Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Bandicam Software Perekam Layar PC

Bandicam adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk merekam segala aktifitas dilaptop atau komputer. Hasil dari rekaman bandicam ini adalah berupa video dengan format MP4 dan juga AVI.

Ulasan Bandicam Software Perekam Layar PC

Mungkin teman-teman yang bergelut dengan youtube sudah banyak mengetahui tentang bandicam. Saya sendiri menggunakan bandicam untuk membuat video tutorial dengan perangkat laptop.

Jadi dengan bandicam, saya bisa membuat video tutorial misalnya menggunakan microsoft powerpoint, tutorial membuat blog, tutorial design, hingga presentasi bisnis pun bisa dilakukan dengan menggunakan bandicam.

Jika teman-teman mengetahui jika ada PC gamers yang membuat video rekaman saat mereka saat main games, kemudian mengunggahnya di Youtube. Mungkin salah satu diantara mereka ada yang menggunakan perangkat lunak bandicam ini.

Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan dengan menggunakan software bandicam?


Pertama bandicam sangat mudah digunakan untuk merekam segala aktifitas dilaptop atau komputer. Saat menggunakan bandicam teman-teman yang belum pernah menggunakan bandicam pun akan bisa mengoperasikan software ini dengan baik.

Menurut saya bandicam ini sangat membantu proses presentasi. Misalnya teman-teman ingin membuat video presentasi untuk diupload di youtube, cukup dengan bandicam teman-teman bisa dengan mudah membuatnya.

Contoh sederhana yaitu dengn menjelaskan slide powerpoint. Jadi teman-teman tinggal menjelaskan slide powerpoint, kemudian merekamnya dengan bandicam. Hasilnya sangat memuaskan, video persis saat kita presentasi dengan powerpoint. Nanti tiap slide, kursor, hingga suara kita bisa terekam jadi satu.

Jika teman-teman mau, bandicam juga menyediakan fitur untuk menampilkan wajah kita saat presentasi. Syaratnya kita harus mengaktifkan webcam pada komputer atau laptop.

Bagaimana untuk merekam gaming?


Mungkin teman-teman berpikir bahwa Saat main game PC, tentu game saja akan berat  saat dijalankan di komputer atau laptop. Nah,  jika laptop atau komputer dengan spesifikasi  standart untuk menjalankan PC game mungkin akan lemot, apalagi ditambah bandicam.

Jangan khawatir, bandicam tidak akan membuat laptop atau komputer teman-teman lemot saat dijalankan bareng dengan game PC. Jadi kita tetap bisa main game PC seperti biasa, bahkan teman-teman bisa berbicara seperti komentar dan sebagainya yang nantinya akan direkam menjadi sebuah video gaming.

Kualitas video yang dihasilkan bandicam ini bervariasi, mulai video dengan ukurang kecil hingga video full HD. Kita diberikan kebebasan untuk mengatur ukuran video yang dihasilkan. Misalnya untuk membuat video untuk konten instagram, yang rata-rata ukurannya kotak (persegi) teman-teman bisa juga untuk mengaturnya.

Saran saya, rasio atau berbandingan ukuran output sebanding dengan ukuran layar laptop yang direkam.

Nah, seberapa besar ukuran layar laptop yang bisa direkam? Disini bandicam bisa digunakan untuk merekam seluruh layar laptop, atau sebagian saja dari layar laptop. Ukuran ini bisa kita atur sesuai kebutuhan.

Misalnya teman-teman membuat video konten instagram, kemudian merekam layar laptop dengan ukuran 480pixel x 480 pixel, ini artinya membuat video dengan ukuran persegi. Nah ini teman-teman ubah outputnya, bisa tetap 480px x 480px atau bahkan 2000px x 2000 px, dan sebagainya asal rasionya sama yaitu persegi.

Jika antara rasio input dan output beda, maka video yang dihasilkan juga jelek. Misalnya inputnya persegi, tapi outputnya persegi panjang maka hasilnya pun video akan penyet atau tidak sesuai ukuran sebenarnya.

Lantas bagaimana dengan ukuran video hasil rekaman bandicam?


Mungkin teman-teman akan banyak mengetahui, misalnya resolusi besar tapi kok ukuran (MB) nya kecil. Atau mungkin durasi panjang, ukurannya kecil. Namun ada yang durasi pendek, kok ukurannya sangat besar.

Jadi besar kecilnya ukuran video yang dihasilkan dari rekaman bandicam ini dipengaruhi banyaknya gerakanHa pada layar.

Jelas jika cuma merekam saat menjelaskan slide akan lebih kecil ukurannya, dibandingkan dengan ngegame. Karena presentasi slide tidak banyak menghasilkan gerakan dilayar, berbeda saat ngegame dilapop.

Bagaimana cara mendapatkan bandicam ini?


Secara resmi teman-teman bisa membeli bandicam di websitenya, harganya cukup terjangkau yaitu 39 USD untuk 1 PC dan 59 USD untuk 2 PC. Namun jika ingin gratisan, banyak kok website yang menyediakan bandicam gratis ini.

2 komentar untuk "Ulasan Bandicam Software Perekam Layar PC"

  1. Thanks for sharing this information. I really like your blog post very much. You have really shared a informative and interesting blog post with people.. shopify vs wix

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus