Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Agar Blog Muncul Di Google Paling Atas

Blog muncul di google paling atas memiliki banyak keuntungan bagi pemilik blog tersebut. Posisi teratas di google bisa meningkatkan pengunjung di blog. Karena saat orang mencari kata kunci tertentu di google, biasanya akan membuka blog yang berada di posisi paling atas.

search engine marketing, search engine optimization, seo, artikel, Konten, konten marketing,

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membat blog muncul di google paling atas. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Persaingan kata kunci yang rendah


Kata kunci ini berfungsi untuk menargetkan kira-kira apa yang banyak dicari orang di google. Karena pengguna google akan mencari sesuatu di google dengan memasukan kata kunci.

Mengapa kata kunci dengan persaingan rendah? Hal ini karena faktor kemudahan, jika persaingan kata kuncinya tinggi maka peluangnya kecil untuk masuk posisi paling atas di mesin pencari google.

2. Longtail keyword


Longtail keyword itu apa? Jadi longtail keyword adalah kata kunci yang panjang. Misalnya kata kunci "blog", yang menurut saya terlalu pendek dan pasti tinggi tingkat persaingannya. Sehingga akan sulit untuk masuk posisisi paling atas di google.

Sehingga gunakan kata kunci yang panjang, paling tidak lebih dari 3 kata. Misalnya kata dasarnya "blog, maka kata kunci panjangnya yaitu "cara membuat blog".

Bahakn lebih panjang akan lebih baik dan lebih mudah karena persaingannya semakin rendah. Misalnya kata kunci dengan lima kata "cara membuat blog menggunakan smartphone".

Jadi semakin panjang kata kunci, maka akan semakin spesifik. Ini akan memudahkan artikel naik di posisi paling atas di google. Selain itu akan memudahkan untuk menulis artikel, karena pembahasannya semakin fokus dan spesifik.

3. Artikel yang sesuai


Mengapa artikel harus sesuai dengan kata kunci yang dibidik? Perlu diketahui bahwa google menggunakan sistem agar penggunanya nyaman dalam mencari informasi. Sehingga jika antara kata kunci dan isi dari artikel tidak sesuai, jangan harap masuk posisi paling atas di google.

Artikel yang tidak sesuai dengan judul / kata kunci akan membuat pembaca kecewa, karena judulnya menarik namun saat artikel dibuka isinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

4. Artikel yang ramah pembaca


Apa sebenarnya artikel yang ramah pembaca? Jadi jika teman-teman pernah mengetahui bahwa banyak artikel hasil rewrite dari robot atau software. Hasil artikelnya bagaimana? Pasti akan susah untuk dibaca, karena kosakatanya akan berantakan dan istilah-istilah yang digunakan akan sulit untuk dipahami.

Sehingga usahakan untuk menulis artikel sendiri dengan bahasa yang digunakan sehari - hari baik yang baku atau tidak baku, asal bisa dipahami oleh pembaca.

5. Judul artikel


Pada poin pertama dan kedua saya telah menjelaskan tentang kata kunci. Nah usahakan untuk membuat judul artikel blog menggunakan kata kunci yang ditarget.

Misalnya target kata kuncinya "cara membuat blog", maka buatlah judul yang mengandung kata kunci tersebut.

Untuk bisa muncul di google paling atas, kata kunci tidak harus terlalu panjang dan juga jangan terlalu pendek. Usahakan untuk proporsional saja, karena jika terlalu panjang maka tidak semua muncul dalam pencarian google. Jika terlalu pendek pun akan susah untuk masuk ke dalam indeks google.

Yang perlu diingat selain menambahkan kata kunci, judul juga bisa menarik pembaca untuk mengklik artikel.

6. Deskripsi artikel


Jika teman-teman sudah paham dengan platform blog baik itu blogger.com atau wordpress mungkin banyak tahu bahwa di platform blog kita perlu mengisikan deskripsi singkat tentang artikel yang kita buat.

Deskripsi artikel inilah yang nantinya akan dicari oleh robot perayap google. Sehingga usahakan untuk memasukan kata kunci yang ditarget yang dikombinasikan dengan deskripsi singkat artikel yang teman-teman tulis.

7. Link artikel


Link atau URL artikel ini juga mempengaruhi pencarian. Biasanya mesin pencari google akan membaca kata yang ada pada link artikel, sehingga usahakan untuk mengkombinasikan URL atau link artikel dengan kata kunci yang ditarget.

8. Gambar artikel


Perlu teman-teman ketahui bahwa gambar yang ada pada artikel juga memiliki peran penting agar blog muncul di google paling atas, meskipun tidak langsung.

Google memiliki pencarian gambar (image search) yang berfungsi untuk merayap gambar-gambar yang ada di internet. Sehingga jika gambar pada artikel teman-teman muncul pada pencarian gambar paling atas, maka peluang blog dikunjungi orang juga semakin besar.

Oleh karena itu masukan kata kunci pada deskripsi gambar atau tag gambar yang digunakan pada artikel blog. Teks yang dimasukan dalam gambar ini akan membantu gambar untuk dicari oleh google.

9. Index di webmaster tools


Google webmaster tools merupakan software gratis yang disediakan oleh google untuk pemilik website, blog, dan juga aplikasi di Google Playstore.

Tools atau software ini akan membantu teman-teman untuk diindeks oleh google. Jadi yang perlu dilakukan adalah mengintegerasikan blog yang teman-teman miliki dengan Google Webmaster Tools.

10. Hindari plagiasi (copy paste)


Mengapa perlu menghindari copy paste artikel dari web atau blog lain? Google menghargai konten yang original, misalnya artikel hasil ketikan sendiri. Banyak dampak yang diakibatkan dari aktifitas copy paste atau plagiasi, bahkan bisa berujung pada hukum.

Sehingga mesin pencari google telah diatur sedemikian rupa agar bisa mendeteksi konten hasil plagiasi atau copy paste tersebut. Jika sudah terdeteksi oleh google, maka artikel tidak akan terindeks bahkan tidak akan pernah masuk dalam posisi paling atas di google.

11. Google Ads


Jika teman-teman jika ingin rumit dengan langkah 1 hingga 10 diatas, teman-teman tinggal menganggarkan dana untuk iklan di Google search. Maka blog akan otomatis bisa masuk posisi paling atas di Google.

Demikian pengalaman yang bisa saya bagikan tentang cara agar blog muncul di google paling atas. Jika teman-teman ada masukan atau yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. 

25 komentar untuk "11 Cara Agar Blog Muncul Di Google Paling Atas"

  1. Terima kasih informasinya🙏

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung di blog saya

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat sekali bosku

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. terima kasih ka, sangat membantu artikelnya..

    BalasHapus