15,4 inci (1440 x 900 piksel), atau LCD dengan lebar layar 17 inci (1680 x 1050 piksel). Compaq Presario juga memiliki layar 15,4 inci.

3. Lebih ringan


Beberapa tahun yang lalu, bahkan laptop yang paling ringan pun masih terasa berat saat dibawa kemana-mana. Saat ini, laptop semakin mudah digunakan.

MacBook dari Apple, Asus, Lenovo, Samsung, dan berbagai produsen laptop lain saat ini berlomba lomba untuk inovasi membuat laptop yang ringan, ukuran kecil, serta performa tinggi.

4. Komputasi dan baterai lebih baik


Di masa lalu, dua kelemahan laptop adalah memori yang terbatas, ruang hard disk yang terbatas, dan masa pakai baterai yang pendek. Namun, zaman telah berubah dan laptop sekarang memiliki begitu banyak keunggulannya.

Misalnya, rata-rata laptop saat ini memiliki memory (RAM) 4 GB  yang dapat ditingkatkan hingga 16 atau 32 GB dan kapasitas penyimpanan data (baik hdd atau ssd) hingga 1 TB.

Ini berarti perangkat lunak yang teman-teman gunakan dapat dijalankan melalui laptop dengan cepat dan mudah seperti pada komputer desktop.
Demikian juga, baterai saat ini di laptop tidak memanas dan tidak cepat habis. Bahkan teknologi terbaru juga mendukung pengisian baterai laptop yang sangat cepat untuk dapat digunakan dalam durasi yang panjang.

5. Fungsi tambahan


Dengan laptop keluaran lama, mungkin hanya tersedia sedikit fasilitas dibandingkan dengan komputer desktop. Misalnya prosesornya yang lebih kecil dan komponen lainnya yang membuat laptop memiliki fungsi yang terbatas.

Namun kini berbagai fasilitas bisa digunakan dengan laptop. Misalnya, dilengkapi dengan pemutar DVD, webcam, fungsi nirkabel yang terintegrasi, dua port USB, port VGA atau HDMI, mikrofon built-in dan input / output audio dan digital.

Demikian tulisan saya tentang alasan menggunakan laptop dari pada komputer desktop. Jika teman-teman pembaca memiliki ide lain, mungkin bisa berbagi info juga di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

1 komentar untuk " 5 Alasan memilih laptop dari pada komputer desktop "